Sering Disepelekan, Apa sih Penyebab si Kecil Sering Mengigau di Malam Hari?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 3 Juni 2020 11:15
Sering Disepelekan, Apa sih Penyebab si Kecil Sering Mengigau di Malam Hari?
Yuk, cari tau penyebabnya Moms..

Mama dan Papa yang punya anak berusia kecil pasti sering mendapatkan si kecil mengigau saat malam hari. Saat mengigau, anak-anak biasanya akan bicara seorang diri, tertawa, atau bahkan sampai berjalan sambil tertidur.

Mengigau memang bisa terjadi pada hampir semua anak, sehingga banyak orang tua yang beranggapan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang sepele.

Meski terlihat normal, mengigau justru merupakan gangguan tidur yang sebenarnya sangat menguras energi. Lantas apa ya yang menyebabkan anak mengigau saat tidur di malam hari?

1 dari 6 halaman

1. Mengalami Kejadian Berkesan

Kejadian yang mengesankan memang mudah tertanam dalam memori anak. Seringkali, memori tersebut terbawa sampai ke fase alam bawah sadar.

Akibatnya, si kecil akan mengigau dengan mengucapkan kalimat yang persis dengan kejadian mengesankan yang telah dialaminya.

2 dari 6 halaman

2. Ada Kebutuhan yang Belum Terwujud

Saat keinginan anak belum terwujud, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab anak mengigau lho Moms. Biasanya keinginan ini seperti ingin ditemani atau diperhatikan oleh orang dekatnya.

Manakala keinginan ini belum terwujud, emosi tersebut akan tersimpan dalam ingatan si kecil dan meluap saat mereka sedang tidur. Nah seringkali, saat mengigau mereka cenderung menangis, menjerit, atau bahkan memanggil-manggil nama orang tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Terlalu Lelah

Ilustrasi Anak Tidur di Malam Hari © Diadona

Bermain seharian bahkan sampai menjelang waktu tidur, otomatis akan membuat si kecil kelelahan. Tidur dalam kondisi yang terlalu lelah pun bisa membuat si kecil mengigau di malam harinya.

Mereka akan tidur dalam kondisi gelisah, bahkan pola tidurnya bisa kacau dan terganggu.

4 dari 6 halaman

4. Memendam Keinginan

Tidak semua anak punya keberanian untuk menyampaikan keinginannya pada orang tuanya. Ada juga anak yang memendam keinginan tersebut bahkan sampai terbawa ke alam bawah sadar.

Jika keinginan tersebut semakin meningkat dan belum juga terwujud, biasanya hal tersebut bisa sampai membuat anak mengigau.

5 dari 6 halaman

5. Menyaksikan Hal Mengerikan

Saat anak-anak menonton film horor atau menyaksikan hal mengerikan sebelum tidur, biasanya memori tersebut akan terbawa sampai ke alam bawah sadar. Bahkan memori yang terekam tersebut akan membuat si kecil jadi mengigau di malam hari.

Jika ini penyebabnya, maka Mama dan Papa tentu harus mengawasi tontonan si kecil ya.

6 dari 6 halaman
Beri Komentar