10 Rekomendasi Serum untuk Mengecilkan Pori-pori dari Harga 25-ribuan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 14 November 2023 03:21
10 Rekomendasi Serum untuk Mengecilkan Pori-pori dari Harga 25-ribuan
Deretan serum untuk mengecilkna pori-pori ini bekerja dengan cara membersihkan pori, mengurangi kadar minyak hingga membuat kulit kencang.

Saat ini ada banyak banget produk serum untuk mengecilkan pori-pori wajah. Sebenernya sih term mengecilkan pori-pori kurang tepat, sebab pori-pori nggak memiliki kemampuan buat membesar maupun mengecil.

Hanya saja sih memang ada beberapa orang yang memiliki pori-pori besar, dan itu tergantung pada genetika. Jadi kalau orang tua kamu memiliki pori-pori besar, kemungkinan kamu juga akan mengalami hal yang sama. Pori-pori bisa nampak membesar juga karena kotoran di dalamnya, produksi minyak dan lain-lain.

 

1 dari 4 halaman

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, seorang ahli dermatologi menyebut ada tujuh penyebab kenapa pori-pori kamu terlihat besar, antara lain : 

Produksi Minyak 

Pori-pori tampak lebih menonjol di bagian tengah wajah karena di area tersebut, ada lebih banyak kelenjar sebaceous yang melepaskan minyak.

Jenis Kelamin

Laki-laki cenderung memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous dan kulit lebih berminyak, sehingga pori-pori lebih terlihat dibanding perempuan.

Penuaan

Kolagen dan elastin adalah protein yang memberikan dukungan struktural pada pori-pori. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dan elastin di kulit akan berkurang dan membuat pori-pori nampak lebih membesar.

Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan akan merusak kolagen dan elastin, bahan penyusun kulit. Hal ini akan mengurangi kekencangan kulit, sehingga pori-pori kamu akan membesar.  

Perubahan Hormonal

Pori-pori menjadi lebih terlihat mulai masa pubertas ketika perubahan hormonal menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak.

Pori-pori yang terbuka dan kotor seringkali menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat atau komedo hitam. Pori-pori yang kurang terawat juga bisa bikin make up kamu lebih mudah rusak alias nggak nempel!

Tersumbatnya pori-pori akibat debu dan kotoran memang nggak bisa kita hindari ya, Diazens. Apalagi untuk kamu yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah. Namun, kamu bisa meminimalisir dampak pori-pori kotor dengan menggunakan berbagai produk untuk mengecilkan pori-pori kulit, termasuk serum yang dirancang khusus untuk mengurangi tampilan pori yang membesar, menghindari penyebab pori-pori membesar hingga membersihkan pori-pori.

Apa aja sih rekomendasi produknya?

2 dari 4 halaman

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - Somethinc Hyalopore Away Solution © Diadona

Somethinc Hyalopore Away Solution 

Menghempas permasalahan pori besar dan kulit berminyak, Somethinc Hyalopore Away Solution merawat kulit dengan bahan-bahan vegan, seperti Cleome Gyanandra Leaf Extract, Zinc PCA, Mastic Gum, dan lainnya.

Serum ini juga teruji klinis bisa meredakan kemerahan dan membantu mengontrol sebum berlebih di kulit, sehingga pori-pori tampak kecil dan bersih! 

Harga : Rp119.000

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - Some By Mi Super Matcha Pore Tightening Serum © Diadona

Some By Mi Super Matcha Pore Tightening Serum 

Punya satu set skincare merawat pori-pori besar, serum Some By Mi mengandung matcha dan BHA alami yang cocok untuk mengecilkan pori. Membersihkan sebum dan residu kotoran di kulit, pori-pori akan terlihat lebih kecil dan elastis.

Gunakan serum setelah membersihkan wajah. Kalau kamu tertarik untuk membeli 1 set perawatan pori-pori dari Some By Mi, kamu bisa gunakan serum setelah mengaplikasikan masker dan toner dari rangkaian skincare ini.

Harga : Rp144.000

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - AZARINE Pore Tightening & Oil Control Moist Serum © Diadona

AZARINE Pore Tightening & Oil Control Moist Serum

Diformulasikan dengan patented ingredients yang teruji klinis mampu mengurangi minyak di wajah tanpa membuat kering. Penggunaan secara ruti mampu mengecilkan pori dalam 4 minggu, lho!

Selain sebagai serum untuk mengecilkan pori-pori, Azarine Pore Tightening & Oil Control Moist Serum juga punya manfaat mampu mengontrol minyak berlebih di kulit selama 6 jam juga mengandung anti bakteri.

Harga : Rp. 49.000

3 dari 4 halaman

Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2 Persen dan Zinc © Diadona

Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Serum yang diformulasi khusus untuk mengatasi masalah jerawat dan blackhead ini masuk ke salah satu rekomendasi serum untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan Salicylic Acid 2% dan Zinc dapat mengeksfoliasi dan membersihkan sel kulit mati ke dalam pori-pori dan menjaga produksi minyak di kulit kamu.

Gunakan serum dengan cara mengoleskannya ke wajah di pagi dan malam hari. Pijat kulit secara perlahan hingga serum meresap sempurna!

Harga : Rp125.000

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - SKIN1004 Madagascar Centella Promizing Fresh Ampoule © Diadona

SKIN1004 Madagascar Centella Promizing Fresh Ampoule

Mengandung Peptide 9 Complex, 50% Ekstrak Centela Asiatica dan Himalayan Pink Salt, Madagascar Centella Promizing Fresh Ampoule milik SKIN1004 ini mendukung kulit membentuk skin barrier alami dengan meningkatkan kepadatan kulit dan membersihkan kotoran pada pori-pori.

Kamu bisa gunakan serum dengan cara meneteskan sejumlah serum ke tangan, lalu ratakan ke wajah sambil pijat secara lembut untuk membantu penyerapan.

Harga : Rp80.000 

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - Hanasui Power MiniPore Serum © Diadona

Hanasui Power MiniPore Serum 

Serum untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi whitehead serta blackhead, Hanasui MiniPore Serum ini bisa kamu dapatkan hanya dengan 25 ribu aja loh Diazens! Dengan Powerful Nanovetores Technology dan Nano Activenya bisa meringkas atau mengecilkan  pori dan mengurangi pertumbuhan komedo serta menghaluskan tekstur kulit wajah kamu. 

Gunakan serum dengan mengoleskannya ke seluruh wajah hingga leher. Tunggu sampai serum meresap, lalu lanjutkan ke step skincaremu berikutnya!

Harga : Rp25.000

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - ELFORMULA Intensive Peeling Solution AHA BHA  PHA © Diadona

ELFORMULA Intensive Peeling Solution AHA BHA  PHA

Chemical peeling yang viral ini bisa diklaim bisa menyamarkan pori-pori kamu dalam satu malam! Diformulasi dengan asam AHA BHA PHA yang rendah dan stabil, kamu bisa gunakan serum ini di seluruh jenis kulit. 

Gunakan serum selama 60 detik, lalu bilas dengan air bersih. Kandungan tambahan seperti Centela Asiatica, Japanese Knotweed, Licorice, dan lain-lain membantu mencerahkan wajah dan mengontrol minyak pada wajah.

Harga : Rp127.000

4 dari 4 halaman

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - Innisfree Whitening Pore Synergy Serum © Diadona

Inisfree Whitening Pore Synergy Serum 

Synergy serum dengan ampoule yang membantu mencerahkan, menyamarkan noda, dan merawat tekstur kulit dari dalam sehingga kulit nampak cerah berseri.

Serum ini punya kandungan perasan jeruk yang bisa bikin kulit segar dan nampak lebih cerah. Mengandung 6 macam citrus flavonocide yang merawat kulit kusam, warna kulit tidak merata, serta merawat pori-pori kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersinar.

Nah, namanya adalah Whitening Pore Synergy Serum karena kandungan bahannya mampu mencerahkan kulit kusam, menghambat perkembangan melanin untuk meratakan warna kulit dan mencerahkan noda hitam, serta merawat pori-pori untuk hasil kulit yang lembut dan mulus.

Harga : Rp475.000

Serum untuk Mengecilkan Pori-pori - Wardah Purifying Facial Serum © Diadona

Wardah Purifying Facial Serum

Merupakan serum berkonsentrasi tinggi yang mengandung Seaweed Extract dan Wicth Hazel Extract yang melembabkan sekaligus meringkas pori. Masalah kulit berminyak bakalan hilang dengan serum ini, ditambah kandungan active astringent yang dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Harga : Rp47.500

Ertos Pore Minimizer Serum © Diadona

Erto’s Pore Minimizer Serum

Ertos pore minimizer kayaknya nih nggak cuman serum untuk mengecilkan pori-pori dan menjaga pori biar tetpa bersih, sebab juga mengandung vitamin A yang bisa mencegah terjadinya kulit kendur.

Vitamin A nya merupakan antioksidan untuk membantu melawan tanda penuaan pada kulit. Digunakan secara teratur, Ertos pore minimizer mampu membangkitkan elastisitas pada dinding pori-pori sehingga menghasilkan kulit yang kencang, lembap, lembut, bersinar, dan memiliki tekstur yang lebih baik.

Harga : Rp120.000

Nah, itu dia rekomendasi serum mengecilkan pori-pori. Dari yang murah sampai yang mahal, kira-kira kamu paling cocok yang mana nih, Diazens?

Menggunakan serum mengecilkan pori-pori juga harus disesuaikan dengan keadaan kulitmu. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari pemakaian serum dengan kandungan asam yang berlebihan untuk menjaga kulit kamu. 

Jangan lupa, hidrasi adalah kunci! Padukan serum pengecil pori-pori dengan moisturizer yang sesuai untuk mendapatkan kulit yang bersih dan glowing bebas pori-pori tersumbat!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar