Nggak Perlu Takut dengan Pertambahan Usia, ini Gambaran Perubahan Kulitmu dari Waktu ke Waktu dan Tips Perawatannya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 9 November 2023 14:39
Nggak Perlu Takut dengan Pertambahan Usia, ini Gambaran Perubahan Kulitmu dari Waktu ke Waktu dan Tips Perawatannya
Masalah kulit di setiap jenjang usia akan berbeda-beda, begitu pula tips perawatannya.

Bukan rahasia umum lagi kalau kulit kamu akan berubah seiring bertambahnya usia. Beberapa permasalahan kulit seperti munculnya garis halus, kerutan, dan kurangnya kekencangan kulit akan kamu hadapi seiring berjalannya waktu. 

Walaupun pertambahan usia terlihat nyeremin, sebenarnya kamu nggak perlu terlalu khawatir, lho. Selama kamu tahu cara untuk mencegah dan mengatasi perubahan-perubahan tersebut, kulit kamu bakal aman-aman aja. 

Nah, kalau kamu ingin tahu gambaran perubahan kulit dari usia 20 hingga 60 simak artikel berikut karena Diadona bakal kasih kamu permasalahan kulit pada usia tersebut.

 

1 dari 5 halaman

Kondisi Umum Kulit di Usia 20-an © Diadona

Kondisi Umum Kulit di Usia 20-an

Pada usia ini, permasalahan kulit yang dihadapi kebanyakan berkaitan dengan kulit yang terlihat lebih lelah dan kusam. Penyebabnya juga nggak jauh-jauh dari penyakit individu berumur 20an, yaitu kurang tidur dan stres, kerusakan akibat sinar matahari, dan genetik.

Jika kamu berada pada usia ini, penting untuk rajin melakukan skincare routine sebagai persiapan kulitmu di masa depan. 

Meskipun kulitmu nggak menunjukkan tanda-tanda penuaan, step skincare routine seperti menggunakan sunscreen SPF nggak boleh dilewatkan. Sebaiknya kamu menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap harinya dengan semakin tinggi SPF maka lebih baik.

Pemakaian sunscreen juga nggak terbatas saat berada di luar ruangan, lho. Gunakan sunscreen walaupun sedang beraktivitas di dalam ruangan.

Nah, tujuan dari penggunaan sunscreen sendiri tuh buat melindungi kulit kamu dari seluruh sinar UV.

Nggak cuma sunscreen, kamu juga bisa menambah skincare routinemu dengan menggunakan serum yang memiliki kandungan AHA/BHA juga retinol. Kegunaan kedua skincare ini untuk mengatasi kulit kusam dan mendorong pengelupasan kulit secara lembut.

 

2 dari 5 halaman

Perubahan Kulit Wajah Sesaui Pertambahan Usia © Diadona

Yang Terjadi pada Kulit Kamu di Umur 30-an

Nah, berbeda dengan usia 20-an, usia 30-an bisa disebut sebagai masa transisi karena kulit kamu telah mengalami pubertas yang terjadi di akhir usia 20-an.

Usia 30-an juga biasanya kamu lebih mapan secara ekonomi daripada usia 20-an sehingga kamu nggak terlalu khawatir saat mengeluarkan biaya untuk membeli skincare yang sesuai, hihi.

Meskipun lebih mapan, tetapi di usia 30-an tanda-tanda awal penuaan mulai terlihat. Efek kerusakan sinar matahari yang seringkali terpapar pada usia 20-an juga muncul. Terdapat garis-garis halus, volume pipi berkurang, dan pigmentasi kulit yang rusak.

Sadly, pada usia ini sistem perbaikan kulit kamu juga akan melambat dan berakibat kulit tampak lebih kusam. Produksi kolagen juga akan menurun sehingga kulit akan tampak kurang kencang. Oleh karena itu, pada usia ini sebaiknya kamu menambah skincare routine dengan membeli eye cream.

Selain skincare routine inti yang terdiri dari pembersihan, moisturizer, dan sunscreen, kamu perlu menambahkan juga retinol untuk membantu mengatasi garis-garis halus dan kekencangan kulit.

Menambahkan skincare dengan kandungan antioksidan di usia 30-an juga merupakan sesuatu yang sangat penting. Antioksidan bisa membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, mencegah kulit kusam, dan membantu meremajakan kolagen. Salah satu kandungan yang mengandung antioksidan adalah vitamin C.

3 dari 5 halaman

Ini yang Terjadi Pada Kulit Usia 40-an © Diadona

Perubahan yang Terjadi pada Kulit di Usia 40-an

Memasuki usia ini, perubahan kulit akan sangat terlihat, misalnya pada kekencangan kulit. Permasalahan kerutan karena sinar matahari juga semakin parah.

Meskipun kamu udah mencoba berbagai skincare dan perawatan dokter, selama kamu nggak mendukung perawatan tersebut dengan gaya hidup sehat juga bakal susah nih.

Nah, karena permasalahan yang beragam, penting banget untuk melakukan double cleansing dan menambahkannya dengan eksfoliasi. Selain toner eksfoliasi, kamu juga bisa menggunakan hydrating toner.

Kalau kamu ingin melembabkan kulit, pilih produk dengan kandungan hyaluronic acid. Gunakan juga night cream dengan kandungan glycerin, ceramides, dan fatty lipids untuk membantu perbaikan skin barrier.

Biasanya, dokter kulit melihat lebih banyak pasien berusia 40-an datang untuk mendapatkan perawatan yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Ada baiknya, kalau kamu merawat kulit kamu dari lapisan paling bawah hingga atas.

Oleh karena itu, jika kamu merasa skincare routine nggak cukup untuk mengatasi tanda-tanda penuaan kamu bisa mendapatkan perawatan laser di bawah permukaan kulit.

4 dari 5 halaman

Gambaran Perubahan Kulit dari Waktu ke Waktu © Diadona

Yang Terjadi pada Kulit Wajah di Usia 50-an

Pada usia ini, biasanya kamu udah melewati fase menopause yang berdampak tubuh bakal mengalami pergeseran hormon. Kulit akan semakin tipis dan kurang elastis.

Kemudian muncul masalah kulit kering dan jerawat yang mulai muncul lagi. Selain itu permasalahan pigmen berlebih dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari juga menjadi lebih menonjol.

Solusi dari permasalahan kulit tersebut adalah menjaga kulit kamu tetap lembab. Semakin menipisnya kulit juga menyebabkan kamu harus menggunakan pembersih yang lebih lembut dan nggak terlalu berbusa.

Walaupun terlihat menakutkan, usia 50-an merupakan babak baru kehidupan para perempuan. Lebih banyak berinvestasi pada produk skincare untuk diri sendiri, namun di sisi lain investasi tersebut justru membuatmu semakin bahagia.

Ada banyak produk perawatan kulit  yang dirancang untuk mengatasi masalah kulit yang muncul pada dekade kelima kehidupan kamu. Di usia 50-an, kamu akan menghadapi lebih banyak lagi perubahan hormonal, serta perubahan kulit secara keseluruhan yang sebagian besar terjadi karena faktor genetik.

Para dokter merekomendasikan untuk melihat dirimu dengan pandangan yang baik dan merayakan penampilan terbaik daripada berusaha terlihat seperti anak berusia 20 tahun.

Perawatan dokter yang paling sering dilakukan pada usia ini adalah filler dan botox. Kontur tubuh dengan laser dan mesin lainnya juga dapat membantu mengencangkan kulit.

Selain itu, perawatan microneedling juga direkomendasikan pada usia ini. Perawatan microneedling bertujuan untuk membantu mendorong produksi kolagen.

5 dari 5 halaman

Perubahan Kulit Wajah Seiring Waktu © Diadona

Kondisi Kulit Wajah di Usia 60-an dan seterusnya

Nggak ada kata terlambat untuk memulai skincare anti aging. Rajin merawat kulit akan membantumu untuk tampil cantik dari waktu ke waktu. Biasanya, pada usia ini banyak yang khawatir akan kelembaban kulit mereka.

Pada dasarnya, perawatan kulit diusia ini mementingkan kelembaban dan hidrasi kulit. Nah, untuk perawatan pada dokter kamu bisa menjalankan prosedur  laser yang dapat dilakukan sekali atau dua kali setahun untuk perbaikan dan pemeliharaan.

Sekarang kamu udah tahu apa aja permasalahan kulit yang kemungkinan akan kamu hadapi, ‘kan? Kalau gitu, kamu bisa mempersiapkan diri sejak saat ini dan menerapkan skincare routine sesuai dengan usiamu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen ya!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar