6 Cara Mengolah Daun Cincau jadi Minuman yang Segar, Anti Ribet dan Dijamin Anti Langu

Reporter : Arifina
Selasa, 9 Januari 2024 19:50
6 Cara Mengolah Daun Cincau jadi Minuman yang Segar, Anti Ribet dan Dijamin Anti Langu
Mengolah daun cincau menjadi minuman menyegarkan ternyata gak ribet dan mudah banget nih!

Cara mengolah daun cincau menjadi minuman yang menyegarkan ternyata cukup mudah. Proses pengolahan daun cincau memerlukan beberapa langkah agar dapat dinikmati secara maksimal.

Hasil olahan daun cincau hijau dapat menghasilkan berbagai menu minuman yang menyegarkan lho! Di antaranya, es cincau, es cincau gula merah, es cincau jelly, cincau serut dan masih banyak lainnya.

Tak hanya menghasilkan sajian yang menyegarkan, daun cincau ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan. Seperti, sifat antioksidan dan potensi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan

Dikenal dengan nama latin Cyclea Barbata, daun yang satu ini adalah bahan alami yang dikonsumsi dalam bentuk jelly atau puding di berbagai belahan Asia. Proses pengolahan dari daun segar ini menjadi cincau hijau yang dapat diolah menjadi minuman lezat dan menyegarkan ini memerlukan beberapa tahapan. Mulai dari perebusan hingga pembentukan jelly cincau hijau.

Cara mengolahnya sangat mudah, kamu cukup memperhatikan prosesnya berikut!

1 dari 7 halaman

Pastikan Daun Cincau Berkualitas Baik

Cara Membuat Cincau Hijau © Diadona

Sebelum memulai proses pengolahan, pastikan kamu memilih jenis daun cincau yang berkualitas baik. Hal ini penting untuk menghasilkan tekstur cincau jelly yang kenyal sempurna dan lembut.

Daun cincau yang berkualitas baik adalah yang memiliki warna hijau atau kehitaman. Jika kamu menemui warna tersebut artinya daun ini masih segar dan cocok untuk diolah.

Pilih juga daun cincau yang tidak layu dan bersih tanpa noda atau kotoran. Hindari memilih daun cincau yang mulai mengering atau layu. Sebab, hal ini akan mempengaruhi kualitas hasil akhir pengolahan cincau.

2 dari 7 halaman

Cuci Bersih Daun Cincau

Sebelum masuk dalam tahapan pengolahan, perlu diperhatikan betul agar daun cincau benar-benar bersih. Karena itu, cucilah terlebih dahulu daun cincau dengan air mengalir hingga bersih.

Pastikan sisa-sisa kotoran atau serpihan lainnya yang menempel pada daun cincau juga menghilang. Cucilah daun cincau secara lembut agar tidak hancur sebelum diolah ya!

Caranya, gosok halus semua bagian daunnya, mulai bagian tepi hingga batangnya. Hal ini agar sisa-sisa kotoran yang menempel benar-benar terangkat.

Tidak perlu menggunakan tenaga lebih untuk membersihkannya agar daun tidak rusak dan sobek.

3 dari 7 halaman

Perhatikan Proses Perebusan Daun Cincau

Cara Membuat Cincau hijau © Diadona

Setelah daun dicuci benar-benar bersih, saatnya masuk dalam tahapan pengolahan. 
Jika daun cincau telah dibersihkan, langkah selanjutnya rebus dengan air mendidih di dalam panci.

Rebuslah daun cincau hingga air rebusan berwarna hijau tua dan tekstur daun cincau menjadi lembut. Setelah itu, saring atau biarkan daun cincau dalam larutan air agar hasil warna cincau lebih bagus dan pekat.

Proses pemanasan atau perebusan pada daun cincau ini penting untuk dilakukan. Karena dapat membuat jaringan sel pada daun cincau menjadi lunak dan aroma langunya atau tidak sedap berkurang.

4 dari 7 halaman

Rendam di Air Mendidih

Sesaat setelah daun cincau direbus, langkah berikutnya rendamlah di dalam air hangat. Caranya, buang air rebusan sebelumnya setengahnya, kemudian tambahkan dengan air dingin matang secukupnya ke dalam wadah berisi daun cincau hijau.

Pastikan dalam proses ini seluruh bagian daun cincau terendam air sambil pijat atau remas perlahan. Cara ini untuk menghilangkan kembali kotorannya. Tidak perlu lama-lama saat proses merendamnya, dan ganti dengan air biasa lalu taruh di wadah atau cetakan.

5 dari 7 halaman

Siapkan Cetakan

Usai proses perendaman, maka saatnya membentuk olahan daun cincau menjadi jelly. Jadi, setelah air yang dibiarkan mengendap, saring larutan cincau hijau dan tuang ke dalam cetakan atau wadah.

Jika pada larutan daun cincau muncul buih putih, serok atau ambil dengan sendok agar tampilan permukaan lebih cantik dan menarik. Setelah itu, biarkan cincau hingga mengeras.

Kamu bisa menyimpannya dalam lemari es selama beberapa jam atau semalaman hingga mengeras sehingga cincau dapat membentuk cetakan atau wadah dengan baik.

6 dari 7 halaman

Sajikan dengan Menarik

Cara Mengolah Daun Cincau © Diadona

Setalah semua prosesnya dilalui, saatnya masuk ke tahapan penyajian. Umumnya, cincau hijau disajikan dengan es batu, santan, gula merah yang telah dicairkan.

Namun, selain itu kamu juga bisa menyajikan cincau hijau dengan mutiara sagu, sirup gula, atau irisan buah nangka diatasnya. Jika kamu mau yang simpel, tanpa harus disajikan dengan beberapa tambahan bahan tersebut cincau hijau sudah terasa enak dan segar.

Kamu juga bisa mengolah cincau hijau menjadi puding atau topping di aneka minuman yang dingin agar lebih lezat.

Nah, dengan enam cara mengolah daun cincau hijau di atas, kamu dapat membuat hidangan minuman segar ini sendiri di rumah. Sangat mudah dan praktis dalam mengolahnya, selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar