Lagi Tren Digunakan, Apa sih Beda Kaldu Jamur sama Penyedap Rasa Pada Umumnya?

Reporter : Nasa
Jumat, 2 Oktober 2020 15:17
Lagi Tren Digunakan, Apa sih Beda Kaldu Jamur sama Penyedap Rasa Pada Umumnya?
Beda gak sih antara kaldu jamur sama micin?

Memasak jadi salah satu rutinitas yang legi ngetren nih semasa pandemi belakangan ini. Gak heran kalau banyak banget resep-resep kuliner yang tiba-tiba jadi viral.

Pas awal-awal pandemi ada minuman viral Dalgona asal Korea. Terus ada juga Garlic Cheese Bread yang viral juga di berbagai media sosial. Mulai dari TikTok hingga instagram.

Namun selain kuliner-kuliner unik, banyak juga kok menu makanan rumahan khas Indonesia yang viral juga. Salah satunya adalah sambel bawang hingga pangsit goreng.

Nah resep-resep makanan itu biasanya menggunakan tambahan kaldu jamur guys. Tapi apa sih sebenernya kaldu jamur itu? Ada yang bilang sih kaldu jamur itu lebih sehat ketimbang penyedap instan lainnya.

Tapi emang beneran ya?

1 dari 3 halaman

Bahan Utama Pembuatan Kaldu Jamur

Ilustrasi Jamur Tiram © Diadona

Ya yang namanya kaldu jamur sih bahan utamanya pasti menggunakan jamur ya. Lalu selebihnya bisa gunakan bumbu tambahan lain seperti bawang merah dan bawang putih. Sebenernya kaldu jamur ini bisa banget kamu buat di rumah.

Soalnya cara pembuatannya memang sederhana banget. Ini admin juga nemu resep pembuatan kaldu jamur dari akun Cookpad Aini Mamatararegianusa.

  • Bahan Pembuatan Kaldu Jamur :

200 gram jamur tiram
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 batang wortel (50 gram)
1 batang seledri (10 gram)
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada halus
1/4 sdt ketumbar bubuk (tambahan dari saya)
50 cc air matang untuk blender

  • Langkah Pembuatan :

1. Cuci bersih semua bahan, lalu tiriskan. Suwir jamur tiram, dan potong-potong kasar semua bahan lainnya.
2. Masukkan ke blender semua bahan. Lalu pindahkan ke loyang anti lengket
3. Panggang di oven menggunakan api kecil.Hingga asat dan kering. Biarkan dingin suhu ruangan. Blender hingga halus hingga jadi bubuk. Kaldu jamur bubuk siap pakai disimpan dalam toples kedap udara.

2 dari 3 halaman

Kaldu Jamur Instan

Seiring dengan tren penggunaan kaldu jamur yang semakin meningkat. Ternyata mulai banyak bermunculan kaldu jamur instan yang dikeluarkan oleh berbagai brand bahan makanan instan kenamaan.

Tapi nih, apa iya kaldu jamur instan sama sekali tak menggunakan Monosodium Glutamante (MSG)? Nah admin nemu sebuah akun TikTok yang mengulas soalsi kaldu jamur instan ini. Adalah akun TikTok dengan nama @ilmumakanan.

Kaldu Jamur Instan © Diadona

3 dari 3 halaman

Kalau kata akun itu sih, sebaiknya kita bisa membedakan antara kaldu jamur betulan sama kaldu dengan rasa jamur. Soalnya ada salah satu brand populer atau yang identik dengan kaldu jamur instan ternyata bahan utamanya bukan jamur.

Kaldu Jamur Instan © Diadona

Soalnya akun tersebut mengungkap fakta kalau kaldu instan tersebut bahan dominannya adalah garam, perasa (Mononatrium L-glutamat and Dinatrium 5-ribonukleetida). Baru bahan terakhir yang digunakan adalah jamur. Intinya sih masih tetap ada komponen penyedapnya juga.

Nah itu dia guys. Kalau mau beneran murni kaldu jamur ya bisa bikin sendiri sih. Atau kamu ada nemu kaldu jamur dipasaran yang beneran murni? Bagiin info ke kita ya.

Beri Komentar