5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Gak Mau Minum Susu dari Botol

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 3 Juni 2020 15:37
5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Gak Mau Minum Susu dari Botol
Mengenali penyebabnya bisa bantu temukan solusinya lho!

Selama enam bulan pertama, bayi memang seharusnya mendapatkan ASI eksklusif untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun nggak semua ibu bisa menyusui bayinya secara langsung.

Kesehatan ibu dan anak menjadi salah satu alasan paling umum yang membuat ibu terpaksa harus memberikan susu botol pada bayi. Selain itu, banyak ibu yang memompa ASI mereka dan memasukkannya ke dalam botol untuk diberikan pada bayi.

Kegiatan menyusui memang nggak semudah kelihatannya, mau secara langsung atau pun menggunakan botol. Sementara dalam kasus penggunaan botol, beberapa bayi kadang menolak untuk melakukannya.

Jika anak sudah mulai rewel, sebaiknya jangan pusing dulu, Moms! Kita harus menemukan alasan mengapa anak nggak suka minum susu dari botol agar menemukan solusinya. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa alasan bayi menolak minum susu dari botol.

1 dari 5 halaman

Bayi belum terbiasa menggunakan botol

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Rasa dan tekstur puting plastik pada botol tentu berbeda dengan dada ibu. Biasanya bayi membutuhkan waktu untuk membiasakan diri menggunakan botol plastik.

Makanya jika kita gagal dalam percobaan awal, akan lebih baik untuk mencobanya lagi setelah beberapa hari. Lakukan hal ini secara berkala untuk membiasakan anak menggunakan susu botol.

2 dari 5 halaman

Peningkatan jumlah lipase

Terkadang ASI akan memiliki lebih dari jumlah normal lipase di dalamnya. Lipase merupakan enzim yang membantu memecah molekul lemak di dalam ASI.

Saat kadar lipase dalam ASI yang telah dipompa dan disimpan dalam botol tinggi,akan menyebabkan rasa sedikit nggak enak bagi bayi. Sementara saat ASI diminum langsung melalui dada ibu, biasanya bayi nggak akan mengalami masalah demikian.

3 dari 5 halaman

Bayi memiliki indra penciuman khusus

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Saat kita berusaha memberikan botol susu pada bayi, kemungkinan besar bayi akan menolaknya. Hal ini bisa jadi karena bayi punya indra penciuman khusus yang membuat mereka bisa mencium ASI pada ibu.

Dalam kasus seperti ini, bayi akan lebih memilih ASI langsung dari ibu daripada botol. Kalau sudah begitu, kita bisa meminta bantuan suami atau saudara yang lain untuk memberikan botol pada bayi sehingga dia nggak bisa mencium ASI yang ada pada ibunya.

4 dari 5 halaman

Bentuk botol susu

Botol susu memiliki banyak bentuk dan ukuran. Hal ini harus kita sesuaikan dengan mulut bayi dan teknik menyusui.

Mereka awalnya nggak akan terbiasa dengan pengalaman pertama saat menggunakan botol. Makanya kita harus bisa mengubah cara menyusui sampai anak bisa merasa nyaman menggunakan botol.

5 dari 5 halaman

Rasa susu formula

Ilustrasi Susu Anak © Diadona

Biasanya bayi yang awalnya disusui dengan ASI dan beralih ke susu formula akan mengalami masalah. Mereka akan cenderung nggak menyukai rasa dari susu formula.

Tentu saja susu formula memiliki rasa yang berbeda dari ASI. Kita bisa mencoba beberapa merek susu sampai anak bisa menemukan mana yang paling cocok dengannya.

Itulah beberapa penyebab bayi nggak mau minum susu dari botol. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar