8 Tips Memasak Ayam Serundeng, Dijamin Gurih dan Nikmat Banget!

Reporter : Diba
Senin, 25 September 2023 16:07
8 Tips Memasak Ayam Serundeng, Dijamin Gurih dan Nikmat Banget!
Mau masak ayam tapi bosen dengan menu yang itu-itu aja? Cobain nih masak ayam serundeng yang rasanya gak kalah enak!

Tips memasak ayam serundeng bisa kamu coba untuk membuat menu olahan masakan ayam yang berbeda dari biasanya. Ayam serundeng yang dimasak dengan campuran rempah-rempah dan parutan kelapa serta lengkuas yang digoreng menambah selera saat memakannya lho!

Menu makanan ayam serundeng biasanya disajikan bersama nasi hangat, lalapan, dan sambal. Makanan satu ini cocok dimakan kapanpun, baik sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Ayam serundeng merupakan hidangan populer yang digemari banyak masyarakat Indonesia karena cita rasanya yang enak. Gurihnya ayam dan renyahnya tekstur serundeng ini menciptakan perpaduan rasa yang kaya akan rempah-rempah, unik, dan lezat.

1 dari 9 halaman

Tips Memasak Ayam Serundeng © Diadona

Selain itu, aromanya yang khas dan harum semakin menggugah selera untuk memakan hidangan olahan ayam ini.

Cara membuat ayam serundeng pun terbilang cukup mudah, namun perlu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil masakan menjadi lebih enak dan lezat. Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak ayam serundeng, yuk simak!

2 dari 9 halaman

Gunakan Kelapa Parut yang Kasar

Kelapa parut merupakan salah satu bahan utama pembuatan ayam serundeng. Bahan ini pula yang berperan sebagai bahan yang memberikan tekstur dan rasa gurih pada serundeng.

Pada saat membuat ayam serundeng, sebaiknya gunakanlah kelapa parut yang kasar atau yang hasil parutannya tidak terlalu halus. Karena olahan ini dapat menghasilkan serundeng yang lebih baik dan tidak hancur saat dimasak apabila dibandingkan dengan kelapa parut yang halus.

Selain itu, kelapa parut yang kasar juga memiliki tekstur yang lebih renyah saat digoreng.

3 dari 9 halaman

Pastikan Menambahkan Kemiri

Tips Memasak Ayam Serundeng © Diadona

Biasanya saat memasak ayam serundeng, selain menggunakan kelapa parut sebagai serundengnya ternyata kalian juga bisa menambahkan kemiri lho.

Caranya gampang, haluskan kemiri menggunakan blender lalu campurkan saat sedang memasak bersamaan dengan kelapa parut. Penambahan kemiri bertujuan agar aroma ayam serundeng tidak terlalu dominan bau kelapa. Selain itu, kemiri juga dapat membuat rasa ayam serundeng semakin gurih dan lezat.

4 dari 9 halaman

Gunakan Lengkuas Parut

Lengkuas menjadi salah satu bahan untuk membuat ayam goreng serundeng. Namun dalam beberapa resep, tidak semua menggunakan lengkuas yang diparut.

Biasanya lengkuas dihaluskan dengan bahan-bahan lain untuk dijadikan bumbu. Ternyata lengkuas juga bisa digunakan sebagai penambah tekstur serundeng dengan cara diparut.

Lengkuas dapat membuat hidangan menjadi semakin lezat dan menggugah selera karena aroma dan rasanya yang khas menyegarkan dan harum.

Pada saat memasak ayam serundeng, sebaiknya masukkan lengkuas, daun salam, dan serai setelah bumbu halus yang ditumis mengering dan minyaknya keluar. Biasanya kebanyakan orang memasukkan ketiga bahan tersebut di awal bersamaan saat menumis bumbu halus.

Memasukkan lengkuas, daun salam, dan serai di akhir bertujuan agar bumbu yang ditumis bisa matang dengan sempurna dan tidak menempel pada ketiga bahan tersebut.

5 dari 9 halaman

Pakai Wajan yang Besar

Tips Memasak Ayam Serundeng © Diadona

Peralatan yang digunakan saat memasak juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Terutama saat memasak makanan yang sekiranya membutuhkan wadah yang besar.

Saat memasak ayam serundeng ini, sebaiknya gunakanlah wajan yang berukuran besar. Wajan besar dapat menampung semua potongan ayam dan bahan untuk membuat ayam serundeng.

Selain itu, penggunaan wajan besar juga dapat memudahkan proses memasak karena lebih leluasa saat mengaduk bumbu dan ayam hingga matang dan menyerap sempurna.

6 dari 9 halaman

Masak dengan Api Kecil - Sedang Hingga Air Setengah Susut

Saat merebus ayam dan bumbu, gunakanlah api kecil atau sedang hingga airnya setengah menyusut. Hal ini bertujuan agar hasil ayamnya lebih empuk dan juicy saat digoreng.

Api yang kecil dapat membantu menghasilkan panas yang merata dibandingkan api besar sehingga daging ayam lebih merata matangnya dan bumbu akan terserap dengan sempurna. Selain itu, api kecil juga dapat membantu mencegah agar ayam tidak terlalu cepat gosong bagian luarnya sebelum bagian dalamnya matang.

7 dari 9 halaman

Pisahkan Ayam dan Serundeng

Tips Memasak Ayam Serundeng © Diadona

Jika ayam yang direbus sudah empuk, angkat dan sisihkan ayam dengan bumbu serundeng. Pemisahan ayam dan serundeng di awal ini bertujuan agar pada saat air bumbunya menyusut tidak ada serundeng yang menempel pada ayam.

Proses memasak ayam dan serundeng membutuhkan suhu api yang berbeda. Saat memasak ayam, api yang digunakan cenderung kecil-sedang. Namun saat memasak serundeng membutuhkan api besar agar proses penyusutan tidak terlalu lama.

8 dari 9 halaman

Masak Hingga Serundeng Kecoklatan

Saat proses menggoreng, gorenglah serundeng dengan api yang sedang karena jika api yang digunakan terlalu besar bisa menyebabkan serundeng menjadi gosong dan pahit. Selain itu, aduk-aduk terus serundeng saat digoreng agar matang dan keringnya lebih merata .

Setelah matang, saringlah serundeng di atas penyaringan dengan cara ditekan-tekan agar minyaknya keluar. Makanan yang terlalu berminyak akan menyebabkan rasa makanan berubah dan tidak baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

Gimana nih, Diazens? Mudah kan cara membuat ayam serundeng? Itulah tadi beberapa tips memasak ayam serundeng yang bisa kamu cobain di rumah. Menu ini cocok dibuat kalau lagi bingung mau masak ayam tapi bosen dengan menu itu-itu aja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar