Nggak Ada Bule yang Latah dan Masuk Angin, Penyakit Ini Cuma Dialami Orang Indonesia Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 4 Februari 2020 13:22
Nggak Ada Bule yang Latah dan Masuk Angin, Penyakit Ini Cuma Dialami Orang Indonesia Lho
Penyakit yang cuma kita temukan di Indonesia.

Tubuh manusia di seluruh dunia terdiri dari zat yang sama. Oleh sebab itu penyakit yang kita alami juga dapat dialami oleh orang-orang di berbagai belahan dunia lainnya. Tapi pernah nggak sih kamu menyadari, kalau ada beberapa penyakit yang cuma dialami orang Indonesia?

Hal ini memang dapat terjadi lho. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah penyakit-penyakit yang cuma ada di Indonesia.

1 dari 4 halaman

1. Masuk Angin

      View this post on Instagram

KEROKAN /COIN THERAPY/COINING. Have you ever had this done? Comment ????????. As part of #naturopathicmedicineweek I want to introduce you to a form of traditional Indonesian medicine. It is an ancient technique used for many ailments ranging from back pain to immune issues. Many people ask me for a scientific explanation of how it works. So here we go... - ????Coining involves scraping essential oils on the skin in a certain pattern, along muscles. From a Western medical perspective, the repeated strokes causes local trauma, and petechiae. A rash and bruising the develops and this process stimulates an immune response under the skin. - ????As you scrape, you stroke superficial fascia, which can activate deeper layers of fascia and even organs which are relatively far away from where you are scraping. - ????As a result you increase vasodilation and circulation, release muscle tension, and experience reduced local and systemic pain. - ???? It also causes you to sweat! So it can be great for a fever.... or detoxification???? ???? @terencemiless

A post shared by THE BALI NATUROPATH ???????? (@kimberlykushner) on

 

Hampir setiap orang di Indonesia pernah mengalami masuk angin. Sesuai namanya, kita menganggap masuk angin adalah adanya angin yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menyembuhkannya maka kita perlu mengeluarkan angin itu. Banyak dari kita yang menyembuhkannya dengan cara di pijat atau kerokan,

Tapi dalam dunia medis nggak mengenal penyakit ini. Masuk angin sama halnya dengan flu atau salah satu gejala dari timbulnya penyakit flu. Karena itu lah kita nggak akan menemukan adegan film holywood dengan cerita pemerannya masuk angin.

2 dari 4 halaman

2. Latah

mpok ati © Diadona

" Eh ayam.. ayam.." ternyata latah itu adalah kelainan yang dibentuk akibat latar belakang budaya kita.

Lata sendiri membuat penderitanya mengalami perubahan kesadaran dan abnormalitas tingkat sugestibilitas. Sedang pengulangan kata atau gerakan yang dilakukan, disebut echolalia dan echopraxia.

Nah karena itu lah kita nggak pernah melihat ada bule yang bisa latah. Selain Indonesia, latah juga terjadi di beberapa negara tetangga kita seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina.

3 dari 4 halaman

3. Sawan

ilustrasi bayi © Diadona

Hal ini sering terjadi dan diungkapkan oleh orang Jawa. Sawan ini sendiri biasanya terjadi pada balita, dimana mereka bisa mendadak menangis sejadi-jadinya tanpa ada sebab, selain itu suhu tubuh juga bisa meningkat drastis.

Kita mempercayai jika hal yang mendadak ini terjadi karena adanya interaksi makhluk halus pada si bayi. Namun di luar negeri atau bahkan dunia medis, perilaku tiba-tiba pada anak ini masih dianggap sesuatu yang normal.

4 dari 4 halaman

4. Angin Duduk

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona


Untuk kamu yang belum pernah mendengar kata ini, memang cukup membingungkan. Namun banyak orang Indonesia yang mengamini hal ini. Padahal angin duduk dalam dunia medis sama dengan penyakit Jantung Koroner. Dimana seseorang terkena serangan jantung mendadak dan serangan ini sering kali berujung kematian tanpa tanda-tanda tertentu.

Nah itu dia penyakit-penyakit yang cuma dialami orang Indonesia. Unik memang, namun penyakit-penyakit ini adalah bagian dari budaya kita. Yah jadi jika kamu sakit, seperti orang Indonesia pada umumnya, obati dulu dengan teh hangat.

Semoga kita selalu sehat tanpa kerokan ya!

Beri Komentar