7 Tips Masak Nasi Bakar Anti Gagal dan Gosong, Wajib Dicoba!

Reporter : Arifina
Senin, 11 September 2023 17:07
7 Tips Masak Nasi Bakar Anti Gagal dan Gosong, Wajib Dicoba!
Membuat nasi bakar yang enak dan lezat untuk menu rumahan yang anti ribet, simak beberapa tips memasaknya berikut!

Tips masak nasi bakar ini bisa kamu coba sebagai pengganti menu harian yang itu-itu saja. Menu masakan berbahan nasi ini dikenal dengan cita rasa enak, lezat, gurih dan beda dari olahan nasi pada umumnya.

Nasi bakar merupakan makanan tradisional khas Sunda, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari campuran nasi, lauk, dan bumbu rempah-rempah yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. Nasi bakar memiliki rasa yang unik, yaitu perpaduan antara bumbu yang digunakan, aroma wangi daun, dan rasa asap yang dihasilkan dari proses pembakaran.

1 dari 10 halaman

Tips Masak Nasi Bakar © Diadona

Cara membuat olahan nasi bakar tidak sulit untuk dilakukan.  Pertama, kamu tentunya harus memasak nasi terlebih dahulu, kemudian masak isian yang akan digunakan untuk nasi bakar. Setelah itu, siapkan daun pisang yang telah dihangatkan.

Lalu susun nasi dan lauk isian di atas daun pisang, dan bungkus rapi. Langkah terakhir, panggang nasi bakar langsung di atas bara api atau dengan teflon anti lengket.

2 dari 10 halaman

Namun, terkadang salah dalam proses memasak nasi bakar ini akan menjadikan hasil tidak sempurna. Nasi bakar pun bisa-bisa menjadi gosong dan tidak enak untuk disantap.

Berikut, diadona.id rangkumkan tips masak nasi bakar anti gagal dan gosong dari berbagai sumber.

3 dari 10 halaman

Pilih Beras Berkualitas

Ilustrasi Beras Jepang © Diadona

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum memasak nasi bakar adalah pemilihan beras. Pastikan kamu menggunakan beras berkualitas baik dan tepat ya.

Jenis beras yang berkualitas akan menghasilkan nasi yang pulen dan enak. Sebalikny beras berkutu tau sudah rusak akn membat rasanya tidak enak.

Setelahnya, kamu harus memasak nasi dengan cara yang benar agar menghasilkan rasa yang pas saat proses mengolah menjadi nasi bakar.

Perlu diperhatikan,  pembuatan nasi bakar membutuhkan dua kali proses pematangan. Pertama, beras dimasak terlebih dahulu hingga menjadi nasi.

Baru setelahnya, isi nasi dengan berbagai lauk pauk yang diinginkan kemudian dibakar.

4 dari 10 halaman

Tambahkan Santan saat Memasak Beras

Santan merupakan cairan yang dihasilkan dari parutan daging buah kelapa tua yang sudah diperas. Santan kerap dijadikan sebagai bahan serbaguna yang biasa digunakan untuk campuran berbagai hidangan makanan dan minuman, termasuk saat memasak nasi.

Untuk mendapatkan hasil nasi yang gurih dan sedap, kamu bisa menambahkan sedikit santan pada saat memasak beras. Santan akan menambah rasa dan aroma khas yang membuat nasi menjadi lebih nikmat ketika disajikan dan dipadukan dengan lauk isian nasi bakar. 

5 dari 10 halaman

Tentukan Isian Nasi

Tips Masak Nasi Bakar © Diadona

Sajian yang khas dengan nasi bakar adalah karena isiannya yang beragam dan menjadi satu. Isian nasi bakar dapat disesuaikan dengan preferensi dan selera masing-masing.

Kamu bisa menggunakan tahu, tempe, ayam, ikan, udang, cumi, atau bahkan sayuran seperti kangkung, tomat, dan jamur. Lauk tersebut dapat dicampur dengan bumbu sedap khas Indonesia seperti balado, gulai, rica-rica, ataupun rendang.

Nah, pengolahan lauk dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan memasak lauk dan nasi secara terpisah kemudian baru dicampur ketika akan dibungkus. Kedua, kamu bisa langsung mencampur nasi bersama bumbu dan lauk ketika dimasak. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu ya!

6 dari 10 halaman

Hilangkan Uap Panas Nasi

Guna mendapati rasa nasi bakar yang nikmat, proses memasaknya pun harus tepat. Salah satunya, perhatikan uap nasi setelah memasak.

Pastikan uap panas nasi sudah hilang saat akan membungkus nasi bakar dengan daun pisang. Hal tersebut dikarenakan nasi yang baru matang memiliki banyak kadar air sehingga dapat merusak daun pisang saat proses pembakaran.

Daun pisang yang basah saat dibakar dapat berubah menjadi lembek dan keriput dan justru akan memengaruhi hasil khirnya. Oleh karena itu, hilangkan uap panas nasi dan pastikan daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus kering saat akan dibakar ya.

7 dari 10 halaman

Gunakan Daun Pisang sebagai Pembungkus

Tips Masak Nasi Bakar © Diadona

Ketika memasak nasi bakar, bahan yang biasa digunakan untuk pembungkus adalah daun pisang atau alumunium foil. Namun, agar mendapatkan rasa nasi bakar yang memiliki aroma sedap dan wangi, gunakan daun pisang saja.

Selain itu, daun pisang juga dapat mempercantik tampilan nasi bakar saat disajikan. Tidak semua daun pisang teksturnya sama dan cocok digunakan sebagai pembungkus lho!

Daun pisang yang cocok untuk digunakan sebagai pembungkus adalah daun pisang batu karena memiliki sifat yang lemas. Sebelum digunakan untuk membungkus, daun pisang bisa dijemur dibawah sinar matahari terlebih dahulu atau dipanggang sebentar agar daunnya lemas dan tidak mudah robek saat dibakar nantinya. 

8 dari 10 halaman

Tambahkan Rempah-Rempah

Untuk mendapati hasil nasi bakar yang menggugah selera, kamu perlu menambahkan rempah-rempah pada bahan-bahan pembuatan. Rempah-rempah akan memunculkan aroma yang membuat selera makan semakin tinggi.

Tambahkan lengkuas, sereh, atau daun salam saat proses membumbui nasi bakar. Kamu jug bisa  menambahkan daun kemangi agar aromanya semakin nikmat/

Rempah-rempah dan daun kemangi dikenal memiliki aroma yang khas dan segar sehingga dapat meningkatkan cita rasa dan aroma pada saat nasi bakar disajikan.

9 dari 10 halaman

Gunakan Api Sedang saat Membakar

Tips Masak Nasi Bakar © Diadona

Nasi bakar dapat dimasak dengan cara dipanggang menggunakan teflon anti lengket atau di atas bara api langsung. Proses pembakaran nasi bakar tidak memerlukan waktu yang lama karena pada dasarnya nasi dan lauk di dalamnya sudah matang.

Perlu diperhatikan, gunakan api kecil saat proses pembarakan ya agar nasi tidak hangus dan kering. Bakar cukup 3-5 menit saja untuk menghasilkan aroma smokey pada nasi bakar. 

Nah, itulah beberapa tips masak nasi bakar agar hasilnya enak dan tidak gosong. Mudah Bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

 

Penulis : Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar