6 Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih, Dijamin Ampuh!

Reporter : Arifina
Rabu, 3 Mei 2023 17:07
6 Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih, Dijamin Ampuh!
Nggak hanya buat bahan makanan saja, bawang putih ampuh banget usir nyamuk lho!

Nyamuk adalah serangga yang sangat mengganggu, terutama saat musim hujan tiba. Nyamuk biasanya akan banyak berkumpul dan mengganggu aktivitas.

Tak hanya menyebabkan gatal-gatal hingga kulit kemerahan, nyamuk juga bisa membawa virus dan penyakit yang berbahaya. Demam Berdarah dan Malaria sangat rawan muncul di musim penghujan.

Namun, tak perlu khawatir berlebihan ya! Karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk, seperti menggunakan obat nyamuk, lilin, atau produk pengusir nyamuk lainnya. Selain cara-cara tersebut sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya bawang putih.

1 dari 7 halaman

Bahan masakan yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho! Seperti sebagai pengusir nyamuk alami. Hal itu karena bahan alami yang ada pada bawang putih memiliki aroma dari senyawa sulfur alami yang tidak disukai nyamuk.

Lantas, bagaimana cara mengusir nyamuk dengan bawang putih? Simak rangkuman yang dilansir diadona.id dari berbagai sumber berikut yuk!

2 dari 7 halaman

Konsumsi dengan Rutin Bawang Putih

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih © Diadona

Buat kamu yang suka memakan bawang putih secara utuh, maka bisa diterapkan nih untuk mengusir nyamuk di rumah. Mengonsumsi bawang putih  sangat ampuh untuk mengusir nyamuk secara alami agar tidak menempel di tubuhmu lho!

Dengan mengonsumi bawang putih, maka nyamuk enggan untuk mengigit tubuhmu.

3 dari 7 halaman

Oleskan Bawang Putih ke Badan

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih © Diadona

Jika kamu bukan penikmat bawang putih, ada cara lain yang bisa dilakukan agar nyamuk tidak mengigit. Yakni, dengan meboleskan bawang putih ke tubuh.

Caranya mudah, kamu kupas dulu kulitnya dan potonglah menjadi beberapa bagian. Kemudian, gosokkan potongan bawang putih tersebut ke tubuh. Hal ini akan menjadikan nyamuk tidak tertarik mengigit tubuhmu deh!

4 dari 7 halaman

Buat Semprotan Anti Nyamuk

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih © Diadona

Nah, cara lain yang masih bisa kamu lakukan untuk mengusir nyamuk adalah dengan membuat semprotan air berbahan dasar bawang putih. Langkahnya, cukup rebus bawang putih hingga mendidih.

Kemudian, tuang rebusan air bawang putih pada botol spray. Gunakan dengan menyemprotkannya pada tempat-tempat nyamuk sering berkumpul.

5 dari 7 halaman

Letakkan Bawang Putih di Sudut-Sudut Ruangan

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih © Diadona

Buat kamu yang anti ribet, maka cara yang satu ini bisa dicoba. Cukup letakkan potongan-potongan bawang putih di sudut ruangan yang sekiranya banyak didatangi nyamuk.

Maka, dipastikan nyamuk tidak akan datang ke area yang sudah kamu beri bawang putih. Rumahmu bebas dari nyamuk deh!

6 dari 7 halaman

Haluskan Bawang Putih Agar Beraroma

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih © Diadona

Agar lebih beraroma, kamu bisa menghaluskan bawang putih untuk mengusir nyamuk.  Haluskan menggunakan blender atau penghalus lainnya, setelah itu, tempatkan pada wadah kecil.

Taruh bawang putih yang sudah dihaluskan ke sudut-sudut ruangan biasa nyamuk berkumpul. Seperti, jendela kamar, dekat pintu, ataupun di luar rumah.

Dijamin, aroma harum dari bawang putih yang menyengat ini akan membuat nyamuk enggan masuk ke dalam rumah. Jika aroma bawang putih sudah menghilang, cukup diganti dengan yang baru ya!

7 dari 7 halaman

Gantung di Sekitar Tempat Tidur

bawang putih © Diadona

Buat kamu yang ingin tidur nyenyak tanpa gangguan nyamuk, tapi malas jika harus menggosokkan bawang putih maka cara ini bisa jadi pilihan. Kamu cukup membungkus beberapa siung bawang putih pada kain atau kantong kecil.

Selanjutnya, gantunglah kantong tersebut di sekitar tempat tidurmu. Bebas dari nyamuk deh saat tidur!

Itulah sederet cara mengusir nyamuk dengan bawang putih, semoga bermafaat ya!

Beri Komentar