9 Cara Makan Pete Agar Tidak Bau secara Ampuh dan Gampang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 12 Oktober 2022 23:42
9 Cara Makan Pete Agar Tidak Bau secara Ampuh dan Gampang
Dengan tau cara makan pete agar tidak bau ini, kamu jadi bisa menyantap sajian favoritmu tanpa insecure!

Menyantap lalapan dengan pete dan sambal tomat terasi memang terasa nikmat. Rasa pete yang khas gurih sedikit pahit dengan tekstur yang keras. Dan yang pasti, baunya yang unik tertinggal dalam mulut dan pada air seni setelah memakannya.

Trus gara-gara bau tersebut nih, banyak orang mengindari mengkonsumsinya. Padahal ternyata ada banyak cara makan pete agar tidak bau lho! Mulai dari menggorengnya terlebih dahulu sampai merendamnya dengan air garam.

Tapi kira-kira apa ya penyebab pete bau?

Di dalam biji petai terkandung beberapa zat seperti hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, dan tetrathiepane. Setiap kali habis makanpetai, apakah kamu langsung merasa ingin kentut terus menerus? Nah itu karena di dalam petai juga terdapat asam amino dalam konsentrasi tinggi trus mengasilkan gas metana, penghasil kentut dalam tubuh.

Gimana cara menghilangkan bau pada pete ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar pete tidak bau. Cari tahu yuk agar kamu bisa menikmatinya tanpa menimbulkan rasa nggak nyaman.

1 dari 4 halaman

Dibakar Sebelum Disantap

Cara Makan Pete Agar Tidak Bau © Diadona

Menyantap pete segar memang nikmat, tapi tahukah kamu kalau membakar pete merupakan salah satu cara makan pete agar tidak bau sekaligus meningkatkan cita rasanya? Nggak percaya, cobain aja! Bakar pete bersama dengan kulit arinya ya, lalu kupas sebelum disantap.

Membakar pete bisa kamu lakukan dengan dua cara yakni langsung membakar biji petai tanpa mengeluarkannya dari lonjoran atau pisahkan dari lonjoran tanpa mengupasnya terlebih dahulu. Biar lebih mudah, tusuk pete lalu bakar. Setelah cukup pas, coba rasakan deh. Pete yang dibakar menghasilkan bau khas pete yang berkurang di mulut dan air seni sekaligus bikin rasanya lebih gurih dan unik.

Goreng Petai

Membakar petai sebagai cara agar tidak berbau mungkin agak ribet yah? Kalau gitu kamu bisa mengolahnya dengan cara digoreng dalam minyak menggunakan api kecil. Goreng dengan kulit arinya agar metode penghilangan baunya semakin efektif.

Sama dengan cara dibakar, menggoreng petai sebagai cara makan petai agar tidak bau juga akan menghasilkan rasa yang lebih gurih, rasa pahit dan bau yang berkurang serta daging petai lebih renyah.

2 dari 4 halaman

Rendam dengan Air Garam

Sebelum diolah, rendam pete yang udah dikupas dengan air garam selama kurang lebih 30-45 menit. Diadona nggak nemuin penjelasan ilmiah mengapa perendaman ini bia sebagai cara makan pete agar tidak bau, namun beberapa netizen sudah mencobanya dan ternyata ampuh juga lho!

Rebus Pete

Ada lagi nih cara makan pete agar tidak bau yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu bersama dengan kulitnya. Rebus pete sampai empuk dan matang, kupas kulitnya baru deh dicampurkan ke masakan. Selain baunya yang berkurang, teksturnya juga jadi lebih lembut.

Nah terus gimana kalau udah terlanjur makan pete yang diolah tanpa melewati proses di atas trus bikin mulut dan air seni kita bau? Tenang aja, Diadona juga udah ngumpulin beberapa cara menghempaskan baunya di mulut kok.

3 dari 4 halaman

Minum Kopi

Ilustrasi Pete © Diadona

Beberapa netizen di twitter menyebut kalau minum segelas kopi setelah makan pete bikin nafas bau naga dan bau kamar mandi jadi nggak parah-parah amat. Malah ada juga nih yang menyebut selain minum kopi, menggosok gigi dengan bubuk kopi juga bikin bau pete hilang.

Bentar kok bisa? Nah itu sih Mimin belum nemu penjelasan ilmiahnya, cuman emang seperti yang kita ketahui kalau bubuk kopi dikenal sebagai penghilang bau buat kulkas, dapur dan ruang-ruang yang rentan kena bau tak sedap. Hmm, kamu mau nyoba?

Makan Apel

Sobat asam lambung yang nggak boleh minum kopi bisa nyobain makan apel sebagai cara menghilangkan bau pete setelah memakannya. Selain apel, kamu juga bisa makan selada atau mengunyah daun minta. Dilansir dari liputan6.com, satu studi menunjukkan bahwa susunan kimiawi apel mentah, selada, atau mint membantu menghilangkan bau napas.

4 dari 4 halaman

Minum Susu

Ilustrasi Petai © Diadona

Minum susu terbukti ampuh buat menghilangkan rasa pedas yang tertinggal di lidah dan juga mampu membnu membersihkan mulut dari bau pete. Kemungkinan nih ini terjadi karena susu puna kemampuan sebagai pallate cleanser yakni penetral mulut. Meski begitu belum diketahui keefektifitasan cara makan pete agar tidak bau menggunakan susu ini. Kamu mau nyoba?

Menggosok Gigi

Respon pertama mendapati bau napas tak sedap di mulut tentu adalah dengan menyikat ggi. Selain wangi pete berkurang, bonus pula gigi berih dari sisa makanan yang masih tertinggal. Eh tapi nih ternyata menggosok gigi segera setelah makan itu nggak baik buat kesehatan gigi lho!

Dikutip dari Klik Dokter, hal ini justru mempercepat proses kerusakan gigi, apalagi bila makanannya mengandung asam yang bisa melemahkan enamel gigi. Ketika makan, kadar asam meninggat, sehingga gigi pun dalam kondisi yang lemah. Ketika setelah makan langsung gosok gigi, lapisan enamel bisa terkikis dan rusak. Bahkan American Dental Association (ADA) menyebutkan bisa menyebabkan kerusakan gigi permanen dalam jangka panjang.
Lalu kapan waktu yang tepat buat sikat gigi? Yakni 30-60 menit setelah makan.

Berkumur dengan Mouth Wash

Berkumur dengan mouthwash juga bikin bau pete kabur sekaligus bikin napas jadi lebih segar! Rasa mintnya yang segar menetralkan bau pete. Caranya gampang banget! Setelah makan pete, gosok gigi lalu lanjutkan dengan berkumur dengan mouthwash.

Dengan cara-cara makan pete agar tidak bau seperti di ata, kamu jadi bisa menikmati sajian favoritmu ini tanpa insecure!

Beri Komentar