5 Tips Menyimpan Daun Seledri supawa Awet dan Manfaatnya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 3 Mei 2023 21:19
5 Tips Menyimpan Daun Seledri supawa Awet dan Manfaatnya
Ini tips menyimpan daun seledri.

Seledri adalah salah satu bahan dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Ia tidak hanya memberikan rasa segar dan aromatik yang khas pada makanan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik.

Daun seledri memiliki rasa dan aroma yang khas yang dapat menambah cita rasa pada masakan. Seledri sering digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti sup, salad, saus, dan tumisan. Namun, daun seledri yang sudah dibeli seringkali masih ada sisa usai digunakan karena hanya dipakai sedikit.

Jangan biarkan daun seledri kamu layu dan membusuk di dalam kulkas. Ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan daun seledri agar tetap segar dan awet lebih lama. Nah, berikut ini beberapa tips menyimpan daun seledri yang mudah dan efektif.

1 dari 6 halaman

1. Pilihlah Seledri yang Berkualitas

Tips Menyimpan Daun Seledri © Diadona

Masa penyimpanan seledri dapat dipengaruhi oleh kualitasnya yang segar dan baik. Seledri yang segar dan berkualitas memiliki masa simpan yang lebih lama, sehingga memungkinkan seledri dapat disimpan dengan baik dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, rasa seledri yang segar dan berkualitas juga dapat meningkatkan cita rasa masakan yang disajikan.

Untuk memastikan seledri tetap segar, sebaiknya segera setelah membeli seledri, keluarkan dari plastiknya sebelum menyimpannya di dalam lemari es. Plastik dapat menghambat proses pernapasan seledri sehingga dapat menyebabkan seledri cepat busuk dan rusak. Dengan melakukan tips menyimpan daun seledri yang satu ini, seledri akan tetap segar dan siap digunakan untuk berbagai hidangan masakan yang kamu buat.

2 dari 6 halaman

2. Gunakan Aluminium Foil

18 Manfaat Jus Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal © Diadona

Tips menyimpan daun seledri yang kedua, disarankan untuk menyimpannya di dalam lemari es. Namun, seledri dapat cepat membusuk karena gas etilen yang dihasilkannya dapat mempercepat proses pembusukan jika tidak disimpan dengan benar.

Solusinya, kamu dapat menyimpan seledri yang dibungkus dengan aluminium foil. Aluminium foil memungkinkan gas etilen untuk keluar sambil menjaga kelembapan seledri tetap terjaga selama 2 minggu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan seledri dengan aluminium foil, yaitu dengan langsung membungkusnya atau dengan membungkusnya terlebih dahulu dengan tisu makanan sebelum dilapisi dengan aluminium foil.

Pastikan untuk membungkus seledri yang belum dipotong erat dengan aluminium foil dan sisakan sedikit ruang agar gas etilen dapat keluar namun tetap menjaga kelembapan seledri. Simpan di dalam lemari es setelahnya dan kamu dapat menikmati seledri segar untuk waktu yang lebih lama.

3 dari 6 halaman

3. Seledri Dibungkus dengan Kertas Makanan atau Tisu

Manfaat Seledri untuk Ginjal © Diadona

Jika tidak ada aluminium foil yang tersedia, kamu bisa menggunakan tisu makan atau kertas tisu sebagai alternatif. Salah satu tips menyimpan daun seledri supaya tetap segar adalah dengan menyimpannya dalam tisu kering.

Sebelum menyimpan seledri dengan tisu kering, pastikan untuk mencuci dan mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat menggulung seledri dengan beberapa lapis kertas tisu kering dan membungkusnya dengan plastik. Dengan cara ini, seledri akan tetap segar dan renyah tanpa mengalami layu.

Saat menyimpan seledri atau jenis tanaman herbal lainnya, perlu diperhatikan untuk menjauhkannya dari sayuran dengan rasa yang kuat seperti bawang. Hal ini dapat memengaruhi rasa seledri dan mengurangi kualitasnya. Dengan memperhatikan hal-hal ini, kamu dapat menyimpan seledri dengan cara yang tepat dan memastikan kesegarannya tetap terjaga.

4 dari 6 halaman

4. Rendam Seledri dengan Air

Seledri © Diadona

Jika kamu menyimpan seledri di tempat terbuka, sebaiknya simpan dalam wadah berisi air. Namun, tidak perlu merendam seluruh bagian seledri ke dalam air. Cukup rendam bagian batangnya saja, karena batang seledri yang terendam air akan membuat seledri tetap segar dan harum.

Untuk menjaga kesegaran seledri dalam waktu yang cukup lama, penting untuk terus-menerus mengganti airnya. Dengan begitu, seledri akan terasa tetap segar dan renyah. Tips menyimpan daun seledri yang satu ini cukup efektif untuk tujuan pengawetan dalam waktu singkat. Namun, jika ingin menjaga seledri tetap segar dalam waktu yang lebih lama, sebaiknya rendaman seledri tersebut disimpan di dalam kulkas.

5 dari 6 halaman

5. Seledri Dibekukan di Freezer

Tips Menyimpan Daun Seledri © Diadona

Tips menyimpan daun seledri yang selanjutnya yaitu dengan cara membekukannya di freezer. Dengan memotong seledri mentah dan menyimpannya dalam freezer, seledri beku dapat bertahan hingga dua bulan tergantung cara membekukannya.

Selain itu, proses blanching juga bisa dilakukan sebelum seledri dimasukkan ke dalam pembeku. Blanching adalah proses singkat mencelupkan sayuran ke dalam air mendidih atau air panas dan kemudian mencelupkannya ke dalam air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. Metode ini dapat membantu mengawetkan sayuran dan memperkuat warnanya.

Berikut langkah-langkah untuk blanching seledri:

  1. Cuci seledri dengan air mengalir dan pisahkan batangnya agar mudah dibersihkan.
  2. Potong seledri sesuai dengan kebutuhan.
  3. Didihkan air dalam panci dan masukkan seledri. Biarkan mendidih selama 3 menit.
  4. Tiriskan seledri dan rendam dalam air dingin selama 3 menit.
  5. Keringkan seledri dan sebarkan di atas loyang.
  6. Bekukan seledri selama 1-2 jam.
  7. Pindahkan seledri ke dalam kantong beku dan pastikan kantong tertutup rapat untuk menghindari udara masuk. Simpan kantong di dalam freezer.

6 dari 6 halaman

Beberapa Manfaat Daun Seledri

7 Manfaat Seledri untuk Ginjal dan Batu Ginjal, Kandungannya Kaya akan Vitamin dan Mineral © Diadona

Daun seledri mengandung senyawa antioksidan, vitamin, mineral, dan serat yang sangat penting untuk tubuh. Beberapa manfaat daun seledri untuk makanan adalah sebagai berikut.

  • Menambah rasa dan aroma pada masakan: Daun seledri memiliki rasa dan aroma yang khas yang dapat menambah cita rasa pada masakan. Daun seledri sering digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti sup, salad, saus, dan tumisan.
  • Menambah nutrisi pada masakan: Daun seledri mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, dan kalium. Dengan menambahkan daun seledri pada masakan, kamu dapat menambahkan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • Menurunkan risiko penyakit: Senyawa antioksidan dalam daun seledri dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.
  • Menjaga kesehatan pencernaan: Daun seledri mengandung serat yang tinggi, yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Nah, itulah beberapa tips menyimpan daun seledri di rumah supaya lebih awet. Daun seledri ini apalagi sering digunakan dalam memasak berbagai makanan setiap harinya. Semoga ulasan ini berguna ya Diazens, selamat mencoba.

Sumber: liputan6.com oleh Anugerah Ayu Sendari.

Beri Komentar