Cara Daftar KIP Kuliah, Berikut Beberapa Syarat yang Harus Kamu Perhatikan

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 24 Januari 2024 13:36
Cara Daftar KIP Kuliah, Berikut Beberapa Syarat yang Harus Kamu Perhatikan
Simak baik-baik dan jangan sampai kelewatan informasinya~

Dalam sebuah negara, pendidikan adalah salah satu yang paling penting dan harus mendapatkan perhatian lebih. Nah, di Indonesia pendidikan semakin menjadi program prioritas salah satunya adalah melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Dengan adanya program KIP, kesempatan emas akan datang bagi mereka siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan mereka di jenjang D3 hingga S1. Pastinya, dengan memberikan dukungan biaya kuliah secara penuh dan uang saku hingga lulus pendidikan.

Nah, biar lebih detail, berikut ini adalah informasi tentang apa itu KIP, syarat pendaftaran, cara daftar, dan jadwal pendaftarannya. So, yuk simak beberapa uraiannya di bawah ini!

1 dari 5 halaman

Apa Itu KIP?

Kartu Indonesia Pintar © Diadona

Jadi, seperti yang sudah kita ketahui KIP adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar. KIP juga merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia.

Nah, KIP melalui PIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan dalam jumlah tertentu. KIP Kuliah adalah salah satu upaya untuk membantu para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

KIP Kuliah adalah program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Untuk mendaftar, kamu bisa kunjungi situs resmi KIP Kuliah dan lengkapi berkas pendaftaran di SIM KIP Kuliah.

2 dari 5 halaman

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Apa Aja?

Lalu, karena program ini diperuntukkan untuk masayarakat luas, siapapun yang ingin ikut ya harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. Berikut ini adalah syarat lengkap pendaftaran KIP kuliah.

  • Lulus atau akan lulus dari SMA atau sederajat pada tahun yang berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
  • Memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid.
  • Memiliki potensi akademik baik dengan keterbatasan ekonomi yang dapat dibuktikan dengan dokumen yang sah.
  • Memiliki Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  • Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada program studi dengan Akreditasi A atau B. Prodi dengan Akreditasi C juga bisa dengan pertimbangan tertentu.
  • Kriteria lainnya termasuk siswa difabel, berasal atau tinggal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) seperti Papua dan Papua Barat, serta dalam kondisi khusus karena bencana atau faktor lain.

Jika semua syarat itu sudah sesuai, maka tinggal daftar saja. Kesempatan emas untuk mendapatkan pendidikan yang layak nih.

3 dari 5 halaman

Cara Daftar KIP Kuliah

Cara Daftar KIP Kuliah © Diadona

Saat ini, cara daftar KIP kuliah hanya bisa dilakukan secara online ya, Diazens. Daftarnya langsung melalui situs resmi Kemendikbud ya, berikut untuk cara lengkapnya:

  • Lakukan pendaftaran melalui website KIP Kuliah (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id) atau melalui aplikasi mobile KIP Kuliah.
  • Klik menu “ Login Siswa” dan isi data NIK, NPSN, NISN, serta alamat email yang aktif.
  • Nomor pendaftaran dan kode akses akan dikirim melalui email yang didaftarkan.
  • Lanjutkan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih.
  • Setelah diterima di perguruan tinggi, lakukan verifikasi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Ini mudah banget kok Diazens caranya. Semuanya bisa kamu lakukan di smartphone yang kamu punya, nggak ribet.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pendaftaran KIP

Di tahun 2024, pendaftaran KIP Kuliaj akan dibuka di bulan Februari ya Diazens. So, jangan sampai ketinggalan. Catat jadwalnya di bawah ini ya:

  • Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah: Februari - Desember
  • Untuk SNBP: Februari
  • Untuk UTBK-SNBT: Maret - April
  • Seleksi Mandiri PTN: Juni - November
  • Seleksi Mandiri PTS: Juni - Desember

Jadi, itu ya beberapa uraian tentang KIP Kuliah mulai dari syarat, cara, dan juga jadwal pendaftarannya. Jadi, persiapkan mulai sekarang ya biar nggak sampai ketinggalan gelombangnya. Semoga sukses!

Beri Komentar