Jangan Ngaku Ahli Bikin Kue Kalau Belum Tahu Bedanya antara Baking Soda dan Baking Powder!

Reporter : Nasa
Selasa, 3 November 2020 13:16
Jangan Ngaku Ahli Bikin Kue Kalau Belum Tahu Bedanya antara Baking Soda dan Baking Powder!
Loh ternyata beda?

Masih belum banyak yang tahu nih,kalau ternyata ada perbedaan antara Baking Soda, Baking Powder, sama Soda Kue. Hayo siapa yang selama ini masih mikir kalau ketiga bahan campuran kue itu sama aja? Admin sih termasuk yang baru tahu juga.

Ternyata, ketiga bahan tersebut memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda-beda. Yah pantesan admin selama ini kalau bikin kue sering banget gagalnya, mungkin ketuker antara ketiga bahan tersebut.

Nah biar kamu gak ngalamin apa yang admin rasakan, mending ketahui ya bedanya antara Baking Soda, Bakin Powder, dan juga Soda Kue berikut ini :

1 dari 2 halaman

Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Menurut info yang dihimpun dari llaman Heathline, Baking Soda adalah bahan ragi yang diguakan dalam makanan yang dipanggang seperti pada kue muffin dan juga buskuit. Baking soda ini juga disebut sebagai Natrium Bikarbonat.

Bentuk Baking Soda ini berupa serbuk putih yang bersifat basa. Baking Soda atau soda kue ini menjadi aktif jika dicampurkan dengan bahan asam dan cairan. Setelah aktif, Baking Soda menghasilkan karbon dioksida, yang memungkinkan makanan jadi mengembang saat dipanggang atau dikukus.

Itulah sebabnya kenapa resep yang menyertakan Baking Soda biasanya juga menyantumkan bahan asam. Seperti halnya jus lemon atau buttermilk.

2 dari 2 halaman

Baking Powder

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Masih dihimpun dari laman Healthline, Baking Powder tak sama dengan Baking Soda karena bukan zat ragi lengkap. Artinya, Baking Powder ini juga mengandung basa (Natrium Bikarbonat) dan asam yang dibutuhkan untuk produk bisa mengembang.

Biasanya, tepung jagung juga ditemukan dalam baking powder. Penambahan tepung jagung adalah sebagai penyangga untuk mencegah asam dan basa aktif selama penyimpanan. Namun persamaan Baking Powder dan Baking Soda adalah sama-sama bereaksi dengan air.

Nah berbeda dengan Baking Soda, Baking Powder biasanya digunakan untuk produk-produk yang tak lazim di buat di rumah. Baking Powder lazim digunakan oleh pabrik besar dengan skala pembuatan produk yang besar juga.

Namun kalau ada resep yang meminta menggunakan Baking Powder biasanya adalah dengan tujuan agar bisa menciptakan dua reaksi terpisah. Jadi kalau awalnya digabungkan dengan cairan pada suhu kamar, dan setelah itu dipanggang atau dikukus.

Itu dia guys beda Baking Soda dan Baking Powder. Jangan sampe ketuker ya, soalnya nanti pasti hasil kuenya beda.

Beri Komentar