Gak Cuma Satu, Ini lho 10 Jenis Durian yang Ada di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 3 November 2020 18:20
Gak Cuma Satu, Ini lho 10 Jenis Durian yang Ada di Dunia
Yang mana favoritmu?

Siapa nih penggemar durian? Buah dengan kulit yang tajam bak duri ini memang banyak disukai oleh masyarakat. Meskipun berduri, buah ini punya rasa yang manis dan lezat. Tak heran jika buah durian menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Namun, ada juga yang sangat membenci buah ini karena aromanya yang sangat tajam. Karena aromanya yang tajam ini membuat buah durian menjadi buah yang disukai sekaligus dibenci oleh orang-orang.

Tapi, berbicara soal durian, ternyata buah ini memiliki banyak jenis yang mungkin belum kamu tahu. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 10 halaman

Durian Mimang

Durian Mimang © Diadona

Yang bertama adalah Durian Mimang. Durian Mimang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian Mimang punya ciri kulit yang nampak kempes. Bentuknya sedikit Oval dengan ukuran yang lebih kecil. Diameternya sekitar 15 centimeter. Untk rasanya, durian Mimang ini punya rasa yanng manis, dengan tekstur berserat. Tebal kental dengan sedikit kelembaban dan sedikit rasa alkohol. Tebal daging skitar 2-3 centimeter dari biji.

2 dari 10 halaman

Durian Matahari

Durian Matahari © Diadona

Durian Matahari ini berasal dari Cimanggu, Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Durian Matahari ini punya warna cokelat kehijauan dan berbentuk elips. Ketebalan dagingnya sekitar 0,5-1 centimeter.

Untuk teksturnya, Durian matahari ini kental, kering, berlemak, manis dengan tekstur yang sangat halus. Durian matahari juga punya aroma yang cukup tajam.

Durian Matahari punya satu kekurangan, yaitu tak tahan hama. Durian ini diberi nama durian matahari karena warna dagingnya yang kuning seperti matahari.

3 dari 10 halaman

Durian Montong

Durian Montong © Diadona

Durian Montong menjadi durian yang paling ngehits di Indonesia. Durian Montong berasal dari Kalimantan. Durian montong menjadi yang paling terkenal karena memiliki daging dengan ukuran yang cukup besar. Durian montong punya rasa yang cenderung manis dan harum ketika dibuka.

Untuk bentuknya, durian montong punya bentuk lonjong yang tak beraturan. Durian montong punya berat mencapai 13 kg. Karena ukurannya inilah yang membuat buah durian Montong menjadi yang termahal di Indonesia.

4 dari 10 halaman

Durian Petruk

Durian Petruk © Diadona

Durian Petruk adalah durian yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Bentuknya lonjong dengan rasa yang khas yaitu Manis dan pahit. Untuk aromanya hampir sama tajamnya dengan durian montong. Namun, durian petruk punya keistimewaan yakni memiliki biji kecil dengan daging yang lebih tebal.

5 dari 10 halaman

Durian Candimulyo

Durian Candimulyo © Diadona

Durian Candimulyo adalah durian yang berasal dari Magelang. Durian ini memiliki ciri khas biji yang tebal dengan daging yang lebih tipis. Rasanya pun cenderung manis pahit dengan didominasi rasa pahit.

6 dari 10 halaman

Durian Ajimah

Durian Ajimah juga punya nama lain durian Bung Karno. Nama ini dipakai karena buah ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Presiden Soekarno.

Durian Ajimah berasal dari Ciomas, Bogor yang memiliki ciri duri besar. Kulitnya berwarna hijau keabu-abuan. Dagingnya berwarna kuning muda dan memiliki tekstur lebih kering. Selain itu, tekturnya berserat. Untuk rasanya sendiri, sedikit ada perpaduan manis dan pahit.

7 dari 10 halaman

Durian Salopa

Durian Salopa adalah jenis durian yang berasal dari Tasikmalaya. Durian ini punya buah yang tebal, manis dan legit. Kualitasnya hampir mirip dengan montong. Hanya saja ukuran buahnya sedikit lebih kecil dari montong.

8 dari 10 halaman

Durian Bawor

Durian Bawor © Diadona

Durian Bawor memiliki kemiripan dengan durian montong. Buanya tebal dengan biji yang kecil. Harganya juga nggak jauh beda dengan durian Montong. Tentu saja durian Montong yang lebih mahal.

Nah, untuk itu, kamu perlu berhati-hati ketika hendak membeli durian Montong. Bisa jadi penjual malah justru akan memberikan durian Bowor padahal kamu sudah membayar mahal.

9 dari 10 halaman

Durian Si Dodol

Durian Si Dodol ini berasal dari Karang Intan, Kalimantan Selatan. Kelebihan dari durian ini adlaah tahan terhadap serangan hama seperti fusarium dan penggerek buah. Sesuai namanya, durian ini memiliki bentuk yang memang seperti dodol.

Ukurannya kecil dan biasanya beratnya cuma 1,5 sampai 2,5 kilogram. Kulitnya berwarna hijau kekuningan dengan bagian duri tumpul dan kerucut. Dagingnya cukup tebal, kuning, halus, manis, berlemak dengan biji yang kecil.

10 dari 10 halaman

Durian Lay

Durian Lay © Diadona

Yang terakhir adalah Durian Lay. Durian Lay berasal dari lereng bukit di pedalaman Kalimantang Tengah. Buah ini berwarna oranye pucat. Rasanya manis, banyak yang mengatakan seperti ubi. Dagingnya tebal dan mengandung sedikit alkohol. Baunya tak begitu menyengat.

Nah, kalau kamu lebih suka durian yang mana, nih?

Beri Komentar