Semua Hal Tentang Remote Desktop, Simak Juga Cara Menggunakannya dengan Mudah

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 2 Februari 2024 17:30
Semua Hal Tentang Remote Desktop, Simak Juga Cara Menggunakannya dengan Mudah
Canggih tapi banyak yang nggak tahu, berikut cara pakai remote desktop lengkap!

Cara pakai remote desktop bisa dibilang jarang diketahui orang, padahal fitur ini sangat membantu pekerjaan kita. Saat bekerja, kita mungkin sering mentransfer file ke orang lain atau ke perangkat tertentu. Nah, remote desktop adalah fitur yang bakal sangat membantu dalam hal ini.

Windows sebagai salah satu developer sistem operasi yang biasa digunakan pada berbagai laptop punya banyak sekali teknologi canggih. Salah satunya yaitu Remote Desktop Protocol yang memungkinkan kamu mengakses komputer lain dari jarak jauh.

Berikut adalah ulasan terkait remote desktop serta bagaimana cara pakai remote desktop. Kalau kamu belum tahu fitur ini, baca ulasannya sampai habis ya!

1 dari 7 halaman

Apa Itu Remote Desktop?

Microsoft Remote Desktop © Diadona

Oke, pertama-tama, kamu perlu tahu dulu nih apa sebenarnya remote desktop itu. Remote Desktop Protocol (RDP) adalah fitur Microsoft yang memungkinkan kita untuk mengoneksikan dua perangkat yang berbeda. Microsoft menjelaskan kalau remote desktop bisa untuk menyambung dan mengontrol PC dari jarak jauh.

Dalam dunia profesional, remote desktop biasanya digunakan untuk mengirim data dan file dari jarak jauh. Fitur ini memudahkan pengiriman data tanpa harus melakukan koneksi yang ribet. 

Remote desktop akan membuat kamu dapat mengakses komputer lain yang terkoneksi dari mana saja. Pekerjaan virtual kamu jadi lebih efisien dengan menggunakan fitur ini.

2 dari 7 halaman

Cara Kerja Remote Desktop

Sebelum ke bagaimana cara pakai remote desktop, kamu perlu familiar dulu dengan cara kerjanya. Dilansir dari TechTarget, remote desktop bekerja dengan cara menangkap input layar, mouse, dan keyboard dan mengirimnya ke perangkat lain yang terkoneksi.

Data-data perangkat disimpan di server cloud yang kemudian bisa diakses dari perangkat lainnya. Sederhananya, remote desktop melakukan kerja mirroring di dua perangkat. Jadi, apa yang sedang dilakukan dari satu perangkat dapat ditampilkan di perangkat lain yang terhubung.

3 dari 7 halaman

Mengapa Pakai Remote Desktop?

Walaupun terbilang jarang diketahui orang, nggak sedikit juga yang sering menggunakan remote desktop apalagi untuk urusan pekerjaan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan mengapa orang memakai remote desktop.

  • Work From Anywhere (WFA). Dengan remote desktop, kamu dapat mengakses komputer kerja dari mana saja. Jadi, kalau kamu lagi di cafe, rumah, atau sedang bepergian, kamu tetap dapat melakukan pekerjaanmu.
  • Kemudahan Mengirim Data. Salah satu manfaat utama remote desktop adalah kemudahan melakukan transfer data. Dengan mengoneksikan perangkat, kamu bisa langsung mengakses data di komputer lain tanpa perlu koneksi tambahan apalagi yang perlu jarak dekat.
  • Kolaborasi dan Kerja Sama. Untuk pekerjaan yang butuh kerja sama, remote desktop sangat memudahkan karena pekerjaan bisa diakses oleh seluruh tim atau partner kerja kamu.

4 dari 7 halaman

Cara Pakai Remote Desktop di Windows 10 & 11

Cara Pakai Remote Desktop © Diadona

Cara pakai remote desktop yang pertama adalah untuk laptop yang menggunakan versi Windows 10 atau 11. Dilansir dari Microsoft, cara termudah untuk menggunakan remote desktop adalah dari fitur bawaan di pengaturan. Berikut adalah cara pakai remote desktop di Windows 10.

Menyiapkan PC utama yang ingin dilakukan koneksi remote desktop:

  1. Pastikan PC utama kamu punya Windows versi Pro. Kamu bisa memeriksanya melalui menu Windows > setting > system > about. Kalau belum, kamu bisa mendownload aplikasi remote desktop sebagai alternatif.
  2. Jika sudah siap, buka menu Windows dan klik menu settings untuk membuka pengaturan.
  3. Kemudian, pergi ke menu system dan klik opsi Remote Desktop.
  4. Lalu, copy nama komputer atau PC kamu karena akan digunakan pada perangkat lain.
  5. Terakhir, klik aktifkan remote desktop. Lalu, lakukan konfirmasi untuk menyelesaikannya.

Mengatur PC yang akan digunakan untuk meremote:

  1. Pada PC lain yang akan kamu gunakan untuk melakukan remote, klik tombol Windows dan ketik Remote Desktop Connection pada kolom pencarian.
  2. Kemudian, klik opsi Remote Desktop Connection yang muncul.
  3. Lalu, pada kolom ketik masukkan nama komputer sebelumnya yang sudah kamu copy.
  4. Setelah itu, klik tombol Connect.
  5. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengonfirmasi sandi login untuk PC yang akan diremote. Jika sudah, klik OK untuk melanjutkan.
  6. Terakhir, tunggu proses koneksi sampai selesai, maka kamu akan terhubung dengan PC lainnya untuk diremote. 

5 dari 7 halaman

Cara Pakai Remote Desktop Dari Smartphone

Cara Pakai Remote Desktop © Diadona

Nah, selain menggunakan sesama laptop, kamu juga bisa melakukan remote desktop menggunakan HP. Caranya juga terbilang cukup sederhana, karena kamu hanya butuh aplikasi remote desktop di HP kamu.

Kamu bisa download dan install aplikasi Remote Desktop dari Microsoft melalui Google Playstore maupun Appstore. Kemudian, tinggal mengkoneksikannya dengan laptop yang ingin kamu remote.

Untuk mengoneksinyakan, pastikan fitur remote desktop sudah aktif di laptop kamu dan kamu sudah mengcopy nama perangkat yang ingin kamu. Kemudian, buka aplikasi Remote Desktop di HP kamu, lalu tambahkan nama PC yang ingin kamu sambungkan tadi. 

Setelah itu, tinggal tunggu proses koneksi sampai berhasil. Maka kamu sudah bisa melakukan remote desktop PC kamu dari HP. 

6 dari 7 halaman

Tips Cara Pakai Remote Desktop

Setelah mengetahui cara pakai remote desktop, berikut adalah beberapa tips yang mungkin meningkatkan pengalaman kamu saat menggunakan remote desktop.

  • Pastikan Koneksi Internet Baik. Koneksi internet yang cepat dan stabil akan membuat respon mirror remote desktop juga menjadi lancar. Koneksi yang lambat akan cenderung membuat respon menjadi delay dan kurang maksimal.
  • Sesuaikan Pengaturan Tampilan. Remote desktop mungkin kadang membuat tampilan layar yang tidak sesuai dengan default hingga memusingkan. Untuk itu, kamu bisa mengatur settingan tab tampilan layar agar lebih nyaman dilihat.
  • Perhatikan Keamanan Perangkat. Saat ingin menggunakan remote desktop, ada baiknya kamu menggunakan nama dan kata sandi yang unik agar tidak mudah diketahui orang. Hal ini akan menghindari komputer kamu diakses sembarang oleh orang lain.

Demikian ulasan terkait remote desktop, mulai dari pengertian, cara kerja, fungsi, serta tips dan cara pakai remote desktop biar lebih maksimal. Fitur ini merupakan fitur yang sangat patut untuk dicoba karena cukup membantu pekerjaan. 

Penulis: Starky

Beri Komentar