5 Cara Membersihkan Babat Sapi dari Kotoran dengan Mudah, Agar Masakan Kamu Lebih Enak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 14 September 2022 16:39
5 Cara Membersihkan Babat Sapi dari Kotoran dengan Mudah, Agar Masakan Kamu Lebih Enak
Cara membersihkan babat sapi bisa dengan garam kasar baik dengan cara digosok dan direbus

Sebelum cari resep dan menu apa saja dalam mengolah babat sapi, penting banget buat tahu dulu nih gimana cara membersihkan babat sapi. Why? Sebab bisa sjaa masih ada kotoran yang tertinggal di dalamnya.

Babat sapi sendiri jeroan sapi bagian lambung yang bertekstur kenyal. Babat sapi punya empat jenis dengan tektus yang berbeda dan cuman tiga diantaranya yang biasanya diolah menjadi makanan.

Babat yang berasal dari sapi yang baru disembelih akan berwarna kekuningan. Tapi mungkin kamu melihat babat yang sudah berwarna pucat yang dijual di pasar. Nah babatini nih biasanya sudah dibersihkan dengan mengunakan larutan klorin untuk menghilangkan kotoran

Dan karena babat ini merupakan bagian jeroan sapi, membersihkannya sebelum mengolah adalah salah satu step penting. Bila langkah ini tak dilakukan dengan benar, olahan babat jadi tak benar-benar lezat.

Dilansir dari berbagai sumber, yuk ketahui cara membersihkan babat sapi dengan benar berikut ini.

1 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Cara Membersihkan Babat Sapi yang Berwarna Hitam Babat Sapi yang Berwarna Hitam Cara Membersihkan Babat Sapi yang Berwarna Hitam

Cara Membersihkan Babat Sapi © Diadona

Kalau kamu membeli babat yang berwarna hitam di pasar, begiini nih cara membersihkannya seperti dikutip dari laman The Spurce.

  • Caranya, mulai dengan memotong dan membuang semua lemak yang tidak diinginkan dan apa pun yang nggak terlihat seperti babat.
  • Gosok seluruh bagian babat dengan meggunakan garam kasar trus bilas dengan cuka
  • Ulangi proses ini sampai nggak ada kotoran yang terlihat
  • Kemudian, kerok seluruh permukaan babat dengan pisau panjang yang tajam.
  • Terakhir, bilas babat beberapa kali dengan air mengalir agar kotoran lekas hilang
  • Kamu juga bisa menggunakan skat berbulu halus untuk membantu menghilangkan kotoran babat secara lebih optimal

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Babat Sapi Putih

Babat sapi yang berwarna putih adalah babat yang sudah dibersihkan dan ditambah dengan larutan pemutih. Apakah babat yang ini sudah siap dimasak?

Well, kamu kayaknya perlu melakukan beberapa cara sederhana untuk menghilangkan klorin yang masih menempel. Sebab bila tak sepenuhnya hilang, klorin ini bisa menimbulkan bau tak enak pada masakan. Gimana cara menghilangkannya?

Cuci dan bilas babat ini dengan menggunakan air mengalir. Lakukan selama beberapa kali agar larutan pemutih atau klorin ini hilang dari.

3 dari 4 halaman

Masak dengan Tambahan Garam

Cara Membersihkan Babat Sapi © Diadona

Apakah cara membersihkan babat sapi ini cukup? Well, untuk meyakinkan kamu lagi bahwa babat sudah bener-bener bersih, masak babat dengan menggunakan air garam.

Caranya dengan masukkan babat ke dalam panci berisi air mendidih dan tutup. Tambahkan banyak garam. Biarkan mendidih lagi selama 10 menit trus buang airnya, bilas dengan air dingin selama beberapa kali. Proses ini seklaigus untuk menghilangkan garam yang masih menempel sehingga babat jadi tak asin.

4 dari 4 halaman

Bersihkan dengan Ujung Pisau

Setelah dididihkan, tempatkan babat pada permukaan yang rata trus gunakan pisau yang tajam untuk mengikis permukaan babat secara perlahan dan singkirkan bagian yang bukan babat. Perhatikan di bagian kantong, lipatan, dan celah babat.

Potong Babat

Sebenernya ini bukan salah satu cara membersihkan babat sapi sih hanya merupakan langkah awal memasak. Mengutip The Manual, kamu bisa potong babat dengan bentuk dan ukuran tergantung pada hidangan apa yang pengen kamu masak. Emang sih nggak ada salahnya memasak babat tanpa dipotong lebih dulu. Tapi kalau dipoton setelah merebus setengah matang akan sangat mempersingkat waktu memasak.

Lagian kalau babat sapi dipotong setelah dimasak, kemungkinan babat yang sudah empuk dan lembut nggak bisa menahan terlalu banyak perlakuan dari kita.

Cara membersihkan babat sapi harus kamu perhatikan benar-benar ya, kan sayang kalau hidangan kamu jadi nggak optimal gara-gara babat kurang bersih.

Beri Komentar