Cara Mencuci Tangan yang Benar menurut Depkes dan WHO

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 3 Februari 2020 15:53
Cara Mencuci Tangan yang Benar menurut Depkes dan WHO
Nggak cuman asal, ini lho cara mencuci tangan yang benar.

Mengapa sih mengetahui cara mencuci tangan yang benar itu penting? Mengapa harus sering mencuci tangan? Memangnya risiko apa saja yang akan timbul kalau kita jarang mencuci tangan dan nggak tahu cara mencuci tangan yang benar?

Jadi, begini ceritanya. Setiap hari tangan kamu akan bersentuhan dengan banyak seklai orang, barang, maupun permukaan. Itu artinya kamu sedang menumpuk kuman di tangan kamu. Dan saat kuman-kuman tersebut, menyentuh mata, hidung atau mulut kamu, maka sangat mungkin itu dapat menginfeksi diri kamu sendiri.

Meskipun tidak mungkin menjaga tangan kamu bebas kuman, mencuci tangan sesering mungkin dapat membantu membatasi transfer bakteri, virus, dan mikroba lainnya. Selanjutnya, ini lho cara mencuci tangan yang benar dan harus segera kamu praktekkan untuk mencegah transfer bakteri penyebab penyakit.

1 dari 3 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

Kamu nggak perlu menunggu tangan kamu kotor dulu untuk menerapkan cara mencuci tangan yang benar. Karena bsia saja tangan kamu sudah mengandung banyak kuman penyebab penyakit tanpa terlihat oleh mata. Beikut waktu yang tepat untuk mencuci tangan, sebagai cara mencuci tangan yang benar.

Sebelum dan sesudah menyentuh orang yang sedang sakit atau orang yang terluka

  • Setelah bersin, batuk atau membersihkan ingus
  • Setelah dari kamar mandi
  • Setelah mengganti popok
  • Sebelum dan sesudah masak atau menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Setelah membersihkan sampah 
  • Sebelum dan sesudah memasang softlens
  • Setelah memegang hewan

2 dari 3 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Benar menurut Depkes

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

Departemen Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan aturan cara mencuci tangan yang benar dalam sebutan CTPS, yakni Cuci Tangan Pakai Sabun. Mencuci tangan itu penting banget mengingat tangan merupakan anggota badan yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk makan, menyiapkan makanan, hingga mengganti popok bayi.

Ini dia tata dan urutan cara mencuci tangan yang benar menurut Depkes RI.

Buka keran air dan basahi kedua tangan.

  1. Gunakan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tangan hingga menutupi seluruh permukaan tangan.
  2.  Gosokkan kedua telapak tangan kamu secara bergantian.
  3. Jangan lupa untuk menggosok area di sela-sela jari tangan dan juga punggung tangan hingga bersih.
  4. Bersihkan pula ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.
  5. Bersihkan kedua ibu jari tangan secara bergantian dengan menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.
  6. Lalu, letakkan ujung jari-jari ke telapak tangan, kemudian gosok perlahan. Lakukan secara bergantian dengan tangan lainnya.
  7. Setelah itu, bilas kedua tangan dengan air yang mengalir.
  8. Segera keringkan kedua tangan menggunakan handuk atau tisu kering yang bersih.
  9. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup keran air. Ini dilakukan agar tangan kamu yang sudah bersih tidak terkena kuman yang ada di tuas keran air tersebut.


Cara mencuci tangan yang benar dilakukan dengan menggunakan sabun, karena kandungannya yang mampu membunuh bakteri di tangan. Usahakan mengunakan sabun cair agar sabun batang kamu tdiak terkontaminasi saat kamu memegangnya dengan tangan yang kotor.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mencuci Tangan yang benar Menurut WHO

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

WHO menetapkan standart cara mencuci tangan yang benar dan memberikan nama sebagai 6 Langkah Cuci Tangan. Dikutip dari laman resminya, cara mencuci tangan yang benar sebaiknya dengan meliatkan penggunakan produk yang mengandung alkohol untuk fungsi antibakteri. Dan sebenarnya cara mencuci tangan yang benar dengan produk tersebut jauh lebih cepat dan efektif daripada menggunakan sabun dan air.

Nah, baru deh gunakan sabun dan air sebagai cara mencuci tangan yang benar setiap kali tangan kamu terlihat kotor, atau setelah menggunakan toilet. Dan yang tak kalah penting, gunakan air bersih yang mengalir.

Cara mencuci tangan yang benar menurut WHO yakni sebagai berikut


Membasahi Tangan dengan Air

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam cara mencuci tangan yang benar yakni dengan membasahi seluruh tangan dengan air bersih terlebih dahulu.

Gunakan Sabun

Selanjutnya dalam cara mencuci tangan yang benar, ambil sabun cair dan balurkan di seluruh permukaan tangan.

Menggosok Telapak Tangan

Menggosok tangan dalam cara mencuci tangan yang benar, dilakukan dengan menggosok bagian telapak tangan yang satu dengan yang lainnya.

Menggosok Punggung Tangan

Selanjutnya, cara mencuci tangan yang benar dilakukan dengan menggosok bagian punggung tangan. Menggosok punggung tangan kiri dilakukan oleh tangan kakan, dan menggosok punggung tangan kanan dilakukan oleh tangan kiri.'

Sela Jari Bagian Dalam

Jangan lupa untuk mencuci sela jari-jari dengan mengaitkan kedua tangan. Harus kamu lakukan dengan dua cara ya, yakni melalui punggung tangan dan dengan saling mengaitkan telapak tangan

Dalam tahapan cara mencuci tangan yang benar kali, berfungsi untuk memaksimalkan pembersihan , mengingat bagian inilah yang sering terlewat. Padahal, potensi bibit penyakit dan bakteri yang tersimpan di sela jari sangat besar terjadi, lho!

Bersihkan Punggung Jari

Setelah membersihkan punggung tangan, sela jari, maka jangan lupakan bagian punggung jari-jari kamu. Cara mencuci tangan yang benar ini dilakukan dengan mengunci kedua tangan dengan saling mengait satu sama lain.

Menggosok Ibu Jari

Jangan lupakan ibu jari kamu. Dalam cara mencuci tangan yang benar, gosok bagian ibu jari kiri dengan menggenggamnya di telapak tangan kanan, begitu juga sebaliknya.

Menggosok Telapak Tangan

Selanjutnya, gosok telapak tangan kiri dengan menggunakan jari-jari tangan kanan yang tergenggam, begitu juga dengan menggosok telapak tangan kanan menggunakan jari-jari tangan kiri yang tergenggam.

Bilas dengan Air

Selanjutnya dalam cara mencuci tangan yang benar, bilas tangan dan sabun dengan menggunakan air yang mengalir.

Keringkan Tangan

Cara mencuci tangan yang benar nggak cukup sampai di situ saja yah, kamu harus mengeringkan tangan kamu menggunakan handuk atau lap sekali pakai untuk pembersihan maksimal.

Bersihkan Keran

Selanjutnya, bersihkan keran air kamu menggunakan lap tersebut, untuk mencegah kontaminasi saat kamu memegangnya nanti.

Beri Komentar