13 Tempat Wisata Kuliner Jogja Murah dan Enak hingga Malam Hari

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 4 Januari 2020 10:15
13 Tempat Wisata Kuliner Jogja Murah dan Enak hingga Malam Hari
Lagi di Jogja? Jangan lewatkan kesempatan menikmati lezatnya wisata kuliner Jogja ini!

Untuk kamu yang sedang berlibur ke Jogja, selain berkunjung ke tempat wisata yang menakjubkan, kamu juga wajib banget untuk menjajal wisata kuliner Jogja yang khas.

Selain harganya terjangkau murah, rasanya juga lezat. Selain itu ada banyak pilihan kuliner Jogja yang buka malam hari, bikin kamu bisa menikmati sajian khas dengan suasana malam kota yang memikat.

Setelah mencicipi satu jenis makanan, rasanya kamu akan penasaran dengan wisata kuliner Jogja lainnya. Kalau kamu masih bingung wisata kuliner Jogja apa aja yang sebaiknya kamu kunjungi, yuk, intip artikel berikut ini.

1 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Jogja

Wisata kuliner Jogja banyak sekali tentunya, bukan? Namun, beberapa tempat ini setidaknya bisalah kamu coba.

1. Tengkleng Gajah

ilustrasi tengkleng gajah © Diadona

Meski namanya ada embel-embel 'gajah'-nya, wisata kuliner Jogja ini nggak ada bahan gajah sama sekali. Justru, bahan baku yang dipakai adalah tulang kambing berukuran besar. Mirip-mirip gulai kambing gitu, deh.

2. Pecel Senggol Beringharjo

Pecel ini terkenal di kawasan Pasar Beringharjo. Kenapa dinamakan pecel 'senggol'? Karena saking ramainya, para pengunjung wisata kuliner Jogja satu ini rela bersenggol-senggolan demi mendapatkan pecel tersebut.

3. Gudeg Yu Djum

Sebagai makanan khas wisata kuliner Jogja, kamu wajib banget nyobain gudeg. Di sana, banyak sekali warung gudeg, tapi kamu bisa mencoba Gudeg Yu Djum ini. Rasanya yang manis nan gurih nikmat disantap dengan nasi panas pulen.

 

2 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Malam Jogja

 

Berlibur ke kota Jogja akan terasa lengkap dengan jalan-jalan malam. Terutama dengan mengujungi wisata kuliner Jogja yang buka pada Malam hari. Pasti asik!

1. Soto Bathok Mbah Karto

ilustrasi Soto Bathok Mbah Karto © Diadona

Malam-malam enak banget makan yang hangat-hangat, salah satunya yaitu soto. Nah, soto Mbah Karto ini merupakan wisata kuliner Jogja yang bisa banget kamu kunjungi.

Sesuai namanya, bathok dijadikan sebagai wadah kamu memakan. Aneh sih, tapi pasti kamu akan merasakan sensasi yang mengasikan.

2. Sate Klathak Pak Pong

Walau disajikan dengan sangat sederhana yaitu menggunakan garam dan merica saja, entah kenapa wisata kuliner Jogja ini sangat ramai dikunjungi, sehingga kamu pun wajib mencicipi agar nggak dihantui rasa penasaran.

3. Soto Ayam 61

Kembali lagi ke soto, emang makanan berkuah yang satu ini menjadi wisata kuliner Jogja di malam hari.

Kali ini, Soto Ayam 61 merupakan soto legendaris yang sudah ada sejak tahun 1976. Bertahannya wisata kuliner Jogja ini sampai sekarang membuktikan betapa diminatinya makanan tersebut

3 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Jogja Murah dan Enak

Makanan enak dan juga murah? Kenapa enggak? Di kota ini, kamu bisa menemukan wisata kuliner Jogja murah dan enak sekaligus.

1. Mie Ayam Bu Tumini

ilustrasi mie ayam bu tumini © Diadona

Kamu pemburu mie ayam harus banget mampir ke Mie Ayam punya Bu Tumini. Dengan harga mulai Rp 7.000, kamu akan terpuaskan dengan wisata kuliner Jogja yang satu ini. Mie-nya yang lembut dan cita rasanya yang kuat benar-benar oke.

2. Es Buah PK

Es buah PK merupakan singkatan dari letak nama warung wisata kuliner Jogja ini yaitu Pakuningratan.

Es buah PK ini termasuk warung wisata kuliner Jogja legendaris. Gimana nggak, Es Buah PK udah ada sejak tahun 1973. Dengan harga Rp 8.000, kamu bisa ngademin diri dengan es buah lezat ini.

3. Oseng Mercon Bu Narti

Bagi kamu pecinta makanan pedas, wajib hukumnya kamu nyobain oseng mercon Bu Narti. Pedasnya sudah melegenda sebagai wisata kuliner Jogja.

Meski tempatnya sederhana yaitu dengan tenda, pelanggan yang antre bisa banyak sekali. Harganya pun cukup terjangkau. Mulai dari Rp 20.000, kamu sudah bisa pesta 'mercon'.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Jogja Pak Bondan Winarno

Siapa nggak kenal Pak Bondan? Beliau merupakan presenter kuliner terkenal di Indonesia. Kira-kira apa wisata kuliner Jogja favoritnya?

Ilustrasi bakmi mbah mo © Diadona

Salah satu wisata kuliner Jogja favoritnya ternyata adalah Bakmi Mbah Mo. Warung ini terletak di Bantul, tepat di Desa Code. Memang sih agak jauh dari kota, tapi banyak para wisatawan yang rela datang menyempatkan diri ke sana.

Warung ini bisa dibilang termasuk wisata kuliner Jogja legendaris, lho. Bahkan, proses memasaknya pun masih memakai tungku api. Wah, benar-benar unik.

5 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Kuliner Seafood Jogja

Buat kamu yang sedang mencari seafood, jangan khawatir. Wisata kuliner Jogja juga ada kok yang sangat recommended.

1. Kepiting Bang Ja'i

      View this post on Instagram

Musim hujan paling enak makan yang kuah" , suki di @kepitingbangjai adalah solusi untuk makan rame" nih jamaah #keepEating ???? Hanya ada di @kepitingbangjai Lippo Plaza aja ya ???? --- --- •Kepiting Bang Ja'i • Jl. Seturan (10.00-23.00) Jl. Magelang (10.00-23.00) Lippo Plaza (10.00-22.00) --- #kepitingbangjai #kepiting #kepitingjogja #kepitingenak #kepitingjumbo #lobster #lobstertails #seafoodlove #seafoodenak #seafoodboil #kerang #udang #seafoodjogjamurah #seafoodjogjaenak #makanenak #makanmakan #foodhunter #foodporn #javafoodie #jogjafoodgram #jogjataste #jogjaculinary #jogjahits #jogjamukbang #mukbang #kulinerjogja #jogjafoodhunter #jogjafooddestinations

A post shared by Kepiting Bang Ja'i Jogja (@kepitingbangjai) on

Panggilan untuk kamu penggemar kepiting, coba ke sini, dijamin nggak nyesal. Walau nama warungnya Kepiting Bang Ja'i, wisata kuliner Jogja ini nggak hanya menjual kepiting, tapi juga ada kerang, ikan, cumi, dan udang.

2. The Westlake Resto

Resto ini selain menyajikan makanan seafood yang lengkap, suasana tempatnya pun nggak kalah menarik. Wisata kuliner Jogja yang satu ini punya danau kecil, sehingga kamu bisa menikmati pesananmu di luar alias gazebo yang tersedia.

3. Pondok Makan Pelem Golek

Selain menikmati sajian seafoodnya yang lezat, kamu juga bisa menikmati lingkungan yang asri dengan berbagai tanaman beserta gemerjak air sungai yang mengalir.

Luasnya wisata kulinar Jogja satu ini sangat cocok untuk kamu yang datang beromongan bersama keluarga.

 

Hmm, pasti sudah nggak sabar pengin nyicipin, ya? Kira-kira, kamu mau nyobain yang mana dulu? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar