10 Rutinitas Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 40-an, Nggak Ada Kata Terlambat untuk Memulai

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 14 November 2023 11:43
10 Rutinitas Perawatan Kulit Wajah untuk Usia 40-an, Nggak Ada Kata Terlambat untuk Memulai
Masalah kulir paling umum yang dialami oleh mereka yang berumur 40-an adalah munculnya tanda penuaan seperti garis halus dan juga flek hitam.

Nggak ada kata terlambat untuk merawat kulit, tetapi semakin awal Anda memulainya, semakin baik. Nyatanya, semakin bertambah usia kita, kulit kita ikut mulai berubah. Saat Anda menginjak usia 40-an tentunya, kebutuhan skincare Anda akan berbeda dengan usia 20-an. 

Kerutan dan garis halus sebagai tanda penuaan dini mungkin sudah mulai terlihat pada usia 40 tahun. Pada akhirnya, kulit akan menjadi lebih tipis dan kurang elastis. Oleh karena itu, penting banget untuk beradaptasi dengan skincare routine yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah, ada baiknya, kalau Anda memulai perawatan diri Anda dengan healthy skincare habits. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, kebiasaan merawat diri yang sehat memiliki beberapa keuntungan, seperti:

  • Mencegah atau membersihkan kulit yang berjerawat
  • Mempertahankan kekencangan kulit lebih lama
  • Mengurangi garis-garis halus dan kerutan
  • Menjaga kulit tampak lebih cerah dan lebih muda
  • Menghindari adanya kulit kasar
  • Mengurangi risiko kanker kulit

Selain mengubah skincare routine, mengubah pola makan juga bisa membantu untuk mencegah penuaan dini. Makanan yang mengandung kolagen dan lemak sehat, serta air bisa membuat kulit tetap bersih dan kencang.

Pas banget nih, Diadona udah merangkum beberapa tips berkaitan skincare routine yang bisa Anda terapkan di usia 40-an, yuk, simak!

1 dari 3 halaman

Skincare Routine untuk Usia 40-an © Diadona

Skincare Routine pada Pagi Hari untuk usia 40-an

Pagi hari sebelum melakukan aktivitas, Anda perlu melakukan beberapa rangkaian skincare. Jangan sampai skip skincare routine di pagi hari ya terutama penggunaan sunscreen karena kulit akan banyak terpapar sinar matahari.

Beberapa rangkaiannya, antara lain:

Cuci Muka

Gunakan produk yang ringan untuk menghilangkan debu dan kotoran sebagai salah satu rangkaian skincare di usia 40-an. Pilih produk dengan kandungan glycolic acid atau salicylic acid untuk membantu pengelupasan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Serum

Gunakan serum yang mengandung bahan antioksidan, seperti vitamin C dan E, hyaluronic acid, atau retinoids. Kandungan ini membantu untuk melindungi kerusakan, melembabkan, dan mengurangi garis halus serta kerutan pada kulit di usia 40-an.

Moisturizer

Menggunakan moisturizer adalah satu langkah yang penting dalam skincare routine untuk usia 40-an. Pilih produk yang memiliki kandungan ceramides, glycerin, atau hyaluronic acid untuk menghdrasi dan melembabkan kulit. Kandungan ceramides juga bisa menjaga agar skin barrier nggak cepat rusak.

Jangan lupakan sunscreen!

Penggunaan sunscreen setiap hari bisa mengurangi 50% potensi kanker kulit. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulitmu dari sinar UV. Semakin tinggi SPF, semakin kuat juga perlindungan sunscreen terhadap sinar matahari. Sunscreen harus digunakan setiap hari dan dalam aktivitas apapun, baik dalam ruangan maupun luar ruang.

2 dari 3 halaman

Skincare Routine untuk Usia 40-an © Diadona

Skincare Routine pada Malam Hari untuk Usia 40-an

Pada malam hari, kulit akan banyak beristirahat dan melakukan regenerasi sel-sel kulit. Itulah mengapa skincare pada malam hari sangatlah penting.

Pastikan Anda melakukan step-step di bawah ini sebelum tidur, ya!

Hapus makeup

Saat menghapus makeup, Anda bisa menggunakan cleansing balm agar mempermudah pembersihan. Tapi memakai kapas untuk untuk pembersihan pun tak masalah asalkan dilakukan dengan hati-hati 

Cuci muka

Selanjutnya, jangan lupa cuci muka. Fungsi dari cuci muka adalah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan debu yang nggak terangkat oleh cleansing balm tadi. 

Eksfoliasi

Setelah mencuci muka, lakukan eksfoliasi. Eksfoliasi bisa membantu membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan dua cara, yakni chemical  dan physical.

Pada eksfoliasi chemical, gunakan produk dengan kandungan AHA atau BHA sedangkan physical exfoliator  bisa menggunakan scrub. Hati-hati juga jangan sampai berlebihan ya karena dapat menyebabkan kerusakan kulit. Lakukan eksfoliasi selama dua hingga tiga kali dalam seminggu lalu gunakan pelembab.

Serum

Fokuskan penggunaan serum anti aging pada skincare routine di malam hari untuk Anda yang menginjak usia 40-an. Fokuslah pada serum dengan kandungan untuk meminimalkan tampilan tanda penuaan. Mulai dari flek hitam, garis halus, termasuk kerutan.

Eye Cream

Tahukah Anda bahwa area mata adalah salah satu yang paling rentan mengalami penuaan? Sebab area bawah mata punya kandungan lemak paling sedikit dibandingkan bagian wajah lainnya. Dikutip dari Female Daily, hal ini menyebabkan stuktur dan support kulit di area ini nggak sebagus di area lainnya.

Karena lapisannya yang tipis, area bahawa mata rentan kehilangan elastisitas sehingga bikin garis halus rawan timbul. Makanya diperlukan perawaran ekstra di area ini dan cara termudahnya adalah dengan mengaplikasikan eye cream.

Moisturizer

Ini juga salah satu tahapan yang nggak boleh sama sekali Anda lewatkan. Pastikan untuk mengaplikasikan pelembab pada wajah dan leher agar kulit terhidrasi dengan baik sehingga kerutan halus tersamarkan.

3 dari 3 halaman

Masalah Kulit di Usia 40-an © Diadona

Nggak hanya pakai skincare, ikuti juga langkah-langkah hidup sehat di bawah ini untuk menghindarkan kulit dari penuaan dini.

Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan salah satu penyebab terbesar penuaan dini muncul pada kulit. Nah, menggunakan sunscreen tuh udah kaya pondasi dasar untuk mencegah penuaan dini. Sebenarnya, penggunaan sunscreen aja juga nggak cukup, Anda bisa menerapkan beberapa hal, seperti menggunakan topi saat berpergian, sarung tangan saat berkendara, celana dan baju panjang.

Gunakan Moisturizer Setiap Hari

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih kering. Garis-garis halus dan kerutan muncul. Fungsi moisturizer di sini adalah untuk menghidrasi kulit dan membuatnya tampak lebih muda.

Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Bersihkan wajah dari debu dan kotoran dua kali sehari. Tips ini penting banget karena hasilnya bisa mempengaruhi penampilanmu.

Jauhi Rokok

Asap rokok mengandung racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada wajah. Tanda-tanda wajah perokok antara lain kulit kusam dan kering, hilangnya kekencangan kulit, garis dan kerutan dini, serta kulit kasar.

Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat bisa meningkatkan kesehatan kulit. Pastikan Anda makan banyak buah dan sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Istirahat Yang Cukup

Tidur memberi waktu bagi tubuh untuk menyegarkan dan memperbarui diri. Lama waktu tidur yang baik untuk usia dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki lama istirahat yang cukup.

Nggak ada kata terlambat untuk merawat kulit. Di usia 40-an, penggunaan skincare dapat mengurangi laju penuaan di kulit dan membuat kulit terhidrasi.

Beri Komentar