6 Cara Agar Nasi Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama, Gak Boleh Skip Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Oktober 2022 13:19
6 Cara Agar Nasi Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama, Gak Boleh Skip Moms!
Moms tahu gak sih ternyata ada tips penting yang bisa diterapkan saat memasak nasi lho!

Nasi menjadi salah satu sumber makanan guna memenuhi kebutuhan karbohidrat. Ada yang bilang, bagi orang Indonesia makan kalau gak pakai nasi serasa belum kenyang. Yap, nasi di sini sudah menjadi kebutuhan pangan utama untuk kebanyakan masyarakat Nusantara.

Tapi Moms tahu gak sih ternyata ada tips penting yang bisa diterapkan saat memasak nasi lho! Berikut adalah cara agar nasi tidak cepat basi, simak yuk!

1 dari 6 halaman

1. Cuci Beras sampai Bersih

Cara agar nasi tidak cepat basi yang pertama adalah mencuci beras sampai bersih. Bisa dilihat dengan air bilasan yang bersih ditandai dengan warnanya bening. Tak hanya itu, Moms haus memastikan beras terhindar dari kutu dan kotoran. Tidak hanya membuat beras bersih, tips pertama ini juga bisa membuat nasi yang Moms masak jadi lebih tahan lama dan pulen.

2 dari 6 halaman

2. Pakai Air yang Cukup

Penting bagi Moms mengetahui pemakaian air yang sesuai panduan dari rice cooker. Jangan gunakan terlalu banyak air atau bahkan sampai kurang. Air yang terlalu banyak membuat nasi jadi lembek dan basah, sebaliknya air yang kurang membuat nasi jadi keras bahkan tak bisa matang. Oleh karena itu, pakai air sebanyak satu ruas jari dari permukaan beras agar nasi mampu matang sempurna.

3 dari 6 halaman

3. Aduk Nasi Sesegara Mungkin Pasca Matang

Cara Agar Nasi Tidak Cepat Basi © Diadona

Cara agar nasi tidak cepat basi selanjutnya adalah mengaduk setelah nasi matang. Aduk nasi dari bagian atas hingga permukaan bawah ya Moms. Proses mengaduk ini bertujuan supaya uap panas yang mengendap pada bagian atas dapat tersebar ke seluruh bagian nasi. Jika tidak diaduk segera setelah nasi matang, maka bagian bawah nasi akan lebih basah, cepat basi dan bisa jadi mengeras.

4 dari 6 halaman

4. Pindahkan ke Wadah Plastik

Jika Moms memasak nasi terlalu banyak dan tidak habis, sangat disarankan agar tidak menyimpannya di rice cooker apalagi sampai seharian ya. Sebagai tambahan informasi, nasi hanya bertahan 3 jam di dalam rice cooker Moms. Jadi, agar nasi tahan lebih lama, pindahkan nasi ke dalam wadah plastik yang food grade dan BPA free. Tutup rapat wadah plastik setelah nasi dingin agar bisa lebih tahan lama.

5 dari 6 halaman

5. Simpan Sisa Nasi di Kulkas

Cara agar nasi tidak cepat basi selanjutnya bisa dilakukan dengan menyimpan sisia nasi ke dalam kulkas. Moms cukup memasukkan nasi ke wadah plastik, tutup rapat, lalu simpan ke dalam kulkas.

Saat ingin dihidangkan, Moms hanya perlu mengukusnya sebentar agar jadi kembali lunak. Namun perlu diingat kalau nasi hanya bertahan semalaman di dalam kulkas dan setelahnya akan mengeras. Oleh karenanya, akan ebih baik kalau Moms masak nasi secukupnya saja ya.

Beri Komentar