Bentuknya Sama, Ternyata Sushi dan Kimbab Punya Perbedaan yang Jauh

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 8 Oktober 2020 12:20
Bentuknya Sama, Ternyata Sushi dan Kimbab Punya Perbedaan yang Jauh
Sushi dari Jepang dan juga Kimbab yang dari Korea Selatan ini memang punya bentuk dan cara makan yang sama. Namun, mereka adalah makanan yang berbeda.

Kamu penggemar Sushi? Makanan ala Jepang ini kini memang udah nge-hits di Indonesia. Bahkan beberapa restoran Jepang udah nyediain menu Sushi untuk bisa kita nikmati.

Nah, selain Sushi, ada juga kuliner sejenis yakni Kimbab. Kimbab adalah makanan khas Korea Selatan yang punya bentuk mirip banget dengan Sushi. Kalau misalnya dilihat, kita akan menganggap kalau Kimbab adalah Sushi, padahal, kedua makanan ini cukup berbeda meskipun bentuk dan tampilannya sangat mirip.

Lalu apa sih perbedaan antar keduanya? Yuk kita simak!

1 dari 6 halaman

Bumbu

Ilustrasi Sushi © Diadona

Melansir dari Buzzfeed, Sushi di Jepang biasanya dibumbui dengan cuka beras. Sedangkan untuk Kimbab biasanya menggunakan minyak wijen sebagai bumbunya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap rasanya.

Jika Sushi lebih ke gurih asam segar, sedangkan Kimbab punya rasa yang gurih dan segar.

2 dari 6 halaman

Isi

Ilustrasi Kimbab © Diadona

Dari rasa memang udah jelas berbeda. Isinya pun juga berbeda antara sushi dengan Kimbab.

Sushi cenderung berisi ikan mentah seperti salmon. Namun, di Indonesia juga sering menggunakan ikan matang untuk menarik pasar yang lebih banyak. Jadi, Sushi cenderung punya rasa dan nuansa seafood.

Berbeda dengan kimbab, isi kimbab biasanya disajikan dengan daging yang telah dimasak, nasi, ditambah sayuran seperti bayam, wortel, serta telur dadar sebagai pelengkapnya.

3 dari 6 halaman

Varian Sushi Lebih Banyak

Ilustrasi Sushi © Diadona

Varian bentuk sushi lebih beragam. Ada yang ikan ditaruh di atas nasi, ataupun dalam gulungan nasi. Ada juga yang nasi digulung dengan rumput laut sebagai kulitnya, ada juga yang nasi berada di posisi paling luar, sementara rumput laut di dalam gulungan. Pokoknya variasi bentuknya lebih banyak.

Sedangkan untuk Kimbab, variasinya hanya berbentuk bulat yang dilapisi rumput laut.

4 dari 6 halaman

Sushi Makanan Berat, Kimbab Street Food

Ilustrasi Sushi © Diadona

Di Korea Selatan, kimbab lebih sering dijajakan di pinggir jalan sebagai street food. Selain itu, Kimbab sering menjadi lunch box untuk dibawa ke sekolah atau tempat kerja.

Berbeda dengan Sushi. Di Jepang, sushi lebih seperti makanan berat yang disajikan dan dimakan langsung di restoran. Bukan untuk take away.

5 dari 6 halaman

Varian Nasi Kimbab Lebih Beragam

Ilustrasi Kimbab © Diadona

Meskipun bentuk kimbab cenderung sama, namun kimbab punya varian nasi yang cukup beragam untuk digunakan. Beberapa kimbab menggunakan nasi merah, nasi coklat, ataupun nasi hitam untuk digunakan.

Sedangkan sushi cenderung menggunakan beras Jepang yang lebih lengket dibandingkan dengan nasi jenis lain.

6 dari 6 halaman

Nah, itulah beberapa perbedaan antara sushi dengan kimbab. Kalau kamu lebih suka yang mana, nih?

Beri Komentar