Resep Nastar 500 Gram Terigu, Kue Andalan Saat Lebaran yang Super Lumer Dimulut

Reporter : Arifina
Kamis, 7 Maret 2024 10:00
Resep Nastar 500 Gram Terigu, Kue Andalan Saat Lebaran yang Super Lumer Dimulut
Sudah siap membuatnya untuk Lebaran nanti belum nih?

Resep nastar 500 gram terigu bisa menjadi referensi untuk menyajikan kue khas Lebaran ini. Nastar menjadi salah satu kue kering klasik yang selalu dinantikan di momen spesial seperti Hari Raya Idul Fitri.

Rasanya yang manis dan gurih dengan isian selai nanas yang segar, menjadikan kue nastar difavoritkan oleh banyak orang. Tak ayal, kue kering satu ini banyak diburu menjelang perayaan Lebaran tiba.

Selain momen Hari Raya Idul Fitri, nastar biasanya juga hadir di acara-acara tertentu. Seperti perayaan Natal, acara pernikahan, dan masih banyak lainnya.

1 dari 7 halaman

Resep Nastar 500 Gram Terigu © Diadona

Biasanya kue nastar dibuat dengan berbagai variasi, mulai dari nastar original, naster keju, hingga nastar matcha yang lebih kaya rasa. Banyak pula orang yang lebih suka membuatnya sendiri dibandingkan membelinya di pasaran.

Pembuatan dari kue nastar sendiri tidak begitu sulit, namun tetap membutuhkan banyak waktu. Bahan-bahan untuk membuat jenis kue kering satu ini juga sangat mudah ditemui di pasaran lho!

Nah, kali ini cobain yuk resep nastar 500 gram terigu berikut!

2 dari 7 halaman

Resep Nastar 500 Gram Tepung Terigu

Meski hanya menggunakan bahan utama tepung terigu 500 gram, kamu tetap bisa menghasilkan sajian kue nastar yang banyak dan super lumer lho!

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung terigu (pilih yang rendah protein)
  • 200 gram margarin
  • 150 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • Selai nanas isian nastar secukupnya

Bahan Olesan:

  • 4 butir kuning telur
  • 4 sdm minyak goreng
  • 1/4 sdt vanila bubuk (optional)

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Nastar 500 Gram Terigu

Resep Nastar 500 Gram Terigu © Diadona

Siapkan semua bahan, campurkan margarin, mentega dan gula dalam wadah. Aduk dengan menggunakan mixer kecepatan sedang, lakukan pengadukan ini sampai adonan berwarna pucat.

Kemudian, tambahkan 2 butir kuning telur ke dalamnya. Aduk-aduk terus denngan mixer sampai tercampur rata, matikan kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, tepung maizend dan susu bubuk. Campur merata lalu ayak hingga mendapatkan tekstur yang lebih lembut.

 

4 dari 7 halaman

Jika sudah, maka tuangkan campuran tepung tersebut ke adonan butter yang sudah di mixer. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk menggunakan spatula.

Pastikan saat proses ini, tepung benar-benar tercampur merata dengan adonan butter ya. Kemudian, uleni adonan hingga kalis, tutup rapat menggunakan plastic wrap. Simpan terlebih dahulu di lemari es beberapa saat.

Kini, saatnya membuat adonan nastar. Ambil adonan secukupnya di telapak tangan, lalu pipihkan, Isi dengan selai nanas yang sudah disiapkan, bulatkan dengan perlahan dan tata di atas loyang.

5 dari 7 halaman

Resep Nastar 500 Gram Terigu © Diadona

Lakukan proses pembentukan kue nastar tersebut sampai adonan habis. Beri jarak saat meletakkan kue nastar di loyang. Jika ingin model lain, kamu juga bisa membuat bentuk nastar kotak atau seperti buah nanas, hal ini sesuaikan saja dengan selera ya.

Berikutnya, buat adonan olesan dengan mencampurkan 4 butir kuning telur, 4 sendok makan minyak goreng, dan aduk-aduk sampai merata. Tambahkan vanili aduk-aduk sebentar dan sisihkan.

Panaskan oven selama 15 menit, setelah itu panggang nastar dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius. Panggang selama 20 menit, keluarkan lalu olesi dengan campuran kuning telur.

6 dari 7 halaman

Masukkan kembali dalam oven dan panggang selama 10 menit. Keluarkan dari oven dan olesi lagi dengan kuning telur untuk yang terakhir, masukkan dalam oven dan panggang kembali selama 10 menit hingga matang.

Angkat nastar dari oven, diamkan hingga benar-benar dingin dan uap panasnya menghilang. Lalu bisa ditata dalam toples untuk sajian Lebaran nanti bersama keluarga deh!

Untuk menambah variasi rasa, kamu juga bisa menambahkan taburan keju parut di atas nastar saat pembuatan lho! Dijamin rasanya akan semakin gurih.

Itulah resep nastar 500 gram tepung terigu yang bisa kamu recook di rumah. Rasa lumer dimulut dan mengkilap membuat kue kering satu ini menggugah selera banget deh! Selamat mencoba ya!

Beri Komentar