Gak Cuma Memberikan Rasa, Ternyata Ini Fungsi Penting Susu Dalam Membuat Kue

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 28 Oktober 2020 15:20
Gak Cuma Memberikan Rasa, Ternyata Ini Fungsi Penting Susu Dalam Membuat Kue
Kenali dulu cara penggunaan dan fungsi susu dalam memanggang kue.

Membuat kue memang membutuhkan beberapa bahan dasar seperti tepung, gula, telur, pengembang dan juga susu. Semua bahan itu ternyata sangat berpengaruh untuk membuat cita rasa kue menjadi lebih baik.

Sama halnya dengan susu. Susu dalam adonan kue untuk di-baking ditambahkan untuk menambah cita rasa pada kue. Kue terasa lebih enak jika ditambahkan dengan susu.

Terkait: Saat memilih susu kental manis, selalu perhatikan adanya izin edar produk yang dikeluarkan oleh BPOM sebagai jaminan keamanan pangan

Namun, susu ternyata punya fungsi lain dalam baking. Tak hanya menjadi penambah cita rasa, susu punya peran vital dalam proses baking pada kue. Apa aja itu? Melansir dari cakefever, berikut ulasannya.

1 dari 2 halaman

Fungsi susu Dalam proses Baking

Ilustrasi Susu dan Kue © Diadona

Susu punya beberapa fungsi dalam proses baking. Pada umumnya, susu akan memberikan rasa gurih dalam kue. Perlu diketahui, susu memiliki kandungan lemak dan protein. Protein pada susu dapat membantu membuat kue jadi terasa lebih lembut dan lembab atau istilahnya adalah moist. Selain itu, susu juga punya peran untuk men-coklat-kan permukaan kua. Kurang lebih fungsinya hampir sama seperti gula.

Namun, tak semua jenis susu cocok digunakan dalam proses baking. Jenis susu yang biasa digunakan baking adalah susu full cream. Beberapa resep mungkin menggunakan susu rendah lemak dalam proses memasaknya. Hanya saja, kemungkinan tekstur moist-nya akan berbeda jika menggunakan susu full cream.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Susu dan Kue © Diadona

Beberapa resep mungkin juga memasukkan susu bubuk dalam membuat kue. Hanya saja, kamu perlu mencairkannya dengan air seperti kita membuat susu untuk diminum. Namun, kamu perlu mengikuti jumlah takaran yang disebutkan dalam kemasan untuk memastikan susu tidak terlalu kental atau encer. Susu bubuk ini memiliki protein yang akan membantu pengembangan gluten, mencoklatkan kue dan lemaknya akan melembutkan adonan.

Intinya, Susu akan memberikan fungsi ganda di mana protein dalam susu akan melembutkan, memberikan kelembapan, dan menambah warna serta rasa pada makanan yang dipanggang. Selain itu, susu juga akan memberikan kekuatan dan struktur pada adonan.

Beri Komentar