Resep Suwir Ayam Hajatan, Menu Lezat Super Praktis untuk Acara Spesial

Reporter : Arifina
Rabu, 17 April 2024 17:17
Resep Suwir Ayam Hajatan, Menu Lezat Super Praktis untuk Acara Spesial
Begini nih membuat ayam suwir untuk hajatan yang super lezat dan praktis.

Mau buat lauk untuk acara spesial? Resep suwir ayam hajatan satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ayam suwir merupakan salah satu menu masakan praktis yang cocok dijadikan lauk nasi hangat. Biasanya, selain untuk makan sehari-hari, sajian olahan ayam ini kerap dijadikan menu di acara-acara spesial seperti syukuran atau perayaan tertentu.

Menu olahan ayam satu ini umumnya tersaji untuk nasi kotakan, ataupun menu pendamping nasi kuning, nasi uduk, nasi rames, bahkan lontong ataupun ketupat berkuah santan. Rasanya yang gurih, pedas, manis dengan tekstur lembutnya daging ayam membuat makanan satu ini digemari oleh hampir semua kalangan.

1 dari 6 halaman

Resep Ayam Suwir © Diadona

Nah, untuk membuat ayam suwir hajatan ini tidaklah sulit lho! Kamu bahkan tak membutuhkan bumbu-bumbu yang rumit dalam membuatnya. Kamu perlu menyiapkan daging ayam yang direbus hingga empuk, kemudian disuwir-suwir.

Kemudian, bumbui dengan aneka bahan masakan untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat dan gurih. Hidangan ayam suwir ini juga hadir dengan berbagai variasi, ada ayam suwir pedas merah, ada pula versi ayam suwir pedas, ayam suwir kuning atau putih, ayam suwir kemangi, dan lainnya.

Hal itu bergantung dari selera dan cara memasaknya saja yang bisa disesuaukan dengan keinginan. Kamu yang sedang mencari referensi masakna ayam suwir untuk hajatan bisa banget menyimak resepnya berikut!

2 dari 6 halaman

Resep Suwir Ayam Hajatan

Bahan utama yang dibutuhkan dalam membuat menu suwir ayam hajatan tentu saja daging ayam yang empuk. Biasanya, bagian dada ayam yang kerap dijadikan untuk membuat menu olahan ayam satu ini.

Rasa pedas pada menu ayam suwir bisa kamu sesuaikan dengan selera ya. Jika ingin rasa pedas yang nampol, maka kamu bisa menambahkan cabai rawit yang banyak dalam pengolahannya.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging dada ayam
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 9 cabai merah keriting
  • 4 cabai rawit merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 batang serai
  • Air

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Suwir Ayam Hajatan

Resep Suwir Ayam Hajatan © Diadona

Cuci bersih terlebih dahulu daging ayam. Kemudian rebus hingga benar-benar empuk, angkat, tiriskan sejenak. Suwir-suwir ayam sesuai selera, sisihkan terlebih dahulu.

Siapkan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan ketumbar. Taruh semua bahan tersebut dalam cobek, ulek sesuai selera bisa kasar atau sampai halus.

Panaskan minyak dalam wajan, tumis ulekan bumbu sampai harum. Kemudian, masukkan suwiran ayam ke dalamnya, aduk-aduk sampai tercampur rata.

 

4 dari 6 halaman

Tambahkan, daun salam, daun jeruk, dan serai. Aduk-aduk kembali sampai daun mulai sedikit layu.

Bumbui dengan gula merah, garam, dan saus tiram. Aduk masakan sampai tercampur rata, beri sedikit air. Masak ayam suwir sampai matang dan bumbu meresap, matikan kompor.

 

5 dari 6 halaman

Resep Ayam Suwir Kemangi © Diadona

Suwir ayam hajatan siap disajikan. Hidangkan hangat-hangat sebagai pelengkap nasi putih hangat atau nasi kuning bersama acar dan kerupuk sebagai pendamping.

Itulah resep suwir ayam hajatan yang bisa kamu recook di rumah untuk sajian menu acara spesial. Kamu bisa memasak menu satu ini sesuai selera, beberapa resep bahkan menambahkan santan, perasan jeruk nipis, hingga kemangi sebagai tambahan rasa agar lebih gurih dan segar. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar