6 Tips Membuat Cincau Hijau, Lembut, Kenyal, dan Dijamin Anti Langu

Reporter : Arifina
Senin, 4 Desember 2023 16:07
6 Tips Membuat Cincau Hijau, Lembut, Kenyal, dan Dijamin Anti Langu
Hidangan cincau hijau cocok dinikmati dengan es dan santan kelapa.

Tips membuat cincau hijau yang segar, kenyal, dan lembut untuk isian minuman ternyata cukup mudah dilakukan. Cincau hijau terbuat dari daun cincau perdu yang biasanya juga ditambahkan daun pandan untuk menambah aroma wanginya.

Tidak hanya enak dan segar, ternyata cincau hijau mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh. Dilansir dari sehatq.com, cincau hijau mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, hingga kalsium.

Beberapa kandungan tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan tekanan darah, menyehatkan pencernaan, menstabilkan kadar gula darah, dan masih banyak manfaat lainnya.

1 dari 8 halaman

Tips Membuat Cincau Hijau © Diadona

Cincau hijau memiliki tekstur kenyal yang bisa dicampur dengan berbagai minuman segar. Salah satu minuman segar yang menggunakan cincau hijau untuk campuran minumannya, yaitu es cincau hijau santan.

Tanpa dicampur dengan beberapa bahan pelengkap, cincau hijau saja sudah enak untuk dikonsumsi llho! Namun, seringkali kita menemukan penjual cincau hijau yang terlihat kurang enak dan tidak segar.

Daripada membeli, membuat cincau hijau sendiri bisa dilakukan dengan mudah dan akan didapati rasa yang lebih enak. Bagaimana tips dan cara membuatnya? Simak beberapa tips membuatnya berikut yuk!

2 dari 8 halaman

Pilih Daun yang Bagus

Bahan utama untuk membuat cincau hijau ini adalah daun cincau perdu. Pastikan untuk memilih daun cincau perdu yang bagus dan berkualitas baik.

Cara memilih daun perdu ini cukup mudah, pilih daun yang memiliki warna tidak terlalu muda, tetapi tidak terlalu tua juga. Hal ini agar hasil cincau lebih segar dan memiliki kualitas baik.

Jangan pilih daun yang rusak, sebab bisa jadi daun terkontaminasi hama dan  berwarna kuning. Jika demikian, biasanya daun tersebut belum matang dan belum siap untuk diolah.

Selain daun cincau perdu, kalian juga bisa menambhjan daun pandan untuk campuran dalam membuat cincau hijau. Daun pandan dapat menambah aroma yang lebih lezat untuk hidangan cincau hijau.

3 dari 8 halaman

Cuci Bersih Daun Cincau Perdu

Cara Membuat Cincau Hijau © Diadona

Setelah memilih daun perdu yang bagus dan siap untuk diolah, segera rendam pada air biasa sebelum dicuci. Jika daun sudah direndam, kemudian siram daun dengan air bersih dan mengalir.

Bilas dan siram kembali dengan air dingin dan buang air bilasannya.  Kemudian, tiriskan daun di wadah saringan hingga air berkurang.

Setelah daun sudah kering, pindahkan daun cincau perdu ke dalam wadah yang bersih dan kering.

4 dari 8 halaman

Rendam Daun Cincau Perdu dengan Air Mendidih

Langkah selanjutnya, lakukan perendaman terhadap daun cincau perdu. Siapkan panci dan rebus air hingga mendidih untuk rendaman daun cincau perdu.

Jika air sudah mendidih, tuang ke dalam wadah berisi daun cincau perdu. Lalu, aduk hingga daun cincau perdu layu atau kusut.

Proses perendaman daun cincau perdu dengan air mendidih ini membuat jaringan sel daun menjadi lebih lunak dan aroma langu dari daun berkurang. Jika dirasa daun sudah mulai layu dan kusut, buang air panas dan ganti dengan air dingin yang matang secukupnya dalam wadah.

5 dari 8 halaman

Peras-peras Daun Cincau Perdu

Tips Membuat Cincau Hijau © Diadona

Tips selanjutnya, peras daun cincau dengan air bersih yang mengalir. Lakukan cara ini selama beberapa kali hingga air larutan daun cincau perdu tidak terlalu banyak mengeluarkan buih.

Setelah buihnya hilang, saring air perasan daun cincau perdu pada larutan air dan beri larutan kapur atau garam secukupnya. Air larutan ini dapat membuat  cincau menjadi lebih kental.

6 dari 8 halaman

Tuang dalam Cetakan

Daun cincau perdu mengandung gelatin yang dapat membuat air perasan menjadi tekstur yang berlendir dan lebih kental. Jadi, siapkan wadah atau cetakan untuk menuang larutan daun cincau perdu.

Jika saat doituang dalm cetakan memunculkn buih putih diatasnya, segera untuk serok buih putihnya dengan saringan atau sendok. Hal ini agar tidak larut dalam hasil cincau hijau.

Lalu, diamkan larutan daun cincau perdu dalam cetakan selama tiga sampai empat jam agar teksturnya menjadi padat dan kenyal.

7 dari 8 halaman

Siapkan Bahan Pelengkap

Tips Membuat Cincau Hijau © Diadona

Jika tekstur adonan cincau menjadi padat dan kenyal, artinya adonan cincau hijau sudah siap untuk dimakan dan segera keluarkan dari cetakan untuk disajikan.

Biasanya cincau hijau dijadikan minuman segar, seperti es cincau hijau. Bahan pelengkap untuk minuman es cincau hijau ini seperti, santan kelapa, es batu, dan sirup gula merah.

Untuk membuat sirup gula merah, biasanya menggunakan gula merah yang dicairkan dengan sedikit air yang menjadi sirup. Selain itu, bisa juga menambahkan bahan pelengkap lainnya, seperti biji selasih, agar-agar, atau cincau hijau yang dijadikan puding dengan diberi topping susu.

Dengan beberapa tips membuat cincau hijau di atas, kalian bisa membuatnya sendiri dirumah karena sangat mudah. Sebelum membuat cincau hijau, akan lebih pas jika menanam tumbuhannya sendiri rumah. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar