Dinilai Lecehkan Teks Proklamasi, Syakir Daulay Kena Somasi dan Terancam Dilaporkan Polisi

Reporter : Mila
Kamis, 31 Agustus 2023 13:08
Dinilai Lecehkan Teks Proklamasi, Syakir Daulay Kena Somasi dan Terancam Dilaporkan Polisi
Begini kronologinya.

Diketahui Syakir Daulay baru saja selesai dengan film garapan terbarunya berjudul 'Imam Tanpa Makmum'. Sebagai sutradara, ia pun berinisiatif membuat konten promosi. Sayangnya, alih-alih mendapat sambutan positif, Syakir Daulay justru menuai kritikan hingga berujung disomasi oleh dua aliansi.

1 dari 5 halaman

Dalam postingannya, Syakir bergaya bak Presiden Soekarno yang siap membacakan teks proklamasi. Meskipun videonya berjudul PROKLAMASI, Syakir Daulay nyatanya mengubah isi teks proklamasi dengan kalimatnya sendiri untuk kepentingan promosi filmnya.

" Kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, keprihatinan kami terhadap perfilman Indonesia. Hal hal mengenai film percintaan dan perhororan membuat kami semakin kesepian, karena tidak ada yang mau diajak jalan. Maka dari itu, kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, akan merilis film yang berperi kejombloan. Hal hal mengenai judul film, penayangan dan lain lain akan kami nyatakeun dalam tempo yang se-singkat singkatnya."

Syakir Daulay Kena Somasi © Diadona

2 dari 5 halaman

Konten itu menuai kritikan keras dan berujung kena somasi dari dua aliansi, yaitu ikatan alumni mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) dan Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat hukum Islam Indonesia (PPIPHI).

Menurut Moh. Sofyan SH, Ketua Pengagum Ajaran Bung Karno, teks proklamasi tidak seharusnya dijadikan lelucon, karena sangat sakral bagi Indonesia. 

" Karena teks proklamasi bicara proklamasi, bicara gerbang pintu kemerdekaan bangsa ini, itu sesuatu yang sangat sakral tidak boleh dibuat lelucon," katanya dilansir dari kanal YouTube STARPRO Indonesia.

3 dari 5 halaman

Kedua aliansi terkait menuntut Syakir Daulay untuk segera minta maaf secara terbuka sekaligus juga mengubah konteks di dalam kontennya.

" Saya berharap masalah ini gak sampai ke ranah hukum. Syakir Daulay meminta maaf secara terbuka atau mengubah konteks tanpa menggunakan proklamasinya," lanjut Sofyan.

Syakir Daulay Kena Somasi © Diadona

4 dari 5 halaman

Sampai sekarang, Syakir Daulay belum memberi tanggapannya. Konten yang dipermasalahkan pun masih tersedia di akun Instagramnya.

      View this post on Instagram

A post shared by Syakir Daulay (@syakirdaulay)

Beri Komentar