Salah Kirim Chat? Ini Cara Edit Chat Whatsapp di Android, iPhone, dan WA Web

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 20 Januari 2024 08:41
Salah Kirim Chat? Ini Cara Edit Chat Whatsapp di Android, iPhone, dan WA Web
Whatsapp makin banyak fitur, kamu harus tahu cara edit chat Whatsapp buat yang sering salkir!

Siapa disini yang sering banget salah kirim atau typo pas lagi chat orang lain di Whatsapp? Tenang aja Diazens, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi karena ada cara edit chat Whatsapp. 

Whatsapp sendiri adalah aplikasi yang sangat populer dan banyak digunakan banyak sekali orang di seluruh dunia. Dilansir dari website Whatsapp saja, ada 2 miliar orang yang telah menggunakan aplikasi Whatsapp untuk bertukar pesan dan melakukan interaksi dengan orang lain. 

Chat Whatsapp adalah salah satu media komunikasi yang paling sering digunakan. Whatsapp juga menawarkan berbagai fitur-fitur yang dapat mendukung proses interaksi, seperti foto, video, file, stiker, lokasi, dan lain sebagainya. Namun, dalam menggunakan Whatsapp kadang kita mengalami kesalahan dan kekeliruan tertentu, misalnya salah kirim chat atau typo (salah ketik). Untuk itu, cara edit chat Whatsapp kadang penting untuk memperbaiki, mengedit, menambah informasi atau merubah pesan yang telah terkirim ke orang lain.

Berikut Diadona telah mengulas cara edit chat Whatsapp di Android, iPhone, serta Web. 

1 dari 6 halaman

Mengapa Edit Chat Whatsapp Penting?

Cara Edit Chat WA © Diadona

Cara edit chat Whatsapp ini mungkin sangat penting bagi sebagian orang karena berbagai alasan. Selain karena untuk memperbaiki kesalahan pada saat mengetik, edit chat Whatsapp juga bisa ditujukan untuk klarifikasi informasi yang salah. Kamu pasti nggak mau memberikan informasi yang ternyata salah, apalagi dalam hal profesional atau kerja. Kemudian, fitur ini juga dianggap dapat menjaga privasi dan keamanan data seseorang, misalnya untuk menghapus nomor telepon, alamat, nomor kartu ATM, serta informasi-informasi pribadi lain yang tidak sengaja dikirimkan.

Oleh karena itu, berikut adalah cara edit chat Whatsapp yang bisa kamu coba!

2 dari 6 halaman

Cara Edit Chat Whatsapp di Android

Cara Edit Chat WhatsApp di Android © Diadona

Bagi pengguna Android, cara edit chat Whatsapp dapat kamu lakukan dengan mudah. Cara ini dapat  kamu lakukan di semua jenis HP dan smartphone Android. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Whatsapp dan cari room chat atau yang pesannya ingin kamu edit.
  • Jika sudah menemukan chat yang ingin kamu lakukan edit, tekan dan tahan pesan tersebut hingga muncul animasi bayangan biru yang menandakan bahwa pesan tersebut berhasil dipilih.
  • Lalu, klik tanda ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas layar Whatsapp kamu.
  • Lalu, pilih ‘Edit’. Disini kamu akan bisa mengedit pesan yang kamu pilih.
  • Jika sudah selesai mengedit, klik tombol tanda centang.
  • Terakhir, pesan kamu telah berhasil diedit, hingga akan muncul tulisan ‘Edited’ atau ‘Diubah’ di bawah pesan tersebut.

3 dari 6 halaman

Cara Edit Chat Whatsapp di iPhone

Cara Edit Chat WhatsApp di iPhone © Diadona

Sama halnya dengan HP Android, buat kamu sang pengguna produk iPhone juga bisa melakukan cara edit chat Whatsapp dengan mudah. Caranya sebenarnya sama, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Whatsapp di iPhone kamu dan cari room chat atau yang pesannya ingin kamu edit.
  • Jika sudah menemukan chat yang ingin kamu lakukan edit, tekan dan tahan pesan tersebut untuk memilihnya.
  • Lalu, klik tanda ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas layar Whatsapp kamu.
  • Lalu, pilih ‘Edit’. Disini kamu akan bisa mengedit pesan yang kamu pilih. Kamu dapat mengganti pesan, menambahkan emoji, dan sebagainya.
  • Jika sudah selesai mengedit, klik tombol tanda centang untuk menyimpan.
  • Terakhir, pesan kamu telah berhasil diedit, hingga akan muncul tulisan ‘Edited’ atau ‘Diubah’ di bawah pesan tersebut.

4 dari 6 halaman

Cara Edit Chat Whatsapp Web

Cara Membuat Tampilan WhatsApp Web Menjadi Blur © Diadona

Beberapa orang mungkin lumayan sering menggunakan Whatsapp versi web atau desktop dibanding smartphone. Sama halnya dengan versi smartphone, Whatsapp versi web atau desktop juga terdapat fitur edit chat. Berikut adalah cara edit chat Whatsapp Web dan desktop:

  • Pertama, buka Whatsapp Web atau Whatsapp Desktop di laptop kamu. Kalau kamu belum login, kamu dapat login dulu dengan cara scan barcode melalui HP.
  • Lalu, cari room chat atau pesan yang ingin kamu lakukan edit.
  • Kemudian, arahkan kursor mouse ke chat yang dipilih lalu klik tombol dropdown yang berada di sisi kanan atas pesan tersebut.
  • Maka akan muncul opsi-opsi yang bisa kamu pilih, yaitu info pesan, balas, react, teruskan, bintangi, edit, serta hapus.
  • Selanjutnya, klik opsi ‘Edit’ untuk melakukan edit pada pesan yang kamu pilih.
  • Jika sudah selesai mengedit, klik tanda centang berwarna hijau. Maka pesan kamu telah berhasil diedit.

Itu dia tadi berbagai cara edit Whatsapp di HP Android, iPhone, maupun melalui Whatsapp Web di laptop kamu. Caranya mudah bukan?

5 dari 6 halaman

Berapa Lama Bisa Edit Chat Whatsapp?

Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp © Diadona

Setelah mengetahui cara edit chat Whatsapp, kamu juga harus tahu bahwa tidak semua chat Whatsapp kamu bisa kamu lakukan edit. Ya, sayangnya Whatsapp membatasi waktu penggunanya dalam mengedit pesan yang sudah terkirim. Pengguna hanya dapat mengedit pesan dalam waktu 15 menit setelah dikirimkan.

Jadi, jika kamu salah kirim atau salah ketik pesan kepada orang lain, usahakan langsung mengeditnya apabila diperlukan sebelum 15 menit ya Diazens. Pesan-pesan yang sudah lama sekali kamu kirim akan tetap berada di room chat kamu.

Gimana nih Diazens? Sudah tahu kan fungsi fitur edit chat dan cara edit chat Whatsapp? Di atas sudah dijelasin panduannya secara detail lengkap dengan informasi-informasi terkait. Selamat mencoba ya, semoga berhasil!

Penulis: Starky

Beri Komentar