Punya Tampilan Hampir Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 27 Oktober 2020 16:20
Punya Tampilan Hampir Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang
Apa ya perbedaan keduanya?

Siapa nih penggemar berat Nasi Padang? Kuliner yang satu ini emang salah satu makanan yang nggak ada obat. Sajian nasi hangat, dengan kuah rendang, sambal hijau dan merah, kemudian disandingkan dengan sayur nangka muda dengan santan lalu dipadukan dengan lauk pauk seperti ayam, daging, ikan dan lainnya, wah udah paling nikmat deh kuliner satu ini.

Nah, tapi beberapa orang ternyata banyak yang menyebut Nasi Padang sebagai nasi Kapau. Begitu juga sebaliknya, ada juga yang menyebut kalau Nasi Kapau adalah Nasi Padang. Padahal, baik Nasi Padang maupun Nasi Kapau, keduanya adalah makanan yang berbeda, lho. Hanya saja memang penampilannya mirip.

Nah, lalu apa aja sih perbedaan antara Nasi Padang dengan Nasi Kapau? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 3 halaman

Penyajian

Nasi Kapau © Diadona

Baik Nasi Padang maupun Nasi Kapau, keduanya memang sama-sama dari Sumatera Barat. Namun, keduanya punya perbedaan.

Nasi Kapau sejatinya merupakan nasi rames khas negeri Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Melansir dari berbagai sumber, ternyata Nasi Kapau hanya dijual oleh orang asli Kapau.

Kemudian, perbedaan yang lainnya adalah jari penyajiannya. Jika kita perhatikan, menu makanawn Nasi Padang selalu dipajang di etalase yang menghadap keluar warung. Sehingga, kita bisa melihat menu masakan padang ketika sebelum kita memasuki warung.

Nasi padang © Diadona

Berbeda dengan Nasi Kapau, kalau Nasi Padang menunya dipajang di etalase, menu dari Nasi Kapau disajikan di di atas meja yang letaknya lebih rendah dari si penjual. Lebih seperti prasmanan gitu. Jadi, kamu baru bisa memilih lauk ketika sudah masuk dalam restoran.

2 dari 3 halaman

Menu

Nasi Padang © Diadona

Nah untuk menunya sendiri juga ada perbedaan sedikit. Untuk menu Nasi Kapau, terdiri dari kol, rebung, pakis, dan juga kacang-kacangan. Sedangkan untuk bumbu gulanya, sama sama menggunakan bumbu gulai Padang seperti pada Nasi Padang, hanya saja Gulai Kapau ini tak banyak menggunakan santan. Jadi Gulai pada Nasi Kapau tidak terlalu kental. Gulai Kapau ini biasanya disajikan bersama tiga atau lebih lauk.

Nasi Kapau © Diadona

Sedangkan untuk lauknya memang hampir sama seperti gulai cincang, gulai ikan, bebek, babat, tambunsu atau usus, telur ayam, dendeng balado, sampai belut goreng. Yang menjadi signature dalam Kapau adalah Tambunsu ini. Ya, Tambunsu adalah hidangan berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan dalam adonan telur dan tahu.

Sementara untuk menu Nasi Padang, kita mungkin jarang melihat Tambunsu atau belut goreng disajikan dalam nasi Padang.

Beri Komentar