4 Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang, Gampang Banget!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 13 April 2023 14:08
4 Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang, Gampang Banget!
Nggak perlu panik, gini cara mengembalikan akun IG yang hilang!

Banyak pengguna media sosial, khususnya Instagram, yang sering kehilangan akun mereka, entah itu karena ter-hack atau terblokir. Saat hal tersebut terjadi, banyak yang merasa panik dan cenderung bertindak impulsif sehingga akun mereka tidak dapat diselamatkan.

Namun, ada kabar baik bagi para pengguna Instagram yang kehilangan akun mereka. Ternyata ada cara untuk mengembalikan akun yang hilang. Jika akun Instagram dihapus, diretas, atau hilang, kamu masih dapat mengembalikannya dengan cara tertentu. Ada beberapa cara untuk mengatasi akun Instagram yang hilang atau terblokir yang dapat kamu pelajari dalam ulasan ini. Artikel ini telah mengumpulkan beberapa cara untuk mengembalikan akun yang hilang tersebut. Jadi, jika kamu ingin tahu lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini.

1 dari 8 halaman

Instagram adalah

Instagram adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Diluncurkan pada tahun 2010, Instagram awalnya hanya tersedia untuk pengguna iOS, tetapi sekarang tersedia di platform Android dan web.

Instagram sangat populer di kalangan masyarakat global, terutama kalangan muda, dan telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di dunia dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya. Instagram juga memiliki fitur seperti Direct Messaging (DM), Reels, IGTV, dan masih banyak lagi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan terhubung dengan pengguna lain di seluruh dunia.

2 dari 8 halaman

Hal-Hal yang Memungkinkan Akun Instagram Bisa Hilang

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang © Diadona

Berikut adalah aturan-aturan yang harus kamu patuhi agar tidak melanggar peraturan Instagram:

  1. Usia minimal untuk menggunakan Instagram adalah 13 tahun atau sesuai dengan batas usia yang berlaku di negara kamu.

  2. Tidak diperbolehkan untuk memposting konten yang bersifat pornografi atau dewasa.

  3. Kamu bertanggung jawab atas setiap aktivitas yang dilakukan di akun Instagram-mu.

  4. Kamu tidak diperbolehkan meniru akun orang lain atau memberikan informasi palsu.

  5. Kamu harus menjaga kerahasiaan kata sandi akun Instagram-mu.

  6. Tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan, menghina, mengancam, atau mengintimidasi pengguna lain di Instagram.

  7. Tidak diperbolehkan menggunakan Instagram untuk tujuan ilegal atau tidak sah. Kamu harus mematuhi hukum internasional dan setiap hukum yang berlaku di negara kamu tentang perilaku online dan konten yang dapat diterima.

  8. Kamu bertanggung jawab penuh atas setiap konten yang diposting di akun Instagram-mu.

  9. Tidak diperbolehkan memodifikasi, mengadaptasi, atau meretas Instagram atau situs web lain dengan maksud untuk menipu orang bahwa itu terkait dengan Instagram.

  10. Tidak diperbolehkan membuat komentar yang berulang-ulang atau berujung spam.

  11. Tidak diperbolehkan mengirimkan virus, worm, atau kode berbahaya lainnya ke sistem orang lain.

  12. Kamu tidak diperbolehkan melanggar undang-undang hak cipta atau undang-undang lainnya yang berlaku saat menggunakan Instagram.

 

3 dari 8 halaman

Syarat Mengembalikan Akun IG yang Hilang karena Diretas

Sebelum melakukan upaya untuk mengembalikan akun Instagram yang hilang, perlu diperhatikan beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi. Tiga syarat utama yang harus dipenuhi untuk mengembalikan akun Instagram yang dihapus adalah sebagai berikut:

  1. Akun dihapus oleh pemilik akun sendiri, bukan oleh Instagram. Artinya, jika akun dihapus oleh Instagram karena melanggar aturan atau kebijakan, akun tersebut tidak dapat dipulihkan.

  2. Akun yang dihapus masih berada dalam jangka waktu 30 hari sejak tanggal penghapusan. Jika sudah lebih dari 30 hari, maka akun tersebut tidak dapat dipulihkan lagi.

  3. Pemilik akun harus memiliki akses ke email atau nomor telepon yang terdaftar pada akun Instagram tersebut.

Jika ketiga syarat tersebut terpenuhi, maka ada kemungkinan untuk mengembalikan akun Instagram yang hilang. Namun, jika salah satu atau semua syarat tidak terpenuhi, maka kemungkinan besar akun tersebut tidak dapat dipulihkan.

4 dari 8 halaman

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang © Diadona

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan akun Instagram yang hilang apabila akun tersebut dihapus oleh pemilik akun sendiri:

  1. Buka Aplikasi Instagram Pertama, buka aplikasi Instagram pada ponsel atau buka situs Instagram pada browser web.

  2. Login ke Akun yang Ingin Dipulihkan Lakukan login dengan menggunakan akun Instagram yang ingin dipulihkan.

  3. Pilih Opsi untuk Mengembalikan Akun Setelah berhasil login, Instagram akan menampilkan pesan " Ingin Terus Menggunakan Akun Ini?" . Pilih opsi Biarkan Akun untuk mengembalikan akun Instagram yang telah dihapus secara permanen.

5 dari 8 halaman

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang karena Diretas

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang © Diadona

Jika akun Instagram hilang dan terhapus karena diretas, kamu bisa mengembalikannya melalui Instagram Help. Berikut cara lengkapnya.

  • Pertama, buka situs help.instagram.com
  • Kemudian, pilih menu Privacy & Safety
  • Selanjutnya pilih Report Something, lalu Hacked Account
  • Pilih opsi " I Think my account has been hacked" , setelah itu pilih Report it to us.

Setelah melaporkan bahwa akun Instagram kamu diretas orang lain, selanjutnya perhatikan hal-hal berikut ini.
 

  • Akun Instagram akan Hilang

Setelah melaporkan bahwa akun Instagram kamu diretas orang lain, selanjutnya perhatikan hal-hal berikut ini.

  • Rutin Cek Email

Untuk mengetahui tanggapan dari Instagram, periksa kotak masuk email pribadi kamu. Instagram akan mengirimkan instruksi lengkap melalui email tersebut. Salah satu contoh instruksi adalah menuliskan nama akun, nama lengkap, dan kata sandi di atas kertas putih. Selanjutnya, Instagram akan meminta untuk mengambil foto wajah kamu dengan memegang kertas putih tersebut sebagai bukti bahwa kamu adalah pemilik akun yang sah. Kemudian, kamu perlu mengirimkan foto dan kertas yang telah ditulis tadi ke alamat email yang telah diberikan oleh Instagram.

Setelah proses verifikasi selesai, akun Instagram yang dilaporkan akan dapat diakses kembali dan muncul dalam kolom pencarian. Namun, jika terdapat pelanggaran padada akun tersebut, Instagram masih berhak untuk memblokir atau menghapus akun tersebut.

 

6 dari 8 halaman

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang Setelah Dinonaktifkan

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang © Diadona

Setelah mengetahui aturan-aturan yang berlaku di Instagram, langkah selanjutnya adalah memeriksa kembali apakah terdapat postingan yang melanggar aturan tersebut. Namun, jika tidak ada postingan yang melanggar, mungkin ada masalah lain yang menyebabkan akunmu hilang. Berikut cara mengembalikan akun Instagram yang hilang:

  1. Kunjungi situs Instagram Help Center atau klik tautan yang tersedia.

  2. Isi data yang diminta pada kolom yang tersedia.

  3. Jelaskan alasan mengapa kamu meminta untuk mengembalikan akunmu dengan meyakinkan pihak Instagram.

  4. Jika kamu tidak mengetahui penyebab hilangnya akunmu, tanyakan kepada pihak Instagram.

  5. Namun, jika kamu telah melakukan pelanggaran, jelaskan bahwa pelanggaran tersebut tidak disengaja dan merupakan kesalahan sistem.

  6. Instagram mungkin akan meminta foto dirimu sebagai verifikasi akunmu dan memastikan bahwa pernyataan yang kamu berikan benar adanya.

  7. Bersabarlah menunggu, karena proses pelaporan membutuhkan waktu beberapa hari.

Setelah proses verifikasi selesai, akun Instagram yang hilang akan kembali aktif dan bisa diakses kembali.

7 dari 8 halaman

Terima kasih telah membaca artikel ini. Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku di Instagram agar akunmu tidak hilang. Jangan lupa untuk melakukan backup data akunmu secara rutin agar tidak kehilangan data penting jika terjadi masalah dengan akunmu di kemudian hari. Semoga berhasil mengembalikan akun Instagrammu yang hilang.

Beri Komentar