Waspada! Pakaikan Masker Kain ke Anak Usia di Bawah 2 Tahun Justru Berbahaya

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 4 Juni 2020 08:37
Waspada! Pakaikan Masker Kain ke Anak Usia di Bawah 2 Tahun Justru Berbahaya
Perhatikan Moms!

Di tengah wabah corona yang sedang menyerang Indonesia, masyarakat diwajibkan untuk melakukan physical distancing guna mengurangi penyebaran virus COVID-19. Jika memang terpaksa harus pergi ke luar rumah, masyarakat disarankan untuk menggunakan masker agar nggak tertular atau menularkan virus corona.

Nggak hanya orang dewasa saja, saat ini anak-anak juga menggunakan masker untuk melindungi diri mereka. Tapi yang nggak banyak diketahui oleh orang tua adalah ternyata penggunaan masker kain bisa sangat berbahaya untuk anak usia di bawah dua tahun lho!

1 dari 3 halaman

ilustrasi anak sakit © Diadona

Dilansir dari Healthy Children, untuk melindungi diri kita dan orang lain dari COVID-19, masyarakat disarankan untuk menggunakan kain penutup wajah atau masker kain saat berada di luar rumah. Hal ini dilakukan karena banyak orang dengan COVID-19 yang nggak memiliki gejala sama sekali sehingga penggunaan masker kain diharapkan dapat mengurangi kemungkinan penularan virus melalui bersin atau batuk.

Sementara bagi anak-anak usia di bawah dua tahun dianjurkan untuk nggak menggunakan masker kain di wajah mereka. Penggunaan masker kain pada anak berusia di bawah dua tahun dapat membuat mereka kesulitan bernapas dan berisiko tersedak. Makanya sebaiknya jangan memakaikan masker pada anak berusia di bawah dua tahun.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Sakit © Diadona

Dari yang saya baca di Liputan6, hal serupa juga telah disampaikan oleh kelompok medis di Jepang. Mereka mendesak orang tua untuk nggak memakaikan masker kain pada anak-anak yang masih berusia di bawah dua tahun.

Asosiasi Pediatrik Jepang juga telah memperingatkan orang tua tentang bahaya penggunaan masker pada anak-anak. Masker bisa membuat bayi sulit bernapas karena saluran udara yang sempit. Selain itu, masker juga bisa meningkatkan risiko serangan panas pada anak berusia di bawah dua tahun.

3 dari 3 halaman

ilustrasi anak sakit © Diadona

Penggunaan masker pada anak-anak di luar usia itu juga perlu kita perhatikan dengan benar. Penggunaan masker bisa meningkatkan risiko anak tersedak atau tercekik. Selanjutnya anak juga akan cenderung lebih sering menyentuh wajah mereka saat menggunakan masker. Makanya kita perlu memperhatikan anak saat menggunakan masker dengan benar.

Sementara ini, tinggal di rumah dan melakukan physical distancing masih menjadi cara terbaik untuk melindungi keluarga dari COVID-19. Terutama bagi anak-anak yang mungkin masih belum cukup paham dengan kondisi saat ini yang mengharuskan mereka untuk saling menjaga jarak dengan teman-temannya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar