16 Manfaat Green Coffee Bean dan Efek Sampingnya

Reporter : Sofi
Selasa, 4 Februari 2020 13:37
16 Manfaat Green Coffee Bean dan Efek Sampingnya
Sudah pernah dengar tentang kopi hijau? Untuk kalian pecinta kopi pasti tau. Manfaat kopi hijau yang sudah diketahui oleh banyak orang adalah untuk diet. Tidak hanya itu, berikut manfaat green coffee.

Kopi identik dengan bijinya yang berwarna hitam. Namun berbeda dengan green coffee bean atau kopi hijau ini. Disebut dengan kopi hijau dikarenakan kondisi kopi ini masih berwarna hijau akibat belum dipanggang atau diproses. Pada green coffee bean ini masih memiliki kadar asam klorogenant yang sangat tinggi, sehingga dianggap dapat memengaruhi metabolisme dan kadar gula darah yang kemudian dapat membantu program penurunan berat badan.

Walaupun terkenal dengan manfaat green coffee bean untuk menurunkan berat badan secara efektif, kamu perlu sangat berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pasalnya kopi ini akan memberikan efek negatif apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat green coffee dan efek samping samping dari kopi ini.

1 dari 4 halaman

Manfaat Green Coffee Bean

Manfaat green coffee bean ini terkenal mampu menurunkan berat badan secara efektif. Tidak hanya itu, berikut adalah manfaat green coffee yang harus kamu ketahui.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Bukan hanya menurunkan berat badan saja yang menjadi manfaat green coffee bean ini. Melainkan asam klorogenatnya juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat disebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Menurunkan berat badan

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Kandungan asam klorogenat pada green coffee bean punya kemampuan untuk memengaruhi penyerapan glukosa di dalam tubuh, sehingga menjaga kadar glukosa darah serta mengatur metaboliesme yang terjadi di tubuh. Kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada green coffee bean yang belum dipanggang ini dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

Manfaat green coffee bean bisa dirasakan pada orang dengan obesitas, dikarenakan mampu menurunkan berat badan sebanyak 2,5 sampai 3,7 kilogram dengan mengonsumsi lima kali dalam sehari yang dilakukan selama 12 minggu.

Mengatasi penyakit alzheimer

Manfaat green coffee bean selanjutnya adalah mampu mengatasi penyakit alzheimer. Penyakit ini merupakan kelainan mental akibat rusaknya saraf otak. Dengan mengonsumsi green coffee bean secara rutin akan mampu membantu mengatsi penyakit alzheimer.

Mengobati diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Manfaat green coffee berikutnya yaitu mampu mengobati diabetes tipe 2 dengan baik. Zat ekstrak dalam biji kopi hijau diketahui dapat menurunkan kadar gula tinggi di aliran darah, sekaligus mempercepat penurunan berat badan. Kedua hal ini (penurunan kadar gula darah dan berat badan) krusial untuk menyembuhkan diabetes mellitus tipe 2.

Meningkatkan energi

Mengingat kandungan dalam biji kopi hijau juga terdapat jumlah kafein yang tinggi, biji kopi hijau bisa digunakan sebagai penambah energi yang sangat baik. Energi yang meningkat berkat kafein dalam kopi hijau akan membuat kita aktif sepanjang hari, jadi tidak perlu lagi mengonsumsi minuman berenergi yang tak jelas merek dan manfaatnya.

Sebagai detoksifikasi alami

Manfaat green coffee juga sebagai penghilang racun alami yang tergolong efektif. Ekstrak biji kopi hijau akan membersihkan organ hati (liver/empedu) dari racun seperti, kolesterol jahat, dan lemak berlebih. Ketika hati sudah bersih dari racun, maka akan dapat berfungsi secara normal dan kesehatan tubuh dapat terjaga. Detoksifikasi akan memperbaiki banyak hal, diantaranya meningkatkan metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan.

Membantu memperlambat tanda penuaan

Manfaat green coffee juga diketahui dapat mempertahankan kadar bahan volatil tinggi karena tidak perlu menjalani prosedur pemanggangan. Asam Gamma Aminobutyric (GABA), Theophylline, Epigallocatechin Gallate, dan sebagainya adalah beberapa bahan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita dan mencegah munculnya keriput.

Membantu melembabkan kulit

Selain antioksidan, biji kopi hijau juga kaya akan asam lemak dan ester termasuk Asam Arahat, Asam Linoleat dan Asam Oleat, yang memberi nutrisi dan melembabkan kulit kita untuk menghindari proses pengenduran, berubah warna dan kerusakan parah lainnya.

2 dari 4 halaman

Manfaat Green Coffee Bubuk

Salah satu cara untuk mengolah kopi hijau ini adalah dengan menghaluskannya menjadi bubuk. Berikut adalah manfaat green coffee bubuk yang harus kamu tahu.

Menekan nafsu makan

Ilustrasi Wanita dan Makanan © Diadona

Manfaat green coffee tak terduga selanjutnya yaitu dapat menekan nafsu makan. Jika kamu termasuk orang yang selalu merasa lapar, dan kesulitan mengatur pola makan, kopi hijau sangat disarankan untuk menekan nafsu makan yang berlebihan. Jika kamu sering merasa lapar, mengonsumsi kopi hijau adalah opsi terbaik. Selain mengendalikan hasrat atau keinginan untuk makan secara berlebihan, tubuh akan mulai membakar timbunan lemak dan menyingkirkan berat badan berlebih.

Membantu membakar lemak berlebih

Manfaat green coffee yang selanjutnya yaitu mempermudah pembakaran lemak tubuh. Biji kopi hijau ini mengandung rumput laut dalam jumlah besar. Ini adalah jenis rumput laut tertentu yang sarat dengan vitamin dan mineral penting. Karena itu, dapat membantu menjaga kadar nutrisi di tubuh kita. Secara bersamaan juga akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak dan kalori dapat berlangsung dengan cepat.

Menghilangkan zat yang merusak rambut

Manfaat green coffee yang mengandung antioksidan bagus untuk ramnut kita. Antioksidan ini membantu melawan segala sesuatu yang beracun dan merusak, rambut akan tetap kuat, sehat dan indah.

Melawan kebotakan

ilustrasi kepala botak © Diadona

Androgenetic alopecia, yang juga disebut 'female pattern hair loss' juga bisa disembuhkan dengan biji kopi hijau. Ekstrak biji kopi hijau ini dapat meningkatkan pertumbuhan serta ketebalan helai rambut secara signifikan.

3 dari 4 halaman

Manfaat dan Efek Samping Green Coffee

Hingga kini manfaat green coffee bean layaknya dua sisi mata uang yang tidak bisa terlepaskan. Untuk menghindari sisi negatif dan memperoleh manfaatnya, kamu perlu memperhatikan porsi dalam mengonsumsinya. Kamu bisa mengonsumsinya secara bijak dan tidak berlebihan. Walaupun green coffee bean dikenal memiliki segudang manfaat, ternyata green coffee bean juga memiliki sisi negatifnya.

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Hal ini dikarenakan green coffee bean memiliki kandungan kafein yang kurang baik bagi tubuh. Namun, selama kamu mengonsumsi dalam dosis yang tepat, memungkinkan kopi ini masih aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa mengonsumsi green coffee bean maksimal 490 mg per hari selama maksimal 12 minggu.

Hal ini sangat penting diperhatikan mengingat kandungan kafein pada green coffee bean sama dengan kopi biasanya. Memang, kafein dikenal memiliki manfaat untuk mengubah mood atau perasaan seseorang. Namun green coffee juga memiliki dampak negatif.

Berlebihan dalam mengonsumsi green coffee bean bisa mengakibatkan munculnya penyakit hipertensi hingga stroke. Bukan hanya itu saja, efek samping dari green coffee bean bila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat membuat sakit kepala, rasa cemas, gelisah hingga penyakit jantung.

Ilustrasi Penderita Penyakit Stroke © Diadona

Hal ini dikarenakan meminum banyak kafein akan memberi efek jantung berdetak lebih kencang dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin mengonsumsi green coffee bean untuk menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika kamu menderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

4 dari 4 halaman

Apa Manfaat Green Coffee

ilustrasi wanita tertawa © Diadona

Tidak hanya di atas, masih banyak manfaat green bean yang belum banyak orang ketahui. Apa saja sih manfaat green coffee tersebut?

Membantu meningkatkan sirkulasi darah

Tekanan darah tinggi dapat berdampak pada timbulnya beberapa penyakit fatal seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dan lain-lain. Namun, para peneliti telah menemukan adanya kandungan aspirin yang sangat aktif dan kuat dalam biji kopi hijau yang memberi dampak positif pada darah kita. Pembuluh darah dapat mencegah trombosit agar tidak berkerumun atau berkumpul menjadi satu. Akibatnya, arteri tidak mengeras dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh meningkat.

Meningkatkan metabolisme

Manfaat green coffee berikutnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau diketahui mampu meningkatkan fungsi metabolisme. Tingkat Metabolisme Basal (BMR) dalam tubuh akan mengalami peningkatan signifikan, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah.

Ketika kekurangan glukosa, tubuh mulai membakar sel lemak yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosanya. Dengan demikian, biji kopi hijau yang murni mampu meningkatkan kemampuan membakar lemak dan menurunkan berat badan jadi lebih mudah.

Mengurangi efek radikal bebas

Asam Chlorogenic dalam biji kopi hijau dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh hingga 10 kali lipat dari teh hijau biasa. Ketika biji kopi ini tidak dipanggang, maka ada beberapa zat antioksidan yang tidak terbuang akibat dari proses pemanggangan itu, yaitu keluarga polifenol, seperti asam ferulic dll, yang dapat memperlambat proses penuaan dan membuat kulit tampak lebih awet muda.

Kaya kandungan antioksidan

Salah satu kandungan kopi adalah antioksidan yang dapat megurangi efek radikal bebas yang merusak sel tubuh kita. Jadi dengan minum kopi secara cukup, sebenarnya kopi itu menyehatkan. Selain itu berdasar hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam biji kopi terutama green coffee bean secara nyata dapat mencegah perkembangan beberapa jenis sel kanker.


Apakah green coffee ini kopi kesukaanmu? Atau kamu memiliki kopi kesukaanmu sendiri? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar