Resep dan Cara Membuat Cincau Hijau yang Kenyal dengan Blender, Minuman Segar yang Menyehatkan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 19 Desember 2020 14:01
Resep dan Cara Membuat Cincau Hijau yang Kenyal dengan Blender, Minuman Segar yang Menyehatkan
Cara membuat cincau hijau agak ribet, terlebih kalau kudu mencari daun cincau sendiri. Tapi rasanya enak banget dan kaya nilai gizi.

Cara membuat cincau hijau emang agak ribet sih. Makanya, banyak penjual cincau yang menyiasatinya dengan menggantinya dengan agar-agar yang mirip bentuk dan rasanya.

Cincau dibuat dari daun cincau dan air. Bahan dan proses pembuatannya sih sederhana. Yang bikin cara membuat cincau itu sulit adalah mencari keberadaan daun cincau itu sendiri.

Tapi pada kepo nggak sih kenapa selembar daun bisa menghasilkan cincau yang berbentuk kenyal seperti agar-agar? Ini karena daun cincau mengandungan komponen polisakarida pektin, komponen pembentuk gel. Nah pektin ini nih yang bisa membentuk gel cincau.

Setidaknya ada empat jenis s daun cincau yang tersebar yaitu cincau hijau baik jenis cincau hijau rambat maupun cincau hijau pohon. Trus cincau hitam dan juga cincau minyak. Namun, cincau yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat adalah cincau hijau, cincau pohon, dan cincau hitam. Setiap tanaman tersebut memiliki bentuk fisik yang berbeda satu sama lain.

Misalnya nih untuk daun cincau dari tanaman rambat Cylea Berbata. Daun ini berbentuk hati serta memiliki tektur permukaan daun yang kasar. Untuk hasil yang berkualitas, pilih daun cincau yang segar trus berwarna hijau pekat.

Langsung aja yuk nih cari tahu gimana cara membuat cincau berikut ini:

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Cincau Hijau agar Kenyal

Cara Membuat Cincau Hijau © Diadona

Minuman cincau banyak digemari masyarakat karena punya rasa khas, segar, kenyal, dingin dan harganya yang murah.

Dalam cara membuat cincau, yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih daun cincau yang berkualitas. Selanjutnya, cuci setiap lembarnya di bawah air mengalir dan bersih trus letakkan daun pada baskom.

Saat daun sudah bersih, masukkan air matang sampai seluruh daunnya terendam. Di beberapa resep mengunakan perbandingan 40 lembar daun cincau dan 1 liter air matang. Bila jumlah air terlalu banyak, cincau jadi gagal membentuk jeli trus jadi terlalu berair. Sedangkan kalau jumlah airnya terlau sedikti maka jeli jadi terlalu kental trus susah dikunyah.

Dengan tangan yang bersih, remas sampai daun jadi halus dan membentuk lembaran kecil trus air berubah jadi hijau pekat. Air bisa dituang langsung atau diberikan sedikit demi sedikit selagi diperas. Air ini lho yang nantinya akan berubah menjadi gel dalam cara membuat cincau hijau.

Selanjutnya, saring daun trus ambil bagian airnya aja. Tips agara hemat nih, ampas pada saringan pertama jangan langsung dibuang ya melainkan tambahkan sedikit air lalu remas kembali trus saring untuk memisahkan bagian ampas denga airnya.

Nantinya kamu akan melihat busa yang mengapung di permukaan air. Buang busa tersebut ya!

Hampir mencapai langkah terakhir dalam cara membuat cincau hijau nih. Letakkan air dalam wadah yang bisa ditutup, trus masukkan dalam kulkas kurang lebih selama tiga jam aja. Nantinya air ini bakalan mengeras seperti jeli. Dan, jadi deh cincaunya!

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Cincau Hijau dengan Blender

Cara Membuat Cincau Hijau © Diadona

Untuk mendapatkan bahan yang nantinya berubah menjadi cincau, daun cincau kudu diremas dengan kuat sampai membentuk serpihan kecil. Tapi daripada ribet dan tidak higienis, kamu bisa menggunakan blender lho.

Cara membuat cincau hijau dengan blender dilakukan dengan memblender daun cincau sampai halus, trus kemudian remas-remas sampai berbusa. Selanjutnya, saring bagian ampas untuk memisahkannya dari bagian cairan.

Sama halnya dengan cara membuat cincau hijau lainnnya yah, cairan hijau ini selanjutnya didiamkan di kulkas sampai berbentuk kayak jeli kurang lebih semalaman.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Es Cincau Hijau

Cara Membuat Cincau Hijau © Diadona

Nggak cuman segar, es cincau hijau juga menyehatkan lho. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Gajah Mada, cincau hijau mengandung zat terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Es cincau biasanya dibuat dari santan dan gula merah. Rasanya gurih dan juga manis menyegarkan.

Ilustrasi Es Cincau © Diadona

Cara membuat es cincau hijau bisa kamu simak nih dari resep Susan Mellyani berikut ini:

Bahan:

- Cincau hijau, bisa diserut atau disendokin aja
- 500 ml susu cair full cream putih
- 100 gram gula merah
- 1 sdm gula pasir
- 1 lembar daun pandan simpulkan
- 175 ml air

Cara Membuat Es Cincau Hijau

Pertama, campur gula merah, air daun pandan dan juga gula pasir di panci, didihkan sampai gula larut. Saring untuk menghilangkan kotoran yang biasanya ada pada gula merah.

Campur susu cair dengan gula merah yang udah dicairkan, trus aduk sampai rata. Masukkan cincau trus aduk rata dan sajikan dingin.

Cara membuat cincau hijau emang sederhana banget, tapi penting untuk memperhatikan beberapa tipsnya berikut ini:

Pertama, pastikan menggunakan daun yang benar untuk menghasilkan cincau yang segar dan kenyal.

Jangan membuat terlalu banyak karena cincau cuman tahan disimpan selama satu minggu di kulkas.

Cara membuat cincau hijau emang ribet sih, tapi worthy banget untuk minuman segar pelepas dahaga.

Beri Komentar