10 Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Cara Merawatnya Agar Bersih Bercahaya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 15 November 2023 11:51
10 Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Cara Merawatnya Agar Bersih Bercahaya
Banyak kebiasaan kecil yang mungkin bisa menjadi penyebab kenapa kulit kamu kusam tak bercahaya. Tenang aja, perawatannya sederhana dan tak melulu mahal kok!

Cara merawat wajah agar tidak kusam merupakan salah satu cara menambah kepercayaan diri. Walaupun kulit wajahmu nggak putih, tapi kulit yang bersih bakalan bikin penampilan kamu terlihat berseri. Selain itu, kulit kusam menjadi salah satu indikasi kulitmu kotor dan kurang sehat.

Sudah rajin cuci muka, tapi kok kulit tidak nampak bersih bercahaya? Kamu mungkin bertanya-tanya apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara merawat kulit agar tidak kusam.

Kusam merupakan masalah yang umum terjadi pada kulit wajah, khususnya ketika kamu lebih sering beraktifitas di luar ruangan. Kulit kusam dapat disebabkan oleh beberapa faktor utama.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Kulit Kusam dan Cara Merawatnya © Diadona

Penyebab Kulit Kusam

Nah sebelum cari tahu gimana cara merawatnya, ketahui dulu deh apa penyebab kulit kusam agar kamu bisa menghindarinya.

Dehidrasi

Jangan salah, Diazens, kekurangan cairan dalam tubuh memiliki dampak ke tampilan kulitmu, loh! Sebab meminum air putih yang cukup dapat membantu menghidrasi kulit agar kulitmu tampak sehat, dilandari dari penelitian.

Soalnya nih air adalah komponen besar tubuh manusia dan memainkan peran penting dalam keseimbangan fisiologis normal. Nah, konsep umum ini kemudian berkembang menjadi gagasan bahwa peningkatan asupan air dalam makanan kita mungkin berperan dalam kesehatan, salah satunya anti aging.

Sebuah penelitian menyebut kalau minum cukup air punya dampak bagi kuit seperti memakai pelembab topikal. 

Sel Kulit Mati dan Kotoran

Kulit kita secara natural membentuk sel kulit baru dan secara membuang sel kulit mati. Namun bila tak dibersihkan secara optimal, sel kulit mati bisa menumpuk di kulitmu dan membuat lapisan yang menyebabkan kulit kusam. 

Paparan UV

Sinar UV yang terkena kulit dapat merangsang produksi melanin, yakni pigem yang memberi warna pada kulit. Hal ini yang membuat kulitmu menggelap dan dalam jangka panjang membuat kusam.

Kurang Tidur dan Stres

Kamu sering begadang karena stres? Atau stres sampai begadang? Nggak heran kalau kamu mengalami kulit kusam. Tidur yang cukup memiliki peran penting dalam menjaga fisik dan mental yang sehat. Oleh karena itu, jangan sering-sering begadang ya Diazens!

Tidak Cocok dengan Produk Skincare

Nah, buat kamu yang sering gonta-ganti skincare dan mengalami kulit kusam, mungkin kamu nggak cocok sama salah satu ingredient skincaremu. Ketika mengalami ini, ada baiknya kamu istirahatkan kulitmu dan gunakan basic skincare yang sering kamu pakai, ya!

2 dari 3 halaman

Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam © Diadona

Lalu, gimana sih cara merawat wajah agar tidak kusam?

Beberapa penyebab di atas memang tidak bisa sepenuhnya kamu hindari. Namun, dengan perawatan kulit yang tepat, kamu bisa mengembalikan kulitmu menjadi sehat dan bersinar.

Perbaiki Pola Makan dan Hidrasi yang Cukup

Sebelum memperbaiki kulit dari luar, cara merawat wajah agar tidak kusam dapat kamu lakukan dengan menjaga pola hidupmu. Konsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan dan hindari makanan berlemak yang berlebihan. Minum air yang cukup juga menjaga tubuhmu tetap terhidrasi yang tentu berdampak pada kulitmu.

Rutin Gunakan Moisturizer

Kamu bisa menggunakan moisturizer sebelum dan sesudah beraktifitas untuk menjaga kelembapan kulit dari luar. Dengan begitu, kulit kamu akan lembap sepanjang hari dan terhindar dari kulit kusam.

Memakai Sunscreen

Sunscreen merupakan produk penting yang harus ada dalam tahapan skincare mu setiap hari. Sunscreen dapat melindungi kamu dari sinar UV yang merusak kulit dan meminimalisir dampaknya pada kulit mu.

Rutin Eksfoliasi

Salah satu cara merawat wajah agar tidak kusam paling efektif adalah dengan rutin mengeksfoliasi kulit. Tahap ini penting untuk mengangkat sisa kotoran dan sel kulit mati yang tertinggal di atas kulit kamu. 

Eksfoliasi nggak cuman bikin kulit nggak kusam lagi karena pengangkatan sel kulit mati, tapi juga membantu mencerahkan, dan memungkinkan kandungan skincare menembus lebih dalam ke dalam kulit, membuat bekerja lebih baik.

Ada dua jenis eksfoliasi wajah untuk menghilangkan kulit kusam, yakni ekfoliasi physical dan chemical. Apa beda keduanya?

Physical exfoliation dilakukan dengan menggunakan alat atau scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati secara fisik. Jangan lupa gunakan scrub wajah dengan butiran hyang halus biar nggak abrasif di kulit kamu.

Chemical exfoliation dilakukan dengan menggunakan asam alfa hidroksi (AHA) - atau asam beta hidroksi (BHA)

3 dari 3 halaman

Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam © Diadona

Istirahat Cukup

Ketika kamu memiliki tidur yang cukup, tubuhmu akan terasa lebih sehat dan bugar. Hal ini juga berdampak pada kulitmu, loh, Diazens!

Banyak banget ahli dermatologis yang menyebut pentingnya istirahat yang cukup bagi kesehatan kulit. Sebba, waktu istirahat akan berpengaruh pada hidrasi kulit, elastisitas, perawatan dan pengobatan luka pada kulit dan penampilan kulit secara keseluruhan.

Kelola Kesehatan Mental

Tidak dapat dipungkiri, stres merupakan hal yang sulit untuk diatasi. Namun, kamu bisa meminimalisir dampak yang ditimbulkan pada tubuhmu dengan mengelolanya. Kamu bisa menyalurkan stresmu melalui kegiatan seperti meditasi, yoga, pilates, dan lain-lain.

Nah, setelah mengetahui penyebab dan cara merawat wajah agar tidak kusam, kamu tentu bisa menghindari dan menjaga kulit kamu ya, Diazens! Perlu digaris bawahi bahwa kulit yang sehat merupakan cerminan dari kesehatan tubuhmu. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan pikiranmu ya!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar