Mengenal Protection Visa Australia yang Dimiliki Awbimax Buntut Kasus Kritik Lampung

Reporter : Riza Umami
Kamis, 13 April 2023 19:50
Mengenal Protection Visa Australia yang Dimiliki Awbimax Buntut Kasus Kritik Lampung
Apa itu protection visa, syarat dan cara pengajuannya.

Banyak orang yang mencari tahu tentang istilah Visa Protection Australia, yang juga dikenal sebagai visa perlindungan Australia. Hal ini usai seorang TikToker dengan akun @awbimaxreborn yang membahas "Alasan Lampung Enggak Maju-Maju" dilaporkan ke polisi atas tuduhan pencemaran nama baik.

Bima Yudho Saputra adalah pemilik akun tersebut yang sedang menyelesaikan pendidikan program Diploma Pemasaran Digital, Komunikasi Digital, dan Media/Multimedia di Perguruan Tinggi Intelijen Bisnis Australia. Ia menyebutkan tentang Visa Protection Australia yang memberinya beberapa keuntungan.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Protection Visa Australia?

Visa adalah © Diadona

Protection Visa Australia, atau visa perlindungan Australia, adalah jenis visa yang diberikan kepada orang-orang yang memenuhi syarat sebagai pengungsi atau mereka yang memerlukan perlindungan internasional di Australia.

Visa ini memberikan perlindungan dari penganiayaan, kekerasan, atau diskriminasi yang dapat mengancam keselamatan dan kesejahteraan seseorang di negara asalnya.

Dikutip dari laman resmi pemerintah Australia tentang imigrasi dan visa, untuk mengajukan visa yang satu ini, dikenakan biaya sebesar 40 dolar Australia atau yang setara dengan Rp397 ribu.

2 dari 4 halaman

Keuntungan Pemegang Protection Visa Australia

Protection Visa © Diadona

Dilansir dari laman liputan6.com (13/4), pemegang Visa Protection Australia dapat menikmati sejumlah keuntungan, di antaranya yaitu:

  • Tinggal, belajar dan bekerja di Australia secara permanen.
  • Mengakses layanan pemerintah seperti Mediacare (kesehatan) dan Centrelink (finansial), sehingga pemegang visa ini dapat memperoleh perlindungan kesehatan dan dukungan finansial dari pemerintah Australia.
  • Mensponsori anggota keluarga yang memenuhi syarat untuk tempat tinggal permanen melalui program kemanusiaan lepas pantai, memungkinkan untuk bersama-sama menikmati hidup di Australia.
  • Bepergian ke dan dari Australia selama 5 tahun, memberi fleksibilitas dalam melakukan perjalanan ke negara asal atau ke negara lain selama jangka waktu yang ditentukan.
  • Jika memenuhi syarat menjadi warga negara Australia, mereka dapat menghadiri kelas bahasa Inggris secara gratis, mempermudah adaptasi dengan masyarakat Australia.

3 dari 4 halaman

Syarat untuk Ajukan Protection Visa Australia

Visa adalah © Diadona

Berikut adalah beberapa syarat untuk mengajukan Protection Visa Australia:

  • Keadaan Genting: Calon pemohon Protection Visa Australia harus berada dalam keadaan yang genting dan tidak dapat kembali ke negara asalnya karena takut dianiaya atau terancam keselamatannya.
  • Kepastian Nasional: Calon pemohon Protection Visa Australia harus tidak dapat memperoleh perlindungan dari negara asalnya.
  • Konsistensi Kepentingan Nasional: Pemerintah Australia mempertimbangkan konsistensi kepentingan nasional dalam memberikan perlindungan bagi calon pemohon Protection Visa Australia.
  • Tidak Ada Ancaman Keamanan: Calon pemohon Protection Visa Australia harus tidak dianggap sebagai ancaman keamanan bagi Australia.
  • Dokumen Pendukung: Calon pemohon Protection Visa Australia harus menyediakan dokumen yang dapat mendukung klaimnya tentang risiko yang dihadapinya di negara asalnya.
  • Masa Berlaku Paspor: Calon pemohon Protection Visa Australia harus memiliki paspor yang masih berlaku dan memenuhi persyaratan imigrasi Australia.
  • Biaya Aplikasi: Calon pemohon Protection Visa Australia harus membayar biaya aplikasi Protection Visa Australia.

4 dari 4 halaman

Cara Mendaftar Protection Visa Australia

Visa adalah © Diadona

Nah, ini nih beberapa cara untuk mendaftar Protection Visa Australia yang disebut-sebut oleh TikToker @awbimaxreborn usai dilaporkan ke polisi.

  1. Persiapkan dokumen: Persiapkan dokumen pendukung seperti paspor yang masih berlaku, dokumen identitas, serta bukti-bukti yang mendukung klaim tentang risiko yang dihadapi di negara asal.
  2. Kunjungi situs resmi: Kunjungi situs resmi Departemen Imigrasi Australia untuk mempelajari persyaratan dan mengunduh formulir aplikasi Protection Visa Australia.
  3. Isi formulir aplikasi: Isi formulir aplikasi Protection Visa Australia dengan lengkap dan jujur, dan pastikan tidak ada informasi yang disembunyikan atau ditutup-tutupi.
  4. Sertakan dokumen pendukung: Sertakan dokumen pendukung yang diminta dalam formulir aplikasi Protection Visa Australia.
  5. Kirim aplikasi: Setelah formulir aplikasi dan dokumen pendukung selesai diisi, kirim aplikasi ke alamat yang tertera dalam formulir aplikasi Protection Visa Australia.
  6. Tunggu keputusan: Setelah aplikasi Protection Visa Australia dikirim, tunggu keputusan dari pihak Departemen Imigrasi Australia. Proses pengajuan Protection Visa Australia membutuhkan waktu sekitar 90 hari setelah diajukan, namun dapat memakan waktu lebih lama jika terdapat data dan dokumen yang tidak lengkap.
  7. Hadiri wawancara: Calon pemohon Protection Visa Australia dapat diwawancarai oleh pihak Departemen Imigrasi Australia untuk memperoleh informasi tambahan tentang klaim mereka.
  8. Periksa status aplikasi: Calon pemohon Protection Visa Australia dapat memeriksa status aplikasi mereka secara online melalui situs web Departemen Imigrasi Australia.

Menurut laporan dari Kementerian Dalam Negeri Australia, ada sebanyak 278 WNI yang mengajukan Protection Visa Australia sepanjang tahun 2021 sampai 2022. Itulah ulasan tentang Protection Visa Australia yang kini tengah dibicarakan sejumlah netizen. Gimana nih menurut Diazens?

Beri Komentar