8 Cara Merebus Kerang Dara, Anti Amis dan Mudah Dibuka

Reporter : Arifina
Selasa, 19 September 2023 18:17
8 Cara Merebus Kerang Dara, Anti  Amis dan Mudah Dibuka
Ternayata merebus kerang dara perlu trik khusus lho! Biar nggak bau amis dan mudah dibuka.

Cara merebus kerang dara bisa kamu coba di rumah saat akan mengolah masakan seafood yang satu ini. Kerang dara merupakan salah satu jenis kerang laut yang sering dimasak dan dikonsumsi oleh banyak orang.

Dilansir dari halodoc.com, kerang dara memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Antara lain, kalori, lemak, protein, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, dan zat besi.

Selain itu, mengkonsumsi kerang juga bisa menjaga kesehatan jantung, mengatasi anemia, dan menjaga fungsi sistem saraf.

1 dari 11 halaman

Cara Merebus Kerang Dara © Diadona

Memiliki ciri-ciri cangkang yang ramping dan oval, serta warnanya putih hingga kecoklatan, kerang dara dapat diolah menjadi berbagai variasi masakan lho! Di antaranya, kerang dara saus pedas, kerang dara saus padang, kerang dara balado, hingga kuah bening kerang dara.

Namun, mengkonsumsi kerang bisa menyebabkan keracunan apabila tidak benar cara mengolahnya. Berikut diadona.id rangkumkan cara merebus kerang dara agar tidak bau amis dan mudah dibuka, yuk simak!

2 dari 11 halaman

Gunakan Kerang yang Segar

Pada saat akan memasak kerang dara, gunakanlah kerang yang segar. Kerang dara yang masih segar memiliki ciri-ciri cangkang tertutup rapat, tidak berlendir, dan baunya masih khas aroma laut segar, bukan bau yang amis atau menyengat.

Cara memilih kerang dara yang segar juga bisa dilakukan dengan mengetukkan cangkangnya pada permukaan datar. Apabila cangkangnya pecah, berarti kerang tersebut sudah tidak segar.

Kerang yang segar akan menghasilkan rasa dan tekstur yang lebih enak daripada kerang yang tidak segar ketika dimasak.

3 dari 11 halaman

Bersihkan Kerang Terlebih Dahulu

Cara Merebus Kerang Dara © Diadona

Sebelum merebus kerang dara, pastikan untuk membersihkannya dengan tepat. Cuci cangkang kerang dengan menggunakan air mengalir, lalu sikat dan gosok perlahan cangkangnya hingga kotoran dan pasir yang menempel hilang.

Mencuci kerang dapat membantu mengurangi potensi terkontaminasi bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang menempel. Saat mencuci kerang, pastikan cangkangnya tidak terbuka karena kerang yang terbuka cangkangnya berarti sudah mati dan sebaiknya tidak dikonsumsi.

4 dari 11 halaman

Rendam dengan Air Es dan Garam

Cara lain untuk membersihkan kerang dara adalah merendamnya dengan air es dan garam. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kerang secara menyeluruh sebelum dimasak.

Rendam kerang dengan air es dan garam selama sekitar 30 menit hingga 1 jam. Setelah selesai direndam, cuci bersih kembali kerang dengan air mengalir.

Air dan garam dapat membantu mengeluarkan kotoran dan pasir yang menempel pada cangkang kerang. Selain itu, proses perendaman ini juga dapat membantu menghilangkan bau amis pada kerang sehingga rasanya lebih segar dan lezat saat dimasak.

5 dari 11 halaman

Beri Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Cara Merebus Kerang Dara © Diadona

Selain menggunakan air es dan garam, kamu juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amis pada kerang dara. Caranya pun sama, cukup merendamnya saja kurang lebih selama 30 menit.

Setelah selesai direndam, cuci bilas kerang hingga bersih. Air perasan jeruk nipis atau lemon bersifat asam dapat membantu melarutkan kotoran dan pasir yang menempel pada cangkang kerang.

6 dari 11 halaman

Pastikan Merebus Kerang dengan Tepat

Ada dua cara untuk melakukan proses perebusan kerang dara. Cara yang pertama, merebus kerang tanpa menambahkan air.

Kerang dara memiliki kandungan air sehingga pada saat direbus, air akan keluar dan mendidih. Setelah itu, balik dan aduk kerang kemudian tutup kembali dan rebus hingga semua cangkang kerang terbuka.

Hal tersebut bertujuan agar cangkang kerang lebih mudah terbuka dengan sendirinya sehingga tidak perlu menggunakan pisau untuk membukanya.

7 dari 11 halaman

Cara Merebus Kerang Dara © Diadona

Cara kedua, rebus kerang dara dengan bumbu yang telah disiapkan. Bumbu yang bisa digunakan adalah bawang putih, bawang merah, daun jeruk, jahe, dan serai.

Bumbu dapur ini dapat membantu menghilangkan bau amis pada kerang sehingga kerang lebih sedap dan nikmat saat disantap. Proses perebusan kerang juga tidak memerlukan waktu yang lama, cukup 5-10 menit saja ya!

8 dari 11 halaman

Gunakan Api Sedang

Saat memasak kerang dara, gunakanlah api sedang agar bisa matang merata dan dagingnya tidak keras saat dimakan. Memasak dengan api sedang dapat membantu bumbu meresap sempurna.

Kerang merupakan makanan laut yang cepat matangnya sehingga dengan menggunakan api sedang dapat membantu mencegah overcooked atau gosong.

9 dari 11 halaman

Jangan Masak Terlalu Lama

Cara Merebus Kerang Dara © Diadona

Waktu juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika memasak. Kerang dara merupakan makanan yang memasaknya tidak memerlukan waktu lama karena proses matangnya cepat.

Oleh karena itu, cukup masak kerang selama kurang lebih lima menit agar kerang matangnya merata dan dagingnya lembut dan empuk.

10 dari 11 halaman

Biarkan Wajan Tertutup

Selama proses perebusan atau pemasakan kerang, pastikan wajan tertutup rapat agar bisa matang secara sempurna dan menyeluruh. Dengan menutup wajan, uap panas di dalamnya akan meningkat sehingga kerang menjadi lebih cepat matang.

Apabila ingin melihat apakah kerang sudah matang atau belum, tidak perlu membuka tutup wajannya. Sebaiknya gunakan tutup yang transparan atau berbahan dasar kaca agar bisa dilihat dari luar.

Itulah beberapa cara merebus kerang dara yang bisa kamu terapkan saat akan memasak. Sekarang tidak perlu khawatir bau amis ataupun susah membuka cangkangnya lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar