11 Resep Terong Balado, Masakan Rumahan yang Enak, Sederhana dan Ekonomis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 5 Agustus 2022 19:47
11 Resep Terong Balado, Masakan Rumahan yang Enak, Sederhana dan Ekonomis
Resep terong balado yang mudah dan murah bisa kamu kreasikan dengan berbagai bahan, mulai dari telur puyuh, tempe hingga pete

Resep terong balado yakni memasak terong dengan bumbu merah balado. Makan khas Padang ini bercita rasa pedas, manis dan gurih dari bumbu balado yang dengan rasa terong yang khas. Meskipun berasal dari Padang nih, sajian ini banyak digemari orang dan kerap disajikan bersama dengan makanan lain misalnya nasi uduk.

Sebelum dibumbui dengan bumbu merah balado, terong digoreng terlebih dahulu. Pilihan lain adalah dengan memanggang terong dalam teflon untuk mengurangi kadar minyak dalam makanan satu ini. Namun ada juga nih yang memasukkan terong mentah dalam bumbu lalu dimasak hingga layu.

Balado terong kerap ditambahkan dengan bahan lain seperti telur hinga pete. Diadona udah ngupulin berbagai resep terong balado yang menggungah selera dan cocok banget dimasak untuk kamu yang tetap ingin makan enak di tanggal tua.

1 dari 11 halaman

Resep Terong Balado Original

Resep Terong Balado OriginalResep Terong Balado Original © Instagram/@sarongsarie

Bumbu balado pada resep rterong balado ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe, dan bumbu penyedap lainnya.

Bahan :

  • 4 terong ungu
  • 20 cabai merah keriting
  • 6 cabai rawit merah
  • 10 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 tomat merah
  • 1 daun salam
  • 2 daun jeruk kecil
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Potong-potong terong, kemudian goreng. Sisihkan.
  • Kukus cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat.
  • Setelah bahan kukusan jadi, haluskan.
  • Tumis bumbu halus dengan secukupnya minyak, masukkan daun salam, daun jeruk, beri garam dan kaldu bubuk serta kecap manis.
  • Aduk, lalu masukkan terong dan aduk rata kembali.

2 dari 11 halaman

Resep Terong Balado Rumahan

Resep Terong Balado RumahanResep Terong Balado Rumahan © cookpad/Winniyarti Ummu LaZha

Ada yang berbeda dari resep terong balado berikut ini yakni penambahan kemiri. Seperti apa rasanya? Coba aja.

Bahan :

  • 1 buah terong ungu ukuran besar
  • 1/2 sdt gula merah sisir
  • 1/4 sdt kaldu jamur bubuk
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak goreng

Bumbu halus :

  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 2 buah bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/4 buah tomat uk besar
  • 1 buah kemiri

Cara membuat :

  • Belah terong menjadi empat bagian lalu potong kurang lebih sepanjang jari atau sesuai selera
  • Blender bumbu, panaskan secukupnya minyak, goreng terong hg matang, angkat, sisihkan. Tumis bumbu halus dengan minyak bekas goreng terong tadi.
  • Masukan garam, kaldu bubuk dan gula merah, aduk rata. Tumis hingga bau langu cabe hilang dan matang. Masukan terong yg sudah digoreng tadi, aduk2. Angkat, sajikan.

3 dari 11 halaman

Resep Terong Balado dengan Teri dan Pete

Resep Terong Balado dengan Teri dan PeteResep Terong Balado dengan Teri dan Pete © Cookpad.com/Iis Ismatullah

Sajian ini cocok banget nih untuk menu pendamping makan nasi uduk. Tambahkan dengan ayam goreng, yummy banget!

Bahan :

  • 3 buah terong ungu
  • 1 papan pete, belah dua
  • 50 gram teri medan
  • Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk
  • Secukupnya minyak untuk menumis dan menggoreng

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit merah (sesuai selera)

Cara membuat :

  • Cuci terong ungu, dan potong sesuai selera. Goreng sebentar sampai terong layu. Goreng teri medan sebentar, sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya,tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan terong, teri dan pete, aduk rata.
  • Tambahkan garam, gula, dan kald bubuk secukupnya, koreksi rasa. Jika sudah pas biarkan dimasak sebentar hingga bumbu meresap dan sajikan

 

4 dari 11 halaman

Resep Terong Balado dengan Cumi Asin

Resep Terong Balado dengan Cumi AsinResep Terong Balado dengan Cumi Asin © Instagram/@susie.agung

Cumi asin saja sudah enak, bagiamana bila dimasak dengan bumbu resep terong balado yang sedap?

Bahan:

  • 3 buah terong ungu ukuran besar, belah 2, potong-potong
  • 100 gram cumi asin
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • Garam dan gula merah secukupnya

Bumbu tumbuk kasar:

  • 15 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 6 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 buah tomat

Cara membuat:

  • Goreng terong sampai setengah matang, angkat, tiriskan. Seduh cumi asin dengan air mendidih, biarkan 15 menit, bilas dan cuci bersih lalu tiriskan.
  • Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai wangi, tambahkan kecap manis, garam, kaldu jamur dan gula merah, aduk sampai rata.
  • Masukkan cumi asin, aduk sampai rata, masukkan juga terong, aduk kembali sampai rata, tambahkan sedikit air bila perlu.
  • Koreksi rasa, bila sudah pas matikan api, sajikan.

5 dari 11 halaman

Resep Terong Balado dengan Telur Puyuh

Resep Terong Balado Telor PuyuhResep Terong Balado Telor Puyuh © Cookpad.com/Winniyarti Ummu LaZha

Agar sajian ini bisa sekaligus menjadi lauk, kamu bisa menambahkan telur puyuh  yang suda direbus seperti pada resep terong balado berikut.

Bahan :

  • 1 buah terong ungu
  • 20 butir telur puyuh rebus
  • secukupnya minyak goreng
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula pasir
  • secukupnya kaldu ayam

Bumbu halus :

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar
  • sesuai selera cabe rawit
  • 1 buah tomat

Bumbu aromatik :

  • 2 lembar duan jeruk
  • 1 lembar daun salam

Cara membuat :

  • Potong terong, lalu goreng. Blender semua bahan bumbu halus, lalu tumis dengan bumbu aromatik hingga matang
  • Masukkan telur puyuh rebus, aduk rata, beri garam, gula, dan kaldu bubuk, masak hingga bumbu merasap ke telur hingga warnanya berubah
  • Masukkan terong yang sudah digoreng, tambahkan sedikit air. Aduk rata
  • Koreksi rasa, matikan api jika sudah pas dan bumbu meresap.

6 dari 11 halaman

Resep Terong Balado dengan Tempe, Telur dan Pete

Resep Terong Balado dengan Tempe, Telur dan PeteResep Terong Balado dengan Tempe, Telur dan Pete © instagram.com/koh_aming/

Terong balado memang enak banget bila dimakan dengan tempe goreng. Nah kalau resep terong balado ini, tempe langsung dicampurkan pada bumbu bersama dengan telur dan pete.

Bahan :

  • 2 buah terong, iris iris
  • 1 papan tempe, iris kecil
  • 1/4 kg telor puyuh, rebus
  • 2 papan petai

Bumbu halus :

  • 8 biji cabe merah
  • 6 siung bawang merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 2 bawang putih
  • 1 buah tomat

Bumbu lain :

  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm gula jawa
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara membuat :

  • Hancurkan kasar cabe, bawang, tomat, sisihkan
  • Goreng telor dan tempe sampe berkulit, sisihkan
  • Goreng terong sampe layu, sisihkan
  • Tumis bumbu halus sampe wangi
  • Masukkan pete, aduk2 sebentar
  • Masukkan bumbu bumbu, koreksi rasa
  • Lanjut masukkan tempe, terong, telur
  • Aduk sampe rata, angkat

7 dari 11 halaman

Resep Terong Cabe Hijau

Resep Terong Cabe HijauResep Terong Cabe Hijau © instagram.com/miefa_bong

Meskipun tak menggunakan bumbu resep terong balado dengan cabe merah, sajian terong dengan cabai hijau ini nggak boleh kamu lewatkan

Bahan :

  • 2 buah terung ungu ukuran sedang
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 15 buah cabai hijau
  • 1 buah tomat
  • air secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • minyak secukupnya

Cara membuat :

  • Tusuk-tusuk terong dengan pisau dan potong sesuai selera, lalu goreng di minyak panas.
  • Ulek bawang merah dan bawang putih, cabe dan tomat. Ulek dengan kasar hingga tercampur.
  • Panaskan minyak, tumis sambal cabe ijo hingga harum. Tambahkan pula daun jeruk, garam, gula pasir, dan penyedap rasa.
  • Masukkan terong yang sudah digoreng tadi, lalu aduk dan tumis bersama sambal hingga matang. Koreksi rasa dan sajikan.

8 dari 11 halaman

Resep Terong Hijau Bumbu Balado

Resep Terong Hijau Bumbu BaladoResep Terong Hijau Bumbu Balado © Instagram/@ucipadmi

Apakah terong hijau tetap nikmat bila diolah dengan bumbu balado? Tentu saja!

Bahan :

  • 6 buah terong hijau, potong-potong, rendam air dan goreng
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt kaldu jamur
  • Minyak goreng secukupnya
  • Sedikit air matang

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Cabai rawit sesuai selera
  • Cabai merah keriting sesuai selera

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus sampai harum.
  • Tambahkan garam, gula, kaldu jamur, dan beri sedikit air matang.
  • Aduk rata dan biarkan air menyusut.
  • Koreksi rasa, masukkan terong dan aduk rata sampai semua bumbu tercampur. Sajikan

9 dari 11 halaman

Resep Terong Balado ala Padang

Resep Terong BaladoResep Terong Balado © instagram.com/qyskitchen/ dan cookpad.com/Mita.W

Apa bedanya resep terong balado ini dengan yang lainnya? Makanya cobain bikin dong.

 

Bahan:

  • 4 buah terong ungu ukuran kecil, cuci, belah 2 jangan sampai putus, lalu goreng
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • Secukupnya garam dan kaldu jamur
  • Sejumput gula pasir
  • 1 sdm air asam jawa/kandis
  • 6 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu rebus:

  • 7 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 buah tomat

Cara membuat:

  • Ulek bumbu yang sudah direbus, jangan sampai halus.
  • Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu, daun salam, dan daun jeruk sampai matang dan mengeluarkan minyak.
  • Beri garam, gula pasir, kaldu jamur, air asam jawa. Aduk, matikan kompor.
  • Tata terong di atas piring saji, lalu lumuri terong dengan bumbu balado.

 

10 dari 11 halaman

Resep Sambal Terong Balado

Resep Sambal Terong BaladoResep Sambal Terong Balado © cookpad.com/Rima Suci

Sambal terong selalu ada di warung lalapan sebagai teman makan ayam atau ikan goreng. Apakah kamu juga menyukainya?

Bahan :

  • 2 buah terong ungu
  • 1/2 terasi
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun jeruk

Bumbu halus :

  • 15 buah cabai merah keriting (sesuai selera)
  • 5 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 1 buah tomat (uk besar)
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Cara membuat :

  • Cuci terong lalu potong sesuai selera dan goreng sampai sedikit kecoklatan dan tiriskan
  • Potong cabai, bawang merah, bawang putih, tomat lalu goreng di minyak bekas menggoreng terong. Goreng sampai matang lalu angkat
  • Masukkan dalam blender dan beri garam, gula pasir serta terasi trus blender setengah kasar
  • Panaskan minyak tumis bumbu halus sesekali diaduk supaya matang merata. Tambahkan daun jeruk aduk rata. Tambahkan sedikit air dan masak sampai mendidih
  • Masukkan terong aduk rata cicipi rasanya jika kurang bisa ditambah garam/gula pasir. Masak sampai meresap
  • Siap dihidangkan

11 dari 11 halaman

Resep Terong Balado dengan Teri Medan

 Resep Terong Balado dengan Teri MedanResep Terong Balado dengan Teri Medan © instagram.com/juliyanti7788/

Bentuknya memang kecil, tapi rasakan perbedaannya ketika ditambahkan pada resep terong balado berikut ini.

Bahan:

  • 600 gr terong diiris kemudian goreng tiriskan
  • 50 gr ikan teri medan goreng, tiriskan
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tomat
  • Penyedap rasa dan gula secukupnya
  • Minyak utk menggoreng

Bumbu halus:

  • 8 siung bwg merah
  • 4 siung bwg putih
  • 10 bh cabe besar
  • 10 bh cabe rawit
  • Sedikit terasi

Cara masak:

  • Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna
  • Masukkan teri yang sudah digoreng lalu aduk merata
  • Kemudian masukkan terong yang sudah digoreng, tambahkan kecap, saos, penyedap rasa dan gula
  • Aduk merata tapi jangan sampai terongnya hancur ya
  • Tes rasanya, angkat dan sajikan.

Resep terong balado cocok banget dinikmati dengan berbagai sajian rumaha. Selain enak, menu rumahan ini juga ekonomis serta mudah dibuat.

Beri Komentar