iPhone atau Android, Kamu Pilih yang Mana?

Reporter : Yoyok
Sabtu, 19 Desember 2020 19:50
iPhone atau Android, Kamu Pilih yang Mana?
Mungkin ini bisa menjadi perdebatan yang tiada akhir pada dekade ini

Dalam mencari smartphone, pastinya kita mencari yang akan kita beli. Selain menginginkan yang terbaik, kita juga bisa pastinya menginginkan yang harganya terjangkau.

Kalau sudah ngomongin smartphone, pastinya kita tidak akan lepas dari yang namanya Android ataupun iPhone. Smartphone Android dan iPhone memang memiliki kelebihan masing-masing serta sistem operasi yang berbeda.

Bahkan, dua smartphone berbeda OS ini juga saling mengklaim kalau merekalah yang terbaik di pasaran saat ini. Pastinya perdebatan ini tidak akan ada ujungnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa kunggulan dan perbedaan masing-masing smartphone antara Android dan iPhone yang bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan.

1 dari 5 halaman

Sekilas

Sesuai dengan namanya, smartphone Android menggunakan OS Android yang dikembangkan oleh Google. Tidak hanya satu perusahaan yang menggunakan Android. Karena digunakan oleh banyak perusahaan, Android pun memiliki bermacam-macam tipe smartphone yang bisa kamu pilih.

Sedangkan iPhone datang dari perusahaan teknologi Apple. iPhone menggunakan sistem operasi yang dinamakan iOS. Untuk tipe smartphone-nya, tentu saja lebih terbatas karena iPhone hanya datang dari satu perusahaan saja.

2 dari 5 halaman

Software

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Smartphone Android lebih mudah diubah atau dimodifikasi sesuai selera. Apalagi tiap vendor smartphone memiliki ciri khas tersendiri untuk menarik pengguna. Tampilan Android pun juga bisa diubah secara manual maupun dengan launcher. Android juga memungkinkan untuk para pengguna untuk mengganti layanan lain seperti browser, keyboard, ataupun music player.

Untuk iOS pada iPhone, banyak orang mengatakan kalau smartphone satu ini lebih mudah digunakan, lebih konsisten, aman, dan juga lebih sering mendapatkan update software.

Untuk masalah aplikasi, kedua sistem operasi ini memiliki jumlah aplikasi yang hampir sama. Apalagi-aplikasi terkenal pastinya dimiliki oleh kedua smartphone.

3 dari 5 halaman

Hardware

Ilustrasi Smartphone © Diadona

iPhone banyak yang bilang lebih mulus pengoperasiannya, minim lag, dan jago dalam hal multitasking. Karena dimonitor penuh oleh Apple, maka integrasi software dan hardware-nya jdi bisa lebih baik. Sedangkan untuk Android tergantung pada harga yang ditawarkan. Walaupun smartphone Android lebih murah maka performanya terlihat kurang garang, namun kelebihan Android adalah dapat mencakup semua kalangan, berbeda dengan iPhone.

Lagipula, smartphone Android memiliki banyak model yang bisa kamu pilih. Banyak smartphone yang menawarkan fitur yang tidak ada di iPhone. Bahkan, karena persaingan antar vendor Android, sering kali smartphone yang diluncurkan memiliki onovasi yang berbeda namun tetap menarik.

Kamera iPhone sudah lama memiliki kualitas resolusi yang bagus dan menjadi daya tariknya. Namun, semakin ke sini, kamera pada smartphone Android pun juga bisa dibilang sudah setara dengan iPhone saat ini.

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Smartphone Android menjanjikan kebebas dalam mengutak atik perangkatnya. Baik itu software maupun tampilan smartphone-nya. Memiliki integrasi layanan Google yang memiliki banyak manfaat. Model smartphone Android pun bermacam-macam, mulai dari yang murah sampai yang premium sekelas iPhone juga ada.

Sedangkan iPhone menjanjikan penggunaan smartphone yang lebih stylish, mulus dan stabil, serta interface yang mudah digunakan. Update pun juga sering Apple lakukan terhadap iPhone.

Beri Komentar