Resep Cromboloni Super Lumer dan Crunchy yang Lagi Viral, Cukup Pakai 3 Bahan!

Reporter : Arifina
Kamis, 7 Desember 2023 14:37
Resep Cromboloni Super Lumer dan Crunchy yang Lagi Viral, Cukup Pakai 3 Bahan!
Ternyata resep kue viral cromboloni ini bisa kamu buat cukup dengan tiga bahan aja!

Resep cromboloni bisa kamu jadikan andalan membuat camilan kue yang menarik di rumah nih! Cromboloni saat ini menjadi salah satu jenis pastry tengah populer belakangan ini.

Camilan pastry satu ini hadir dengan perpaduan antara croissant dan bomboloni. Adonan croissant yang renyah di luar dan isian krim yang lembut di dalam membuat cromboloni jadi salah satu camilan yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Cromboloni memiliki bentuk yang unik, yaitu berupa lingkaran puff pastry besar dengan isian krim di bagian tengahnya. Pastry ini biasanya disajikan sebagai camilan atau dessert.

1 dari 6 halaman

Resep Cromboloni © Diadona

Kamu bisa menikmati sajian cromboloni sebagai teman minum teh atau kopi. Menu ini juga cocok untuk disajikan di acara-acara tertentu lho, seperti pesta ulang tahun.

Selain banyak dijumopai di toko-toko kue ataupun cafe, kamu bisa lho membuat cromboloni sendiri di rumah. Cara pembuatan dan bahan-bahannya pun cukup mudah lho!

Yuk, simak resep cromboloni berikut dilansir dari berbagai sumber!

2 dari 6 halaman

Resep Cromboloni

Bahan-Bahan:

  • 1 telur, ambil bagian kuningnya
  • Susu UHT secukupnya
  • Puff pastry instan

Bahan Krim Coklat:

  • 350 ml susu cair full cream
  • 60 gram gula pasir
  • 4 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 20 gram tepung maizena
  • 85 gram dark chocolate, cincang kasar
  • 30 gram mentega tawar

Catatan: untuk isian kamu bisa gunakan selai atau krim berbagai rasa sesuai selera (Coklat, matcha, strawberry, dan lainnya)

Topping sesuaikan dengan selera (dark chocolate. chocochips, kismis, almond panggang, dan lainnya)

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Cromboloni

Pertama, untuk membuat cromboloni utamakan dahulu membuat isian krim. Kamu bisa menentukan isian sesuai selera, misalnya krim coklat, krim strawberry, krim matcha, atau yang lainnya.

Sebagai contoh, pada resep ini akan dibuat jenis krim coklat untuk isian cromboloni ya!

Cara membuat krim coklatnya, pertama kocok kuning telur, gula, dan maizena hingga merata.

4 dari 6 halaman

Resep Cromboloni © Diadona

Kemudian, panaskan panci untuk merebus susu dan gula yang tersisa, aduk hingga merata dan mendidih ya. Setelah prosesnya selesai, angkat dan tiriskan.

Langkah berikutnya, campurkan susu panas dengan adonan telur, aduk dengan cepat. Masukkan ke panci, lalu masak hingga adonan kental. Selanjutnya, masukkan cokelat yang telah dicincang kasar dan mentega, aduk-aduk kembali hingga merata. Angkat dan dinginkan terlabih dulu di kulkas.

Nah, proses pembuatan isian krim selesai, kini saatnya membuat cromboloni.

Pertama, siapkan puff pastry instan dan ambil sebanyak dua lembar.  Gabungkan puff pastry tersebut dari ujung ke ujung dan potong-potong panjang menjadi lima bagian.

Gulung puff pastry yang sudah dipotong hingga berbentuk gulungan gemuk ya! Kemudian, siapkan kuning telur dan susu UHT dan aduk hingga rata.

5 dari 6 halaman

Langkah berikutnya, oles adonan puff pastry yang sudah digulung dengan kuning telur dan susu UHT. Selanjutnya masuk ke proses pemanggangan nih!

Siapkan dulu loyang dan oven, lalu masukkan gulungan puff pastry. Panggang gulungan puff pastry di oven dengan panas 200 derajat celcius selama 20 menit. kemudian cek, dan cromboloni sudah jadi.

Setelah diangkat dari oven, ambil cromboloni dan masukkan krim cokelt dengan caa melubanginya dari samping.

Resep Cromboloni © Diadona

Masukkan krim cokelat atau krim yang ingin kamu gunakan hingga meluber ke luar cromboloni. Tambahkan pula cokelat cair sebagai pemanis dan juga topping yang kamu inginkan ya! Diamkan sejenak hingga cokelat di luarnya mengeras, dan cromboloni siap untuk dimakan.

Itulah resep cromboloni yang tengah populer belakangan ini. Buat cromboloni dengan isian krim dan topping sesuai selera kamu agar makin nikmat. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar