Cara Menggunakan Google Lens dengan Mudah, Simak juga Fungsi-fungsinya yang Sangat Berguna

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 24 Januari 2024 21:25
Cara Menggunakan Google Lens dengan Mudah, Simak juga Fungsi-fungsinya yang Sangat Berguna
Google Lens ini ternyata banyak fungsinya dan sangat berguna

Jika dibandingkan dengan aplikasi Google lainnya, Google Lens terhitung kurang populer. Padahal, aplikasi ini memiliki banyak fungsi yang sangat berguna yang bisa kita gunakan untuk mempermudah beberapa hal. Namun, masih banyak yang belum tahu cara menggunakan Google Lens ini.

Cara menggunakan Google Lens pastinya sangat mudah. Bahkan, tidak ada ketentuan ponsel atau gadget apa yang kompatibel. Pokoknya, selagi gadget yang kamu guanakan memeiliki kamera dan jaringan internet yang bagus maka aplikasi bisa kamu gunakan dengan mudah.

Selain cara menggunakan Google Lens, berikut ini adalah beberapa uraian seperti fungsi dan juga fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Jadi, yuk simak uraiannya di bawah ini!

1 dari 6 halaman

Google Lens Itu Apa sih?

Cara Menggunakan Google Lens © Diadona

Sebelum jauh ke cara menggunakan Google Lens, mari kita ketahui tentang aplikasi tersebut. Google Lens merupakan aplikasi dan fitur canggih yang dikembangkan oleh Google. Nah, aplikasi ini bisa mengenali apa saja yang kamu lihat, baik itu teks, gambar, atau objek.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menerjemahkan bahasa asing, menyalin kode atau paragraf, menemukan bantuan tugas, mengidentifikasi tanaman dan hewan, menjelajahi tempat di sekitarmu, menemukan gaya yang kamu suka, dan masih banyak lagi.

2 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Google Lens via HP

Cara Menggunakan Google Lens © Diadona

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan, cara menggunakan Google Lens sangatlah mudah. Begini cara mudahnya:

  • Buka Google Lens
  • Arahkan pada benda yang ingin diidentifikasi
  • Potret gambar tersebut
  • Masuk ke opsi 'Telusuri'
  • Google akan memberi beberapa rekomendasi berupa situs yang terkait dengan gambar tersebut.

Selain bisa kamu gunakan di samrtphone, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan di laptop ataupun gadget lain loh. Caranya juga mudah.

  • Buka halaman utama Google.
  • Klik ikon Google Lens.
  • Upload file gambar atau foto.
  • Tunggu proses upload berhasil.
  • Hasil pencarian akan muncul.

Mudah banget kok penggunaan aplikasi ini. Nggak cuma itu aja sih, manfaat atau kegunaannya banyak.

3 dari 6 halaman

Fitur-fitur Google Lens

Cara Menggunakan Google Lens © Diadona

Tentu saja, sebagai aplikasi yang cukup fleksibel dan bisa digunakan untuk banyak hal, Google Lens memiliki fungsi yang cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa fungsinya yang bisa kamu manfaatkan.

Menerjemahkan teks

Kamu bisa menggunakan Google Lens untuk menerjemahkan teks yang ada pada foto, dokumen, atau objek lainnya ke bahasa yang kamu inginkan. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke teks yang ingin diterjemahkan, lalu Google Lens akan menampilkan terjemahannya secara otomatis.

Memindai barcode atau QR code

Lanjut, kamu bisa memakai Google Lens untuk memindai barcode atau QR code yang biasanya berisi informasi tertentu. Misalnya seperti alamat website, kontak, lokasi, atau produk. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke barcode atau QR code yang ingin dipindai, lalu Google Lens akan membuka data yang terkait dengan kode tersebut2.

4 dari 6 halaman

Mengidentifikasi tumbuhan atau hewan

Ketiga, kamu bisa mengidentifikasi nama, jenis, atau informasi lainnya tentang tumbuhan atau hewan yang kamu lihat menggunakan Google Lens. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke tumbuhan atau hewan yang ingin diidentifikasi, lalu Google Lens akan menampilkan informasi yang relevan tentangnya.

Mengekstrak tulisan dari gambar

Selanjutnya, Google Lens bisa kamu gunakan untuk mengekstrak tulisan yang ada pada gambar, seperti kode, paragraf, atau nomor telepon. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke gambar yang mengandung tulisan, lalu Google Lens akan menyalin tulisan tersebut ke clipboard ponsel, yang bisa kamu tempel ke aplikasi lainnya.

5 dari 6 halaman

Mengetahui harga atau ulasan produk

Nggak cuma itu, Google Lens bisa kamu gunakan untuk mengetahui harga atau ulasan produk yang kamu lihat, seperti buku, pakaian, atau elektronik. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke produk yang ingin diketahui harganya atau ulasannya, lalu Google Lens akan menampilkan hasil pencarian yang terkait dengan produk tersebut.

Menemukan gaya atau inspirasi fashion

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan Google Lens untuk menemukan gaya atau inspirasi fashion yang kamu suka, seperti baju, sepatu, atau aksesoris. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke gaya atau inspirasi fashion yang ingin ditiru, lalu Google Lens akan menampilkan hasil pencarian yang terkait dengan gaya atau inspirasi fashion tersebut.

Jadi itulah uraian tentang Google Lens termasuk cara menggunakan serta fitur-fitur yang bisa kita gunakan. So, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar