Ketahuan Bohong Tentang Performa iPhone, Apple Kena Denda deh

Reporter : Yoyok
Rabu, 2 Desember 2020 15:50
Ketahuan Bohong Tentang Performa iPhone, Apple Kena Denda deh
Dendanya sampek ratusan miliar lho

Apple merupakan salah satu perusahaan berbasis teknologi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Berbagai produknya pun diakui banyak orang memiliki performa dan ketahanan yang ciamik, tidak heran jika banyak produk Apple digandrungi banyak orang.

Salah satu produk Apple yang cukup digilai banyak orang adalah iPhone. Setiap tahunnya, Apple selalu merilis produk iPhone dan ditunggu-tunggu oleh para pecintanya.

Namun, nyatanya Apple ketahuan bohong tentang performa iPhone lho. Kira kira bohongnya tentang apa ya?

1 dari 4 halaman

AGCM

Dikutip dari Merdeka, otoritas persaingan Italia bernama Autorità Garante della Concorrenza e del Mercato atau AGCM, baru saja memberikan denda kepada Apple sebesar 10 juta Euro atau sekitar Rp 170 miliar. Hal ini dikarenakan Apple membuat klaim menyesatkan pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus keluaran tahun 2017 yang mengatakan kalau produk mereka tersebut tahan air.

AGCM mengkritik Apple karena tidak jelas menguraikan soal klaim tahan air miliknya. Apple mengklaim bahwa iPhone tahan air sampai 30 menit hingga kedalaman empat meter, dalam keadaan tertentu seperti kondisi air yang murni.

Ilustrasi iPhone © Diadona

2 dari 4 halaman

Klaim Tahan Air

AGCM juga mengkritik Apple yang acuh soal garansi kerusakan akibat kerusakan air. Padahal, Apple memasarkan iPhone sebagai smartphone tahan air tetapi tidak menjelaskan kondisi air tertentu tetap dapat merusak iPhone.

Hal ini terjadi karena Apple tidak memberi warning kepada para pengguna kalau iPhone tidak dapat bertahan di air laut, danau, atau sungai yang mungkin tidak murni. Pemakaian di kolam renang pun tidak secara gamblang dianjurkan mengingat Apple hanya menampakkan cipratan untuk iklannya.

3 dari 4 halaman

Sudah Pernah Didenda

Sebelumnya, Apple telah didenda dengan nilai yang sama atas kasus pelambatan secara sengaja pada perangkat dan baterai lama tanpa memberikan peringatan.

Kasus ini jadi kasus besar beberapa tahun lalu, dan total uang penyelesaian yang dikeluarkan Apple kepada berbagai otoritas karena kasus ini total hingga ratusan juta Dollar.

Beri Komentar