5 Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak, Kamu Sudah Tahu Belum?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 17 Oktober 2022 15:25
5 Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak, Kamu Sudah Tahu Belum?
Ternyata cara mengetahui telur busuk atau tidak gampang banget hahaha

Telur adalah sumber makanan yang memiliki protein tinggi. Telur juga banyak dikreasikan menjadi makanan yang lezat dan kaya akan gizi. Tapi itu untuk telur yang bagus ya, nggak berlaku untuk telur yang busuk.

Lalu, bagaimana cara mengetahui telur busuk atau tidak?

Tentu ada banyak cara mengetahui telur busuk atau tidak. Mungkin cara yang paling populer adalah dengan cara membaunya. Jika baunya menyengat bisa dipastikan jika telur tersebut busuk.

Diadona telah merangkum cara mengetahui telur busuk atau tidak dari berbagai sumber. Tentu saja ini bisa kamu jadikan referensi sederhan jika membutuhkannya. Yuk simak cara-caranya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

1. Masukkan Telur dalam Air

Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak © Diadona

Memasukkan telur ke dalam air atau menenggelamkannya adalah cara mengetahui telur busuk atau tidak yang pertama. Kamu bisa menggunakan mangkok, gelas ukuran besar, atau pun tempat lain untuk mencoba cara ini.

Jadi, bila telur tenggelam ke dasar dan berbaring miring, artinya telur tersebut masih segar. Namun, jika tenggelam dalam posisi berdiri di dasar bawah gelas atau mangkuk, artinya telur tersebut tidak segar tetapi masih bisa dimakan. Tapi, jika telur mengapung, maka kita tidak boleh memakannya.

Melansir dari Healthline, kulit telur bersifat semipermeabel atau dapat ditembus udara. Jadi, semakin tua usia telur, semakin banyak pula udara yang bisa masuk menembus cangkang. Itulah mengapa telur yang sudah tidak segar akan mengapung.

2 dari 4 halaman

2. Cium Bau Telur

Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak © Diadona

Cara mengetahui telur busuk atau tidak yang selanjutnya adalah dengan mencium atau mengendus bau telur. Jika telur hanya berbau amis biasa telur tersebut masih segar. Namun jika sudah berbau menyengat maka telur tersebut bisa dipastikan sudah busuk.

Selain itu, kamu juga bisa melihat dari tekstur telur. telur busuk biasanya memiliki ciri-ciri tekstur putih telur yang lebih encer dan lebih berair. Biasanya, ini juga akan diikuti dengan aroma kuat dan menyengat.

3. Periksa Detail Cangkang

Cara mengetahui telur busuk atau tidak juga bisa diketahui dengan tanpa memecah telur. Ini akan sangat berguna ketika kamu belanja. Jadi periksa dengan detail apakah cangkang masih dalam kondisi baik dan tidak retak atau licin. Cangkang yang retak atau licin bisa mengindikasikan adanya bakteri.

Selain itu, apabila bagian luar cangkang terasa seperti bubuk, mungkin saja sudah berjamur.

3 dari 4 halaman

4. Periksa Tanggal Expired

Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak © Diadona

Jika kamu belanja di supermarket, kamu bisa mengecek tanggal kadaluwarsa telur tersebut. Ini bahkan akan menjadi cara mengetahui telur busuk atau tidak yang paling praktis.

Tapi ini juga belum bisa dijadikan patokan pasti. Apalagi jika telur disimpan dalam lemari pendingin yang dapat menjaga kualitas dengan mencegah tumbuhnya bakteri.

5. Kocok Telur

Cara mengetahui telur busuk atau tidak bisa dengan mengocok telur tersebut. Caranya gampang, pegang telur di dekat telinga dan kocok telur tersebut. Jika kamu mendengar cairan berdesir di dalam, itu sudah buruk. Di sisi lain, tidak ada suara berarti kondisi telur tersebut masih bagus.

Jadi itu ya cara mengetahui telur busuk atau tidak yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu ada cara lain yang lebih praktis tulis di kolom komentar ya. Selamat mencoba Diazens!

Beri Komentar