13 Resep Tuna Kaleng Beragam Kreasi, dari Lauk hingga Camilan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 12 Agustus 2022 18:08
13 Resep Tuna Kaleng Beragam Kreasi, dari Lauk hingga Camilan
Ada resep tuna kaleng tumis hingga topping pizza dan isian roti yang lezat dan nggak bikin bosan.

Mengalengkan ikan tuna adalah salah satu cara agar bahan makanan ini awet. Tenang saja, tuna dalam kaleng aman dikonsumsi bagi kesehatan kok. Rasanya tetap segar dan gurih kok dan cocok buat stok untuk diolah dnegan berbagai resep tuna kaleng.

Biasanya nih tuna dalam kaleng sudah enak dimasak apa saja. Tapi karena demikian, jadi bingung akan memasak resep tuna kaleng yang seperti apa, iya nggak sih?

Yuk bikin stok tuna kalengmu dengan beragam sajian di bawah ini!

 

1 dari 13 halaman

Resep Tuna Kaleng Oseng Telur

Resep Tuna Kaleng Oseng TelurResep Tuna Kaleng Oseng Telur © instagram.com/sherly1112/

Resep tuna kaleng ini juga bisa jadi inspirasi jualan sebagai menu rice box nih! Selain enak, cara bikinnya juga mudah.

Bahan :

  • 1 kaleng tuna
  • 2 butir telur ayam
  • 3 batang daun bawang
  • 1 buah cabe besar, buang isinya dan cuci
  • 1 sdm bawang putih cah 
  • Minyak untuk menumis
  • Garam, gula, merica, kaldu jamur

Cara membuat :

  • Buat telur orak arik. Sisihkan.
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabe besar yang sudah dipotong. Aduk rata.
  • Bumbui dengan garam, gula, merica, dan kaldu jamur. Aduk rata.
  • Koreksi rasa, lalu masukan daun bawang yang sudah dipotong kecil.
  • Sajikan.

2 dari 13 halaman

Resep Cah Tuna dengan Taoge

Resep Cah Tuna dengan TaogeResep Cah Tuna dengan Taoge © instagram.com/seto_beri/

Bikin masakan yang simpel dengan tuna kaleng yang ada di rumahd an sayur taoge. Selain enak, menu ini juga bergizi.

Bahan :

  • tauge
  • daun bawang
  • irisan tomat merah
  • irisan bawang merah
  • irisan bawang putih
  • irisan cabai merah
  • tuna kaleng 
  • merica
  • garam
  • gula pasir

Cara membuat :

  • Tumis bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai sampai harum
  • Masukkan tauge dan sedikit air lalu beri merica, gula pasir, garam
  • Masukkan daun bawang
  • Setelah diangkat baru taro ikan tuna kaleng yg sudah di steam diatas touge

3 dari 13 halaman

Resep Balado Tuna Kangkung

Resep Balado Tuna KangkungResep Balado Tuna Kangkung © instagram.com/dapurlinna/

Resep tuna kaleng dengan kangkung ini pas banget sebagai lauk sekaligus sayur kaya serat, cocok untuk kamu yang bosen dengan sajian tuna yang ditumis aja. 

Bahan :

  • 1 kaleng tuna in oil (sekitar 200 gram)
  • 2 ikat kangkung
  • 1 buah tomat, ukuran kecil
  • Daun jeruk

Bumbu Halus :

  • 6 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 10 cabe merah keriting atau sesuai selera
  • Cabe rawit (optional)
  • Sedikit terasi bakar
  • Gula merah serut secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan tomat dan daun jeruk. Masukkan tuna, masak sebentar. Terakhir masukkan kangkung, masak sebentar dengan api besar, angkat.
  • Sajikan dengan nasi hangat.

4 dari 13 halaman

Resep Sambal Tuna Kaleng

Resep Sambal Tuna KalengResep Sambal Tuna Kaleng © instagram.com/yumma_kitchen/

Kalau resep tuna kaleng yang ini cocok banget untuk kamu yang sedang bosen dengan sambal yang lainnya. Dimakan dengan nasi hangat saja sudah pasti pas!

Bahan :

  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 kaleng atau 320 gram tuna, tiriskan minyaknya
  • 2 batang sereh, ambil bagian putihnya, iris halus
  • 6 siung bawang merah, iris halus
  • 1 sdt garam 
  • 1/2sdt kaldu jamur 

Bumbu halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 6 buah cabe merah
  • 5 cabe rawit 

Cara membuat :

  • Panaskan minyak sayur,tumis bawang merah iris dan sereh hingga harum.
  • Masukkan bumbu halus, masak hingga berubah warna dan harum
  • Masukkan tuna, bumbui dengan garam dan kaldu jamur, masak hingga bumbu meresap, koreksi rasa, angkat.
  • Sajikan

5 dari 13 halaman

Resep Perkedel Kentang dan Tuna

Resep Perkedel Kentang dan TunaResep Perkedel Kentang dan Tuna © instagram.com/lilyminarosa/

Mau bikin kornet tapi tak ada perkedel? Ganti saja dengan tuna kaleng

Bahan :

  • 1/2 kg kentang kupas, potong, goreng sampai matang, haluskan/uleg
  • 1 kaleng kecil tuna berat 100 gram, tiriskan dari sisa air dan minyak nya, suwir
  • 5 bawang merah iris, goreng jadi bwg goreng
  • 3 bawang putih haluskan
  • 2 batang seledri iris/cincang
  • 1 buah kuning telur
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • Secukupnya lada
  • 1 buah putih telur kocok lepas untuk pelapis

Cara membuat:

  • Campur semua bahan jadi satu sampai rata kecuali putih telur
  • Panaskan minyak, bentuk adonan jadi perkedel, celupkan ke putih telur, goreng api sedang sampai matang dan kecoklatan, sajikan

 

6 dari 13 halaman

Resep Tuna Kaleng untuk Topping Spaghetti

Resep Tuna kaleng untuk Topping SpaghetiResep Tuna kaleng untuk Topping Spagheti © instagram.com/ditaharjawinata/

Resep tuna kaleng ini enak banget untuk dijadikan topping spaghetti nih

Bahan :

  • 1 buah tuna kaleng in brine
  • 5 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • daun bawang
  • cabe merah
  • saos tomat
  • saos tiram
  • gula, garam
  • mayonais

Cara membuat:

  • Tiriskan tuna buang air garamnya, sisihkan
  • Tumis duo bawang dan cabe sampai harum, masukkan tuna aduk rata Tambahkan saos tomat, saos tiram, gula dan garam aduk rata beri sedikit air, masukkan daun bawang masak sampai meresap,angkat dan sajikan. 
  • Tambahkan mayonais jika suka.

7 dari 13 halaman

Resep Tuna Kaleng Serai

Resep Tuna Kaleng SeraiResep Tuna Kaleng Serai © instagram.com/dapurlinna/

Biar nggak bosen dengan resep tuna kaleng yang ditumis, kali ini yuk coba bikin tuna yang dimasak dengan serai. Rasanya dijamin gurih dengan wangi yang segar!

Bahan :

  • 2 kaleng tuna in oil
  • Garam dan lada secukupnua
  • Jeruk limau

Bumbu :

  • 6 bawang merah, iris tipis
  • 2 bawang putih, cincang
  • Serai, iris halus
  • Cabe rawit, iris
  • Daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
  • Sedikit terasi bakar

Cara Membuat :

  • Tumis bumbu hingga harum. Masukkan tuna lalu tambahkan garam dan lada, aduk rata, masak, kucuri jeruk limau, angkat.
  • Sajikan dengan nasi hangat

8 dari 13 halaman

Resep Tuna Kaleng Bumbu Woku dengan Labu Siam

Resep Tuna Kaleng Bumbu Woku dengan Labu SiamResep Tuna Kaleng Bumbu Woku dengan Labu Siam © instagram.com/dapoer_mabelle/

Tuna dimasak dengan bumbu woku yang ditambahkan labu siam cocok banget untuk menu makan siangmu.

Bahan

  • 1 buah labu siam, potong korek api
  • ? sdm garam
  • 1 kaleng kecil tuna
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 batang daun kunyit, simpulkan
  • 5 buah cabe rawit, belah 2
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 genggam kemangi
  • Garam, gula, kaldu jamur

Bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 10 buah cabe rawit

Cara memasak :

  • Dalam wadah campur labu siam dgn ? garam. Aduk sambil diremas2 menggunakan tangan sampai labu siam layu. Biarkan 15 menit lalu cuci bersih
  • Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit & serai sampai harum
  • Masukkan tuna, aduk rata
  • Masukkan labu, beri kaldu jamur, garam dan gula. Masak hingga matang
  • Masukkan daun bawang dan kemangi, aduk rata dan angkat

9 dari 13 halaman

Resep Oseng Tuna Pedas

Resep Oseng Tuna PedasResep Oseng Tuna Pedas © instagram.com/dapursicongok/

Masakan pedas memang tak salah bikin makan makin lapah. Dan resep tuna kaleng yang satu ini nih dijamin bikin kamu pengen menunda dietmu.

Bahan :

  • 285 gram tuna suwir 
  • 15 biji cabe ijo, bagi dua
  • 7 biji cabe rawit, utuhkan
  • 18 gram gula merah
  • Garam setengah sendok
  • 1 sdm kecap asin
  • Satu iris lemon
  • 2 siung bawang putih ukuran sedang
  • 1 siung bawang merah ukuran besar
  • 2 batang serai, buang beberapa kulit luarnya. Iris iris tipis.
  • Lengkuas 3 irisan tipis cincang kasar
  • 1 cm jahe.
  • 3 buah baby tomato, belah 2
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  • Haluskan bawang, jahe. 
  • Tumis bersamaan dengan cabe, serai, lengkuas. 
  • Setelah harum, masukan gula merah, kecap asin dan lemon, aduk dan masukkan tuna
  • Oseng di api sedang sampai agak mengering masukan irisan tomat. Sajikan.

10 dari 13 halaman

Resep Pizza Tuna Kaleng

Resep Pizza TunaResep Pizza Tuna © instagram.com/nibras_house_gringging/

Ada tuna kaleng di rumah bagaimana kalau kita buat pizza saja dengan resep di bawah ini?

Bahan :

  • 125 gram terigu protein tinggi
  • 3 gram ragi instant
  • 60 ml air
  • 20 ml olive oil
  • 1/2 sdt garam

Topping

  • 100 gram tuna kaleng dalam minyak, tumis sebentar
  • 100 gram jagung pipil
  • 3 sdm saus spaghetti
  • 1/4 buah paprika, potong kecil
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis 
  • 50 gram keju mozarella, parut
  • mayonaise

Cara membuat :

  • Adonan pizza: Campur terigu, ragi instant, air, olive oil, dan garam. Uleni sampai kalis lalu bulatkan adonan. Tutup dengan serbet bersih, diamkan 30 menit sampai mengembang 2x lipat.
  • Kempiskan adonan, taruh di loyang yang sudah dioles tipis dengan olive oil. Pipihkan sesuai bentuk loyang. Tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu kemudian oles tipis dengan olive oil.
  • Beri 3 sendok makan saus spaghetti, topping dengan tuna yang sudah ditumis, jagung manis, paprika dan bawang bombay. Taburi dengan keju mozarella parut dan mayonaise sesuai selera.
  • Panggang 180°C selama 30 menit.
  • Potong-potong dan sajikan.

Tipis :

  • Jika tidak ada olive oil, bisa diganti dengan minyak goreng yang baru dan bersih.
  • Saus spaghetti bisa diganti dengan saus tomat atau saus marinara sesuai selera.

11 dari 13 halaman

Resep Tahu Isi Tuna dan Sayur

Resep Tahu isi Tuna dan Sayur Resep Tahu isi Tuna dan Sayur © instagram.com/wardah.maulinaa/

Resep tuna kaleng untuk camilan juga ada nih, yakni dengan tahu isi tuna dengan sayuran. 

Bahan :

  • 150 gram tuna kaleng
  • 5 buah tahu putih, belah 2 jadi hasilnya 10. Bisa diganti dengan tahu yang sudah digoreng
  • 1 batang wortel, potong korek api
  • toge
  • daun bawang
  • 4 siung bawang merah,cincang
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • garam, gula pasir, kaldu bubuk

Bahan pelapis :

  • 170 gram terigu segitiga
  • 30 gram sagu tani / boleh ganti maizena
  • garam dan kaldu bubuk
  • 330 ml air (gak perlu dituang semua kalau dirasa kekentalannya sudah pas)

Langkah :

  • Goreng tahu hingga kering dan berkulit tebal merata. Tiriskan. Sayat tengah tahu , jangan sampai putus pinggirannya. Sisihkan.

Isian : 

  • Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan wortel lalu aduk rata hingga wortel 1/2 matang. Masukkan tuna lalu aduk dan hancurkan tuna sampai merata. 
  • Beri garam, gula, dan kaldu bubuk, aduk rata. 
  • Masukkan toge dan daun bawang. Aduk rata sebentar. Koreksi rasa dan matikan api. Selesai.
  • Ambil tahu, tekan bagian dalam tahu agar mengempes ke tiap2 sisinya jadi isiannya bisa masuk banyak. 
  • Masukkan isian tahu gunakan sendok teh

Pelapis :

  • Siapkan mangkok besar, masukkan bahan pelapis kecuali air. Aduk rata lalu tambahkan air sedikit sambil diaduk sampai adonan rata dan kentalnya pas.
  • Panaskan minyak dengan api kecil. Celupkan tahu ke bahan pelapis langsung goreng hingga setengah kering. Angkat tahu lalu masukkan lagi ke bahan pencelup dan goreng lagi hingga kering. Tiriskan, sajikan dengan cabai rawit.

12 dari 13 halaman

Resep Roti Spicy Tuna Mayo

Resep Roti Spicy Tuna MayoResep Roti Spicy Tuna Mayo © instagram.com/hestri.susilowati/

Bosen dengan camilan yang manis? Bikin roti dengan isian tuna dan mayonaise yang lezat yuk.

Isian :

  • 1 kaleng tuna rasa sambal goreng
  • 1/2 butir bawang bombay iris panjang
  • 1 siung bawang putih cincang
  • 2 sdm mayonaise
  • Gula & garam secukupnya

Cara Membuat :

  • Tumis bawang putih, bawang Bombay sampai harum, masukkan tuna kaleng, aduk rata. Tambahkan mayonaise, gula & garam, koreksi rasa

Bahan Lain :

  • Tepung roti secukupnya
  • Paprika potong dadu secukupnya
  • Keju quick melt secukupnya
  • Saos sambal dan mayonaise
  • Oregano kering

Resep roti dari Butter Roll

Bahan :

  • 300 gram terigu protein tinggi
  • 15 gram susu bubuk
  • 40 gram gula pasir
  • 210 gram, total timbangan 2 butir kuning telur dan susu cair dingin
  • 3 gram garam
  • 4 gram ragi instan
  • 50 gram butter

Cara Membuat :

  • Campur terigu, susu bubuk, gula pasir dan campuran susu cair dingin, aduk sampai setengah kalis
  • Baru masukkan ragi, uleni sampai tercampur rata, lalu masukkan garam dan butter.
  • Uleni hingga kalis elastis, lakukan windowpane test. Fermentasikan kurang lebih 45 menit-1 jam atau sampai double size
  • Kempiskan ,bagi menjadi 12 bagian, bulatkan dan istirahatkan selama 5 menit.
  • Pipihkan, lalu tekan bagian tengah tusuk-tusuk dengan garpu.
  • Beri isian tuna lalu potongan paprika dan keju quick melt
  • Istirahatkan adonan sampai mengembang 2 kali lipat
  • Oles bagian pinggir roti dengan susu UHT , lalu taburi dengan tepung roti.
  • Lalu beri saos sambal dan mayones dan taburan oregano untuk mempercantik roti.

Panggang dengan suhu 180 ° c api atas bawah 12 - 15 menit .

 

13 dari 13 halaman

Resep Tomato & Tuna Bruschetta

Resep Tomato & Tuna BruschettaResep Tomato & Tuna Bruschetta © instagram.com/iien_soegie/

Resep tuna yang satu ini selain enak juga praktis, cocok banget untuk sarapan, isi bekal atau camilan.

Bahan :

  • 1 buah french bread - iris sesuai selera
  • 3 kaleng ikan tuna
  • 4 sdm keju (mozarella/ cheddar) - parut
  • 2 buah tomat, buang isi , potong kotak kecil
  • 2 siung bawang putih - parut
  • 2 sdm olive oil
  • 1 sdt oregano
  • 1/4 sdt black pepper
  • garam - secukupnya
  • daun seledri - iris halus

Bahan olesan :

  • 4 sdm olive oil
  • 2 siung bawang putih - parut

Cara Membuat :

  • Potong roti sesuai selera
  • Tiriskan air didalam kaleng ikan tuna dan kukus selama 10 menit .
  • Dalam mangkuk kecil campur rata bahan olesan ; olive oil dengan bawang putih parut , lalu oleskan pada permukaan roti iris menggunakan kuas .
  • Olive oil bisa digantikan dengan margarine/ butter yang telah dicairkan
  • Dalam mangkuk lainnya, hancurkan ikan tuna, masukkan semua bahan kecuali tomat dan aduk rata .
  • Beri campuran tuna pada roti slice, taburi tomat iris, dan panggang selama 10 menit pada suhu 180 C
  • Bila telah matang, keluarkan roti, beri semprotan mayonaise dan saus sambal/tomat
  • Sajikan selagi hangat

Yuk belanja stok tuna kaleng dan cobain semua resep kaleng tuan di atas.

Beri Komentar