Cara Screenshoot di Macbook Tanpa Aplikasi, Mudah dan Gak Ribet!

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 6 Mei 2023 10:03
Cara Screenshoot di Macbook Tanpa Aplikasi, Mudah dan Gak Ribet!
Cara screenshot di MacBook sangatlah mudah dan praktis. Bahkan, tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Fitur screenshot ini sangat berguna untuk menyimpan informasi tertentu dan dibagikan kepada orang lain, atau disimpan untuk keperluan pribadi. Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan tampilan informasi yang terlihat pada layar perangkat yang sedang digunakan.

Fitur screenshot bawaan sudah tersedia pada perangkat MacBook, sehingga penggunanya dapat dengan mudah mengambil screenshot. Fitur bawaan ini dapat digunakan dengan menekan kombinasi tombol tertentu pada keyboard. Termasukk pada laptop Macbook. Sebenarnya kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan screenshot pada MacBook. Hal ini karena MacBook sudah memiliki fitur screenshot yang memadai. Dalam artikel ini, akan dibahas cara screenshot di MacBook dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

1 dari 7 halaman

Cara Screenshot di Macbook Full Layar

Cara Screenshoot di Macbook © Diadona

Di zaman modern seperti sekarang, segala hal menjadi lebih mudah terutama dalam mengabadikan artikel atau hal menarik yang ingin disimpan. kamu nggak perlu mengetik ulang secara tergesa-gesa, tetapi dapat langsung mengambil screenshot untuk menyimpannya dan dibaca sesuai kebutuhan.

MacBook Pro menawarkan beberapa cara untuk mengambil screenshot. Untuk mengambil tangkapan layar seluruh halaman, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Nyalakan MacBook kamu dan buka halaman atau layar yang ingin kamu tangkap.
  • Tekan kombinasi tombol dari keyboard secara bersamaan yakni Command - Shift - 3.
  • Tunggu hingga terdengar suara seperti jepretan kamera. Suara ini menandakan bahwa proses pengambilan tangkapan layar yang kamu lakukan berhasil.
  • Hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan dengan format PNG. Sehingga kamu dapat langsung menggunakannya sesuai kebutuhan.

 

2 dari 7 halaman

Cara Screenshot di Macbook Sebagian Layar

Cara Screenshoot di Macbook © Diadona

Jika kamu merasa hasil tangkapan layar seluruh layar terlalu besar, kamu dapat melakukan tangkapan layar untuk sebagian layar. Caranya adalah dengan menekan tombol Shift, Command, dan tombol 4 secara bersamaan. Kemudian kursor akan berubah menjadi kursor khusus untuk memilih area layar yang ingin kamu tangkap.

Seret kursor untuk menyeleksi area yang ingin kamu tangkap, dan tekan tombol Esc (Escape) jika ingin membatalkannya. Untuk mengambil tangkapan layar, lepaskan tombol mouse atau trackpad. Jika muncul gambar mini di sudut layar, kamu dapat mengkliknya untuk mengedit tangkapan layar atau menunggu hingga tangkapan layar tersimpan di desktop.

3 dari 7 halaman

Cara Screenshot di Macbook Sedikit Saja

Cara Screenshoot di Macbook © Diadona

Kamu dapat menggunakan pilihan tangkapan layar ketiga di MacBook Pro untuk menangkap bagian kecil layar saja. Hal ini akan sangat membantu ketika kamu hanya membutuhkan potongan kecil dari suatu halaman namun tetap dengan kualitas gambar yang bagus. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Masuk ke halaman atau layar yang ingin diambil tangkapan layarnya.
    Tekan tombol shift, command, dan nomor 4 secara bersamaan pada keyboard.
  • Selanjutnya, kamu dapat menggunakan penunjuk pointer untuk memilih area tangkapan yang diinginkan.
  • Jika area tangkapan sudah cocok, jangan khawatir karena kamu masih bisa memindahkannya dengan menekan tombol spasi dan menarik penunjuk pointer mouse yang ada di layar.
  • Jika kamu sudah mendapatkan area yang diinginkan, lepaskan saja kursor atau mouse.
  • Jika kamu ingin membatalkan tangkapan layar karena tidak sesuai, kamu dapat langsung memilih tombol esc.

4 dari 7 halaman

Cara Menemukan File Screenshoot di Macbook

Cara Screenshoot di Macbook © Diadona

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa semua jenis tangkapan layar yang dibuat pada MacBook akan disimpan dalam format PNG secara otomatis. Namun, di mana tepatnya semua tangkapan layar tersebut dapat ditemukan? Jika tidak ada perubahan pada pengaturan penyimpanan, maka semua tangkapan layar akan tersimpan di desktop dengan nama file " screenshot.png" .

Namun, kamu tidak perlu khawatir bahwa tangkapan layar akan membuat tampilan desktop menjadi tidak enak dipandang. Kamu dapat mengatur penyimpanannya dengan membuat folder khusus yang digunakan untuk menyimpan hasil tangkapan layar.

5 dari 7 halaman

Cara Paste Hasil Screenshoot di Macbook

Cara Screenshoot di Macbook © Diadona

Jika kamu ingin langsung menggunakan hasil tangkapan layar di dalam sebuah dokumen, kamu bisa langsung menempel atau paste tanpa perlu mencari filenya secara manual. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Lakukan proses penangkapan layar sesuai kebutuhanmu.
  2. Buka aplikasi lain untuk menempel hasil tangkapan layarmu, bisa aplikasi editing foto atau word dokumen.
  3. Tekan tombol Command + V di keyboard secara bersamaan.
  4. Tunggu beberapa saat, hasil tangkapan layar yang dibuat akan langsung menempel pada dokumen di dalam aplikasi.
  5. Selesai, kamu bisa langsung menggunakannya sesuai kebutuhan.

Perlu diingat bahwa proses penempelan hasil tangkapan layar hanya bisa dilakukan setelah melakukan tangkapan layar. Jika sudah menumpuk dengan tangkapan layar lainnya, maka hasil yang ditempel akan berbeda. Salinan tangkapan layar juga akan tersimpan di clipboard sehingga kamu tidak perlu bingung mencarinya.

6 dari 7 halaman

Itulah berbagai cara screenshot di Macbook yang mudah dan tanpa aplikasi. Jika kamu pengguna Macbook, maka kamu bisa memanfaatkan semuanya untuk melakukan screenshot dengan mudah. Jadi, selamat mencoba!

Beri Komentar