Hati-Hati, Hacker Dapat Retas iPhone Kamu Lewat Wifi

Reporter : Yoyok
Jumat, 18 Desember 2020 14:50
Hati-Hati, Hacker Dapat Retas iPhone Kamu Lewat Wifi
iPhone bukanlah smartphone teraman lho

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Produk-produk Apple diyakini banyak orang memiliki kualitas yang tiada tara.

Salah satu produk Apple yang digandrungi banyak orang adalah iPhone. iPhone dibilang orang merupakan smartphone dengan tingkat keamanan tertinggi.

Nyatanya, tidak demiklian gaes. iPhone juga bisa diretas ternyata.

1 dari 5 halaman

Kerentanan pada iPhone

Dikutip dari Merdeka, baru-baru ini ditemukan kerentanan pada iPhone yang bakal memberi celah kepada hacker. Celah ini yaitu iPhone dapat diretas atau dihack hanya dengan jaringan wifi.

Kerentanan ini ditemukan oleh ilmuwan dari Project Zero besutan Google. Celan ini ditemukan oleh Ian Beer.

Ilustrasi iPhone 12 © Diadona

2 dari 5 halaman

Apple Wireless Direct Link

Jika dieksploitasi, dengan adanya celah ini, para hacker dapat mencuri email, foto, pesan, atau bahkan mengakses kamera dan mikrofon iPhone kamu. Ian Beer mengetahui celah ini dengan teknologi Apple Wireless Direct Link.

Teknologi Apple Wireless Direct Link ini menggunakan wifi untuk memungkinkan para pengguna mengirim file dan foto antar iPhone lewat AirDrop.

Ian Beer menemukan bug kerusakan memori di kernel iOS, memberi kesempatan pada hacker untuk dapat mengakses iPhone dari jarak jauh, tanpa perlu interaksi dengan target.

3 dari 5 halaman

Sudah Teratasi

Untungnya, Ian tidak menemukan bukti bahwa celah itu telah dieksploitasi. Apple pun juga dengan sigap dan cepat telah menyelesaikan masalah tersebut.

Niamh Muldoon, Direktur Senior Trust and Security di OneLogin, mengatakan meskipun kemungkinan jenis serangan ini berpeluang rendah untuk digunakan secara luas, itu berfungsi sebagai seruan agar target bernilai tinggi dan konsumen lebih waspada.

" Hanya karena semua data ada di ponselmu sendiri, bukan berarti itu aman," ucap Muldoon.

4 dari 5 halaman

Jual Smartphone Lawas

Muldoon pun memberikan saran untuk terhindar dari serangan hacker, yaitu dengan cara menjual iPhone lama.

" Memastikan otentikasi dua faktor diterapkan pada semua aplikasi, termasuk tools dan login, nonaktifkan Bluetooth dan GPS bila memungkinkan, terapkan semua pembaruan dan tambalan saat tersedia," ucapnya.

Beri Komentar