Berasa WiFi sedang Dipakai Orang Lain? Berikut Cara Mengetahuinya

Reporter : Yoyok
Kamis, 3 Desember 2020 14:50
Berasa WiFi sedang Dipakai Orang Lain? Berikut Cara Mengetahuinya
Kalau dipakai orang lain tanpa sepengetahuanmu pastinya kan bikin lemot

Di zaman sekarang, internet telah menjadi sebuah kebutuh primer. Berbagai macam hal dapat kamu ketahui atau lakukan dengan adanya internet.

Maka dari itu, wajar saja jika sekarang banyak orang menggunakan WiFi di rumah mereka. Dengan daya tanpa batas, kamu bisa menggunakan internet tanpa takut bakal kehabisan kuota.

Tapi, WiFi bisa saja menjadi lemot jika banyak perangkat yang menggunakannya. Pastinya kalian bakal sebel jika ada orang menggunakan WiFi kalian tanpa sepengetahuanmu.

Dikutip dari Life Hacker, berikut ini adalah cara mengecek apakah WiFi kamu sedang dipakai orang lain atau tidak.

1 dari 3 halaman

Cek Lampu Router Wirelesss

Ilustrasi Wifi © Diadona

Wirelesss router seharusnya memiliki lampu indikator yang menunjukkan konektivitas internet, koneksi jaringan kabel, serta aktivitas nirkabel apapun. Salah satu caranya adalah dengan mematikan semua perangkat nirkabel dan lihat apakah lampu nirkabel masih menyala. Jika masih menyala, mungkin ada orang yang sedang bersenang-senang browsing dengan WiFi milikmu.

Namun, masalahnya dengan metode ini adalah kamu mungkin memiliki banyak perangkat WiFi lain, seperti smartphone, televisi, konsol game, dan masih banyak lagi. Metode ini juga tidak memberikan informasi secara detail.

2 dari 3 halaman

Cek Daftar Perangkat Router

Konsol administratif router dapat membantu kita dalam mengetahui lebih lanjut akan aktivitas jaringan wireless. Maka dari itu, masukkan IP router pada jendela browser web. Beberapa router memiliki alamat IP default yang bisa kamu gunakan untuk mengakses panel admin.

Jika tidak ada, kamu bisa menemukan alamat ini di Windows dengan membuka command prompt (tekan Windows + R lalu ketik cmd) lalu ketik ipconfig di jendela lalu tekan Enter. Angak di sebelah 'Default Getaway' atau 'IPv4 address' adalah yang sedang kamu cari. lalu, ketik alamat IP itu di jendela browser. Kemudian, kamu diminta untuk memasukkan router.

Semua router berbeda, tetapi setelah kamu masuk, cari bagian yang terkait dengan perangkat yang terhubung (Device Manager, Connected Devices, My Network, dll). Cara ini seharusnya memberikan daftar alamat IP, alamat MAC, serta nama perangkat yang bisa kamu temukan.

Ilustrasi WiFi © Diadona

Beri Komentar