Cara Membuat Ayam KFC yang Krispi namun Juicy ala Tiga Chef Terkenal, Dijamin Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 14 Desember 2020 17:32
Cara Membuat Ayam KFC yang Krispi namun Juicy ala Tiga Chef Terkenal, Dijamin Anti Gagal
Cara membuat ayam KFC ternyata punya trinya sendiri lho, mulai dari bahan untuk marinasi, penepungan sampai teknik menggorengnya

Konon, cara membuat ayam KFC dilakukan dengan penambahan 11 bumbu rahasia yang bisa bikin ayam tersebut jadi super enak dan banyak difavoritkan. Tapi kini udah banyak banget resep yang ngasih tips juiu gimana cara menghasilkan ayam goreng ala KFC yang renyah dan rasa memikat.

Nggak salah emang kalau cara membuat ayam KFC ini banyak dikepoin. Ayam KFC dikenal dengan bumbu yang gurih, tepung yang krispi namun daging ayam yang juicy di dalamnya. Beda dengan ayam kripsi yang dijual di pinggir jalan, ayam KFC dikrnal dengan tepungnya yang berbumbu hingga merasuk sampai ke daging ayamnya. Cuman dengan cocolan saos sambal aja, ayam KFC sudah sangat nikmat disantap.

Kalau kamu memcari gimana cara membuat ayam KFC di internet, mesin pencarian bakalan menyuguhkan buanyak banget resep. Tapi resep mana sih yang paling oke?

Nah, berikut Diadona udah kumpulin nih cara membuat ayam KFC ala chef terkenal, yuk pantengin aja.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Ayam KFC

Cara Membuat Ayam KFC © Diadona

Salah satu tips rahasia dalam cara membuat ayam KFC dibagikan oleh mantan peserta Master Chef Indonesia, William Gozali. Yuk simak resepnya berikut ini :

Bahan

- 1 ekor ayam negeri dipotong ukuran sedang atau dibagi 8
- 1 liter susu
- 25 gram gula
- 25 gram garam
- 3 sdm cuka

Bahan Bumbu Tepung Crispy:

- 500 gram tebung dengan protein sedang (Bisa Segitiga Biru atau Kunci Biru)
- 1/3 sdm bubuk ketumbar
- 1/3 sdm bubuk cabai
- 1 sdm bubuk bawang putih
- 1 sdm bubuk bawang bombay
- 1/3 sdm daun oregano / rosemary kering
- 1/2 sdt bubuk cengkeh
- 1/2 sdt bubuk jinten
- 1/2 sdm bubuk jahe
- 1/3 sdm bubuk lada hitam
- 1/3 sdm bubuk lada putih
- 2 sdt garam halus
- 1/3 sdm baking powder

Cara Membuat Ayam KFC © Diadona

Cara membuat ayam kfc ala Wilgoz dibagikan di salah satu video di akun youtubenya. Seperti ini nih langkah-langkahnya.

- Langkah pertama adalah di-brine, sama seperti marinasi namun menggunakan cairan yang lebih banyak. Tuang susu ke dalam wadah, masukkan gula, garam dan cuka untuk memberikan rasa asam. Cuka bisa diganti dengan menggunakan air lemon. Aduk sampai semua bahan larut, cobain sedikit dan kamu baklaan ngerasain rasa manis, asin dan juga sedikit asam.

- Dalam cara membuat ayam KFC, proses ini bakalan menghasilkan ayam goreng yang empuk dan gurih dari adonan susu. Rendam ayam ke dalam larutan, tutup dengan plastik wrap biar nggak terkontaminasi dan simpan minimal 8 jam hingga seharian.

- Trus bikin adonan tepung kering. Masukkan tepung ke dalam wadah, masukkan delapan jenis bubuk rempah seperti dalam daftar bahan di atas seperti bubuk ketumbar, lada hitam, bawang putih, jintan, cengkeh, cabe, bawang bombay, rosemary, dan baking powder. Cicipi tepung, pastikan ada rasa asin di dalamnya.

- Simpan adonan tepung tersebut dan bia gunakan sewaktu-waktu sampai masa kadaluarsa tepung habis.

- Setelah lebih dari 8 jam, keluarkan ayam dalam larutan susu. Siapkan wadah untuk adonan basah dan adonan kering. Pada wadah adonan basah, gunakan tepung krispi tersebut dicampur dengan air. Aduk sampai rata.

- Kunci krispi dari ayam tersebut ada pada proses berikut ini. Angkat ayam, tiriskan sedikit, letakkan dalam tepung krispi terlebih dulu, balurkan tipis, angkat, tepuk sedikit trus masukkan dalam adonan basah, angkat, trus masukkan lagi ke adonan kering atau adonan tepung. Pijat dan cubit tepung sampai terlihat lapisan tepung yang keriting. Lapisan tersebut bakalan menandakan tepung ayam yang krispi banget.

- Lakukan proses tersebut sampai semua ayam terlumuri oleh tepung.

- Siapkan wajan dan minyak banyak. Untuk mengecek apakah suhu minyak telah pas, ambil sedikit adonan tepung dan masukkan dalam minyak.

- Setelah minyak panas, masukkan ayam dan goreng sampai matang. Voila, cara membuat ayam KFC udah selesai deh!

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Ayam KFC © Diadona

Cara Membuat Ayam KFC ala Devina Hermawan

Kalau cara membuat ayam KFC ala Wilgos memerlukan waktu yang tak sebentar karena proses brined, kali ini coba deh simak resep dari Devina Hermawan berikut ini untuk resep ayam KFC yang lebih singkat.

Bahan yang diperlukan antara lain:

Bumbu halus:
- 10 siung bawang putih
- 1 buah bawang bombai
- 150 ml air

Marinasi ayam:
- 1 ekor ayam, potong menjadi 8 - 10 bagian
- 4 sdm bumbu halus
- 8 sdm santan kental
- 2 sdm cuka beras atau 1 sdm cuka biasa
- 1 sdm bubuk kaldu ayam
- 2 sdt garam
- 2 sdm gula
- ½ sdm merica
- 1 sdm italian mixed herbs

Adonan tepung kering:
- 300 gr tepung terigu protein sedang
- 100 gr maizena
- 2 sdm baking powder
- ½ sdm merica
- 1 sdm garam
- 1 sdm paprika bubuk (opsional)
- 1 sdm bubuk kaldu ayam

Adonan tepung basah:
- 6 sdm adonan tepung kering
- 2 sdm bumbu halus
- 150 ml air

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam KFC © Diadona

Cara membuat ayam KFC

- Pertama, blender bawang bombai, bawang putih, dan air hingga halus lalu sisihkan. Blender juga italian mixed herb untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus.

- Ambil sedikit saja bawang bombay dan bawang putih yang udah dihaluskan dan tuangkan pada ayam, masukkan juga bahan-bahan marinasi. Seperti santan, cuka, dan lainnya. Aduk sampai rata. Kalau ingin pedas, kamu bisa masukkan bubuk cabe atau saos sambal.

- Kenapa sih proses marinasi dan brine ini penting dalam cara membuat ayam KFC? Karena proses ini bakalan membuat bumbu meresap hingga ke dalam daging, juga menghasilkan tektur yang empuk nan juicy tapi nggak kering.

- Sementara itu marinasi dengan bawang yang mengandung enzim bakalan membuat ayam jadi lebih juicy dan wangi. Keberadaan santan bakalan membantu proses tersebut. Kalau kamu lagi nggak punya persediaan santan di kulkas, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan larutan seperti whipped cream cair kok.

- Diamkan minimal 1-2 jam di suhu ruang, tapi bila lebih dari itu masukkan dalam kulkas.

- Masukkan bahan kering, campur sampai rata, ambil sebagian di wadah yang lebih kecil, beri air dan jus bawang.

- Panaskan minyak banyak sampai membuat ayam akan terendam sempurna. Untuk menggoreng ayam sampai matang sempurna, goreng di minyak panas sampai mengembang dan erlihat strukturnya. Trus kecilkan api dan goreng sampai matang sempurna.

- Perhatikan konsistensi dari adonan basah. Semakin kental, maka adonan kering bakalan menempel dengan lebih baik.

- Masukkan ayam ke adonan basah, trus gulingkan ke adonan kering. Agak tetap keriting, usahakan goyang-goyangkan ayam di minyak panas menggunakan sumpit atau capitan sebelum kemudian melepaskannya pada minyak seutuhnya. Lakukan sampai seluruh ayam tergoreng.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Ayam Krispi KFC

Cara Membuat Ayam KFC © Diadona

Selain dua chef tersebut, kali ini Diadona juga mau share nih gimana cara membuat ayam goreng KFC ala seorang netizen twitter yang udah 18 bulan mencoba resep untuk mendapatkan ayam yang enak banget ala KFC.
Berikut bahan yang diperlukan:

- 5 cangkir atau 625 gram tepung
- 5 sdm paprika pupuk
- 2 sdm lada putih
- 2 sdm nubuk bawang putih
- 1 sdm garam seledri
- 1 sdm lada hitam
- ½ sdm oregano
- ½ sdm timi
- 1/3 sdm garam laut

- Pertama nih, campur tepung dengan semua bumbu trus panaskan oven sampai 180 derajat. Pastikan ayam dalam suhu ruang ya, trus masukkan dalam campuran tepung dan bumbu, olesi dengan putih telur dan susu trus masukkan lagi ke dalam tepung bumbu.

- Goreng ayam selama lima hingga enam menit pada suhu 160C. Cara membuat ayam KFc selanjutnya lalu masukkan ayam yang udah digoreng tersebut je dalam oven, trus goreng lagi selama 90 detik.

- Di akun twitternya, @TheKidLewis, Dan Fell mengatakan kalau rasa ayam tersebut bakalan dipengaruhi oleh suhu ayam, jenis minyak yang digunakan bahkan suhu telur untuk jadi baluran ayam.

Hm.. sedikit ribet nih, tapi cara membuat ayam KFC ala netizen ini kayaknya patut untuk dicoba.

Beri Komentar