Pisau Dapur Cepat Tumpul? Yuk Lakukan Cara Ini Biar Tetap Awet dan Tajam!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 18 September 2020 15:20
Pisau Dapur Cepat Tumpul? Yuk Lakukan Cara Ini Biar Tetap Awet dan Tajam!
Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga pisau tetap awet dan tajam.

Pisau merupakan salah satu peralatan dapur yang sangat sering kita gunakan. Menjadi alat pemotong makanan agar ukuran bahan bisa lebih kecil, pisau dapur menjadi salah satu alat yang wajib ada di setiap dapur. Untuk itu, sangat penting agar tetap menjaga pisau tetap tajam dan awet saat digunakan.

Nah, kali ini diadona.id akan memberikan tips bagaimana menjaga pisau agar tetap tajam dan awet di waktu yang cukup lama. Nah, apa aja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

1. Selalu Potong Makanan di Atas Telenan

Pisau Dapur © Diadona

Jangan asal menggunakan pisau di tempat sembarangan. Selalu gunakan talenan saat memotong makanan. Jika kamu langsung memotong di atas marmer dapur, hal ini akan justru cepat merusak pisau karena permukaannya yang terlalu keras untuk pisau. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menjaga kehigienisan makanan.

2 dari 5 halaman

2. Cuci Pisau Setelah Digunakan

Pisau Dapur © Diadona

Segera cuci pisau setelah digunakan. Mungkin beberapa dari kamu masih malas untuk mencucinya dan memilih untuk membiarkannya bersama tumpukan piring kotor. Hal ini sangat nggak disarankan karena justru akan membuatnya rusak karena tergores peralatan lainnya. Dengan tercampur genangan air di waktu yang lama juga akan membuat pisau mudah berkarat.

Selain itu, langsung mencuci bisa menghindarkan kita dari terluka akibat tergores pisau secara tidak sengaja.

Nah untuk mencucinya lebih baik cuci pisau menggunakan tangan secara manual. menggunakan mesin pencuci piring memang praktis, namun ini justru akan membuat pisau sering tergores akibat gerakan mesin. Namun, tetap berhati-hati ketika mencuci pisau secara manual.

3 dari 5 halaman

3. Keringkan Pisau

Pisau Dapur © Diadona

Segera keringkan pisau setelah mencucinya. Kamu bisa mengeringkannya menggunakan lap lalu simpan di tempat khusus. Jika menumpuknya bersama piring, sendok dan lain-lain yang masih basah, itu justru akan membuat pisau cepat berkarat dan tumpul.

4 dari 5 halaman

4. Simpan Pisau di Tempat Khusus

Pisau Dapur © Diadona

Jangan campur pisau dengan alat lainnya. Jika menyimpannya bersama perkakas lain akan justru membuatnya mudah tergores dan pisau menjadi cepat rusak. Lebih baik lagi apabila pisau memiliki sarung sendiri.

5 dari 5 halaman

5. Asah Secara Rutin

Pisau Dapur © Diadona

Mengasah secara rutin sangat wajib dilakukan. Hal ini agar pisau tetap dalam keadaan tajam. Kamu bisa menggunakan batu, atau alat asah modern untuk mengasahnya. Nggak perlu setiap hari. Kamu bisa melakukan pengasahan setiap minggu. Jika memang jarang digunakan, kamu bisa memeriksa ketajaman pisah beberapa bulan sekali.

Beri Komentar