Marak Pemakaian Edible Stamp Sebagai Penghias Makanan, Emang Bahan Utama Pembuatannya Apa sih?

Reporter : Nasa
Sabtu, 3 Oktober 2020 09:48
Marak Pemakaian Edible Stamp Sebagai Penghias Makanan, Emang Bahan Utama Pembuatannya Apa sih?
Belakangan tak hanya cake, edible stamp juga digunakan untuk jenis makanan lain.

Perkembangan dunia kuliner menuntut beragam inovasi dari para pegiatnya. Belakangan, ada salah satu tren makanan mulai dirintis oleh para pelaku Usaha Kuliner Menengah (UKM). Yakni pemakaian 'edible stamp' untuk mempercantik makanan.

Edible stamp biasanya digunakan untuk menghias kue atau cake, agar menjadi lebih cantik dan indah dipandang. Biasanya gambar yang tertera pada edible stamp adalah potret kartun-kartun lucu, hingga foto manusia.

Tapi kamu pernah gak sih penasaran, apa bahan utama pembuatan edible stamp tersebut. Apalagi visualnya warna-warni banget seperti halnya stiker tinta konvensional pada umumnya. Usut punya usut sih, edible stamp juga dibuat dengan cara di print.

1 dari 2 halaman

Terbuat dari Tinta Khusus

Ilustrasi Cake dengan Edible Stamp © Diadona

Menurut info dari berbagai sumber, edibe stamp ini terbuat dari tinta khusus. Nah tinta khusus tersebut dibuat dari cairan gula dengan warna-warna menarik. Bahkan tak hanya tintanya, kertas edible stamp pun bisa dimakan.

Nah, saat ini edible stamp sendiri sudah mulai mudah ditemui diberbagai wilayah di Indonesia. Khususnya di toko-toko kue. Biasanya edible stamp langsung dikemas dalam satu paket dalam sebuah plastik.

2 dari 2 halaman

Bisa Gunakan Mesin Print Kertas

Ilustrasi Makanan dengan Edible Stamp © Diadona

Meski edible stamp ini adalah produk pangan khusus, tapi proses pembuatannya bisa menggunakan printer biasa loh. Tapi syaratnya harus gunakan mesin printer kertas yang baru. Ya biar gak terkontaminasi sama tinta biasa.

Edible stamp ini biasanya ditempelkan langsung pada kue atau cake menggunaan White Cooking Chocolate. Jadi gak bisa sembarang nempel juga. Kalau lihat dari bahan-bahannya sih aman ya. Gimana nih menurutmu?

Beri Komentar