6 Tips Membuat Banana Split Homemade, Sajian Dessert Menyegarkan dengan Rasa dan Tampilan yang Menggugah Selera!

Reporter : Arifina
Selasa, 9 Januari 2024 16:00
6 Tips Membuat Banana Split Homemade, Sajian Dessert Menyegarkan dengan Rasa dan Tampilan yang Menggugah Selera!
Dessert dengan tampilan menyegarkan satu ini ternyata buatnya mudah banget lho!

Tips membuat banana split homemade dengan berbagai pilihan rasa es krim yang memikat ternyata tidak sulit lho! Banana split adalah salah satu dessert klasik yang populer di seluruh dunia.

Banana split hadir dengan kombinasi lezat dari pisang dan campuran es krim, saus cokelat, kacang, cherry, dan berbagai variasi topping lainnya. Menu dessert menyegarkan ini cocok dinikmati saat cuaca panas atau sebagai hidangan penutup.

Perpaduan dari potongan pisang yang manis, dan deretan topping lezat menyatu dalam satu sajian yang manis menyegarkan membuat banana split banyak difavoritkan oleh berbagai kalangan. Selain bisa dinikmati saat di restoran, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho!

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah dan praktis. Mulai dari pemilihan buah pisang yang matang sempurna, dan berbagai variasi es krim hingga topping yang beragam akan menghasilkan hidangan olahan pisang yang lezat juga menggoda mata. Simak langsung tips membuatnya berikut!

1 dari 6 halaman

Pilih Pisang yang Matang Sempurna

Tips Membuat Banana Split Homemade © Diadona

Pemilihan pisang yang tepat menjadi kunci utama pembuatan banan split yang nikmat. Sehingga, pastikan kamu memilih jenis buah pisang yang matang sempurna dan masih segar ya!

Pastikan juga pisang yang kamu pilih  tidak terlalu lembek atau keras. Dengan begitu, pisang bisa dipotong untuk penyajian yang baik dan utuh tanpa mudah hancur.

Sebenarnya untuk membuat banana split bisa menggunakan jenis pisang apa saja. Namun, jika kamu ragu, gunakan saja jenis buah pisang raja.

Pisang jenis ini memiliki cita rasa manis dan tekstur lembut, sehingga membuat hidangan lebih enak dan lezat.

2 dari 6 halaman

Siapkan Variasi Es Krim

Salah satu yang membuat hidangan banana split menarik dan nikmat adalah pemberian topping es krim. Alih-alih hanya menggunakan satu rasa, maka siapkan berbagai variasi es krim untuk dessert satu ini.

Kamu bisa memilih es krim rasa vanilla, coklat, stroberi, atau berbagai rasa es krim lainnya.  Dengan tambahan variasi es krim, maka banana split akan menghadirkan rasa yang bermacam-macam dan lebih menyegarkan.

Tidak hanya semakin lezat, berbagai rasa es krim ini juga akan memberikan sentuhan visual yang menarik dalam penyajian hidangan banana split. Tampilan yang menggugah selera menjadikan dessert satu ini semakin nikmat banget!

3 dari 6 halaman

Tambahkan Topping Kacang-Kacangan

Tips Membuat Banana Split Homemade © Diadona

Untuk menjadikan tampilan dan rasa semakin bervarisai, kamu bisa menambahkan topping kacang-kacangan pada menu banana split.  Pilihan jenis kacang mete, kacang almond, atau kacang pecan membuat hidangan semakin menarik.

Kacang-kacangan memiliki rasa gurih yang kontras dengan rasa manis dari pisang dan es krim. Sehingga, perpaduan rasa dan tekstur saat menyantap banana split semakin lezat.

4 dari 6 halaman

Gunakan Potongan Buah Segar

Sensasi menikmati sajian banana split akan semakin lezat jika kamu menambahkan buah-buahan segar di atasnya lho! Kamu bisa menambahkan potongan buah seperti stroberi, blueberry, ceri, atau potongan buah lain yang membuat hidangan banana split menjadi lebih manis dan menyegarkan.

Rasa asam segar dari buah-buahan memberikan variasi rasa yang berbeda dengan manisnya buah pisang atau es krim. Selain itu, berbagai variasi buah ini  juga dapat menambah asupan vitamin dan mineral tambahan pada hidangan banana split.

5 dari 6 halaman

Beri Cairan Saus

Tips Membuat Banana Split Homemade © Diadona

Untuk menambah kenikmatan pada sajian banana split, kamu perlu juga menambahkan cairan saus manis. Biasanya, saur yang digunakan untuk hidangan ini seperti saus coklat, stroberi, mangga, ataupun lainnya.

Rasa saus yang enak dapat menciptakan perpaduan rasa yang lebih kompleks pada hidangan banana split homemade. Cairan saus pada banana split juga dapat memberikan kombinasi tampilan yang menarik pada banana split.

Tak hanya itu, saus yang dicampurkan pada banana split juga akan menambah aroma semakin lezat.

6 dari 6 halaman

Sajikan dengan Kreatif dan Menarik

Hal yang juga perlu diperhatikan saat membuat hidangan dessert satu ini adalah tahapan penyajian. Dalam hal ini, kamu bisa menyajikan banana split dengan tampilan menarik agar semakin nikmat saat disantap.

Penyajian berperan penting dalam membuat banana split terlihat menggoda. Gunakan piring atau mangkuk khusus untuk es krim, dan susun pisang dan topping dengan rapi agar terlihat menggugah selera.

Dengan mengikuti tips membuat banana split homemade ini, kamu bisa menikmati sajian dessert segar dan manis ini sendiri di rumah. Selamat mencoba ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar